Review Singkat Toyota Avanza Veloz, Kembaran yang Lebih Sporty

Ruangojol.com - Sebagai model lain dari Avanza, review singkat Toyota Avanza Veloz juga menjadi topik yang cukup banyak diperbincangkan. Meskipun masih memiliki nama Avanza, pihak Toyota diketahui sudah melepas Veloz sebagai model yang berbeda.


Jika dilihat secara sekilas, tampilan eksterior Veloz memang terlihat berbeda dengan Avanza generasi baru. Perbedaan yang cukup signifikan bisa kita lihat pada bagian fascia depan yang menampakkan grill dengan desain yang lebih sporty dan mewah.

Selain itu, perbedaan lainnya juga bisa kita temukan pada aspek mesin. Jantung mekanis Veloz memang memiliki kapasitas yang sama dengan Avanza, tetapi mesinnya diklaim bisa memberikan performa yang lebih baik.

Pada bagian interiornya, Veloz dibekali dengan konsep desain yang modern dan elegan. Gaya desain dasbornya pun masih menerapkan tema "All New Black Tone Dashboard Panel Design" yang diusung Toyota.

Tetapi, bukan hanya aspek eksterior dan interior saja yang menarik untuk dibahas. Supaya kita tahu lebih banyak, mari kita simak dulu review singkat Toyota Avanza Veloz berikut ini.

Dimensi Bodi Toyota Avanza Veloz

Review singkat akan kita mulai dengan membahas dimensi Toyota Avanza Veloz. Dilansir dari otoloka.id, bila kita lihat dari segi dimensinya, MPV yang satu ini memang memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda dengan Toyota Avanza.

Veloz diketahui memiliki dimensi panjang 4.200 mm, lebar 1.650 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sementara wheelbase atau jarak sumbu rodanya berukuran 2.655 mm.

Ground clearance-nya pun cukup tinggi, yaitu 200 mm. Sedangkan bobot mobilnya secara keseluruhan adalah sekitar 1.085 kg.


Pada bagian sampingnya, bisa kita lihat penggunaan ban berukuran 185/65 oleh Veloz. Peleknya sendiri menggunakan pelek alloy berdiameter 15 inci.

Memiliki bodi yang cukup besar, Veloz memang populer dijadikan mobil keluarga di Indonesia. Untuk mendukung kenyamanan yang lebih bagi para penumpangnya, Toyota menyematkan sistem suspensi yang mumpuni pada mobil ini.

Suspensi depan Toyota Avanza Veloz mengandalkan suspensi MacPherson Strut dengan Coil Spring. Sedangkan suspensi belakangnya mengandalkan 4-link Lateral Rod dengan Coil Spring.

Spesifikasi Mesin dan Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz

Beralih ke bagian mesinnya, Toyota Avanza Veloz ini menawarkan dua pilihan mesin. Ada mesin berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 Liter.

Sama dengan mesin Avanza terbaru, kedua mesin tersebut juga sudah dibekali dengan teknologi DOHC dan Dual VVT-i. Keduanya juga tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.


Di atas kertas, mesin 1.3 liter yang digendong Veloz bisa menghasilkan tenaga sebesar 95 HP pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai 120 Nm pada putaran 4.400 pm.

Sementara itu, untuk mesin 1.5 liternya, tenaga yang dihasilkan mencapai 103 HP pada putaran

6.000 dan torsinya mencapai 136 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat spesifikasi mesin Toyota Avanza Veloz pada tabel berikut.
No Keterangan SPESIFIKASI_MESIN(1.3L) SPESIFIKASI_MESIN(1.5L)
1 Mesin 1NR-VE, 4 silinder 16 katup DOHC Dual VVT-i 2NR-VE, 4 silinder 16 katup DOHC Dual VVT-i
2 Kapasitas 1.3 L (1.329 cc) 1.5 L (1.496 cc)
3 Transmisi Manual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan Manual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan
4 Tenaga 95 HP @ 6.000 rpm 103 HP @ 6.000 rpm
5 Torsi 120 Nm @ 4.400 rpm 136 Nm @ 4.200 rpm
6 Konsumsi BBM Dalam Kota 12 km/liter 10 km/liter
7 Konsumsi BBM Luar Kota 13,5 km/liter 16 km/liter

Fitur Toyota Avanza Veloz

Bicara soal fiturnya, Toyota Avanza Veloz memang memiliki fitur yang standar, tetapi sudah cukup baik. Mengingat harganya yang masih termasuk terjangkau, hal ini tentu menjadi hal yang wajar.


Untuk keselamatan aktifnya, mobil ini dibekali dengan fitur Anti-lock Braking System dan Parking Sensor. Sementara itu, untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, sabuk pengaman, serta pengaturan kursi ISOFIX untuk keamanan penumpang anak-anak.

Di sektor keamanan, Veloz sudah dilengkapi dengan Engine Immobilizer dan alarm system.

Beralih ke fitur hiburannya, mobil ini mengandalkan Advanced Audio System layar sentuh berukuran 6,1 inci. Layar ini sudah lengkap dengan fungsi CD/DVD Player, AM/FM Radio, USB port, AUX-IN, slot iPod, serta Bluetooth.

Varian dan Harga Toyota Avanza Veloz

Pada bagian terakhir review singkat ini, kita akan membahas tentang varian dan harga dari Toyota Avanza Veloz. Sama seperti Avanza, Veloz juga ditawarkan dalam 4 varian berbeda di Indonesia.


Agar lebih jelas, mari kita lihat rincian harga dari masing-masing varian Toyota Avanza Veloz berikut ini.
No VARIAN(Jenis) HARGA(Price)
1 Toyota Avanza Veloz 1.3 MT GR Limited Rp 221.400.000
2 Toyota Avanza Veloz 1.3 AT GR Limited Rp 232.200.000
3 Toyota Avanza Veloz 1.5 MT GR Limited Rp 232.800.000
4 Toyota Avanza Veloz 1.5 AT GR Limited Rp 243.800.000