Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Grab, Berikut Ini Syarat Dan Ketentuannya

Berikut informasi mengenai Cara Bayar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Grab, Berikut Ini Syarat Dan ketentuannya!

Ruangojol.com - Kesehatan merupakan hal yang penting bagi setiap orang, saat tubuh sehat maka setiap pekerjaan dan aktivitas dapat dijalani dengan baik. Selain menjaga kebugaran  masing-masing tubuh memiliki jaminan kesehatan juga sama pentingnya. Untuk memiliki asuransi kesehatan dapat dilakukan dengan banyak cara.

Salah satu asuransi kesehatan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah BPJS. Untuk bisa menggunakan layanan tersebut kalian harus membuatnya terlebih dahulu, kemudian barulah membayar angsuran setiap bulan.

Pembayaran BPJS juga cukup mudah dan bisa dilakukan di berbagai tempat salah satunya adalah melalui aplikasi Grab. Cara bayar BPJS Kesehatan melalui aplikasi Grab merupakan topik yang akan dibahas di dalam artikel ini.

Cara bayar bpjs di grab

Apa Itu BPJS Kesehatan?

Merupakan suatu layanan atau asuransi kesehatan yang dimiliki oleh hampir semua rakyat Indonesia. Dengan adanya layanan tersebut memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di beberapa instalasi kesehatan, seperti Rumah Sakit, Klinik dan lainnya.

Layanan kesehatan yang diberikan dan disesuaikan dengan jenis asuransi yang dimiliki oleh masing-masing pengguna. Seperti contoh, saat dirawat inap di rumah sakit si A mendapatkan kamar dengan tipe kelas 1. Hal tersebut sesuai dengan kelas asuransi yang dibayar dan dibeli oleh si A.

Syarat dan Ketentuan Membayar Tagihan BPJS Kesehatan

Saat membayar angsuran dari BPJS itu sendiri para pengguna atau konsumen harus mengikuti beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Kartu BPJS akan dinonaktifkan hal ini berlaku hanya sementara saat pengguna tidak membayar angsuran selama 30 hari setelah tanggal 10.
  2. Tidak melakukan pembayaran di pukul 23.00 sampai dengan 01.00.
  3. Lakukan re-aktivasi dan bayar denda saat ingin memulihkan kartu BPJS.
  4. Lakukan pembayaran iuran sesuai dengan kelasnya masing-masing, seperti kelas 1 Rp.150.000, kelas 2 Rp.100.000 dan kelas 3 Rp.42.000.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi Grab

Setelah mengetahui sedikit tentang apa itu BPJS Kesehatan dan persyaratan membayar angsuran setiap bulannya. Sekarang sudah saatnya bagi penulis untuk membagikan bagaimana cara untuk bisa membayar angsuran tersebut melalui aplikasi Grab. Untuk mengetahui caranya,mari simak ulasannya di bawah ini:

  • Buka Aplikasi Grab

Hal pertama yang harus dilakukan oleh para pengguna BPJS adalah membuka dan mengakses aplikasi tersebut.

  • Klik Menu Lainnya

Setelah masuk kedalam halaman utama aplikasi Grab, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menekan menu lainnya.

  • Klik Menu Tagihan

Klik menu tagihan untuk melanjutkan proses pembayaran angsuran dari BPJS Kesehatan tersebut.

  • Klik BPJS Kesehatan

Di dalam menu tagihan terdapat beberapa layanan pembayaran lainnya, pilihlah BPJS Kesehatan untuk membayar angsuran yang ada.

  • Masukkan Nomor BPJS

Setelah itu masukkan nomor BPJS yang dimiliki oleh masing-masing pengguna.

  • Tentukan Pembayaran

Tentukan mau melakukan pembayaran selama 1 bulan atau sampai pada beberapa pembayaran kedepan.

  • Bayar Tagihan

Terakhir bayar tagihan BPJS sesuai dengan  total tagihan yang ada, pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan saldo OVO.

Kesimpulan

Grab merupakan aplikasi yang banyak digunakan orang-orang karena memiliki banyak fungsi dan manfaat. Salah satunya dapat melakukan pembayaran asuransi BPJS Kesehatan di dalam aplikasi tersebut. Untuk bisa melakukan pembayaran BPJS tersebut pengguna bisa mengikuti beberapa langkah yang telah dibagikan di atas.

Demikian pembahasan artikel ini tentang bagaimana cara bayar BPJS Kesehatan melalui aplikasi Grab. Semoga bisa membantu para pengguna BPJS dan juga Grab sekalian, terimakasih.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain