Isi Saldo MAXIM Murah di DigiPulsa.com DAFTAR/LOGIN

Begini Cara Investasi Emas yang Halal Bagi yang Khawatir Riba Terbaru

Cara investasi emas yang halal sudah pasti menjadi hal yang dicari bagi para investor beragama Islam. seakan sedang menjadi tren saat ini
Ruangojol.com - Cara investasi emas yang halal sudah pasti menjadi hal yang dicari bagi para investor beragama Islam. Investasi seakan sedang menjadi tren saat ini. Banyak orang mulai terjun ke dunia investasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Apakah Investasi Emas Halal?

Emas adalah salah satu jenis investasi yang banyak penggemarnya karena proses pencairan emas cukup mudah. Lalu apakah investasi dengan emas halal dan diperbolehkan bagi umat muslim? Banyak investor beragama Islam mempertanyakan hukum dari investasi emas lantaran emas memang merupakan salah satu barang yang tergolong ribawi.

Artinya jual beli emas bisa saja menjadi sesuatu hal yang riba jika dilakukan dengan tata cara yang tidak tepat. Majelis Ulama Indonesia atau MUI menyatakan bahwa investasi dengan emas diperbolehkan bagi umat muslim. Jadi, sudah jelas bahwa hukum dari investasi emas yaitu halal. Namun investasi emas yang diperbolehkan yaitu ketika emas yang dibeli ada wujudnya, melainkan bukan emas fiktif.

Menurut MUI investasi emas sendiri sebetulnya sama saja dengan menabung emas. Dengan catatan bahwa seorang muslim yang ingin berinvestasi dengan emas harus melakukan serah terima atau jual beli emas melalui cara-cara yang jelas dan sudah pasti. Misalnya, dalam membeli emas seorang investor muslim harus mengetahui bagaimana spesifikasi dari emas tersebut dan harus menerima wujud fisiknya.

Setelah serah terima emas, kemudian emas tersebut barulah bisa dititipkan kepada broker. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa investasi emas tergolong ke dalam hukumnya mubah. Artinya, investasi emas boleh dilakukan bagi siapa saja yang menginginkannya.

Investasi emas yang diawali dengan pembelian emas juga bisa dilakukan secara kredit. Asalkan nilai cicilan atau kredit tidak disertai bunga yang terlalu besar sehingga bisa menyebabkan riba. Dalam Islam investasi emas bisa dikatakan stabil karena dinamika harganya yang cenderung selalu naik perlahan.

Cara Investasi Emas dengan Halal

Berdasarkan penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa emas merupakan salah satu jenis barang yang boleh diinvestasikan menurut Islam. Meskipun demikian, investor muslim perlu mengetahui cara investasi emas yang halal. Berikut langkah-langkahnya:
  • Pilih broker yang menyediakan layanan investasi syariah.
  • Pastikan broker yang akan dipilih untuk berinvestasi sudah terpercaya dan legalitasnya jelas.
  • Daftar akun investasi di broker syariah yang dipilih.
  • Lakukan deposit dana sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh broker tersebut.
  • Pilih jenis emas yang akan diinvestasikan.
Hal paling penting yang harus ditekankan dalam investasi emas yang hal yaitu memilih broker yang terpercaya. Meskipun investasi saat ini sedang menjadi tren, tetapi tidak sedikit pula para investor yang tertipu karena broker bodong alias penipu. Jadi, pastikan memilih broker yang sudah jelas legalitasnya dan memiliki kredibilitas yang baik.

Sebab broker yang tidak jelas profil serta kredibilitasnya sangat berpotensi melakukan penipuan. Jika memungkinkan pilihlah broker yang menyediakan layanan investasi syariah sehingga investasi bisa dilakukan secara halal. Selain itu, pastikan juga bahwa setiap produk emas yang ditawarkan memiliki harga yang masuk akal.

Dalam waktu tertentu memang broker terkadang menawarkan diskon atau potongan harga emas. Namun, ketika potongan harga tersebut terlalu besar sebaiknya investor tetap waspada agar tidak tertipu.

Demikian informasi mengenai cara investasi emas yang halal. Bagi investor muslim yang ingin mencoba investasi dengan emas bisa melakukan cara tersebut. Sama seperti investasi dengan aset lainnya investor juga perlu memantau perkembangan harga emas supaya tidak kehilangan momen terbaik untuk cuan.


© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain