Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Cara Print Resi TikTok Shop Terbaru, Proses Mudah, Cepat dan Aman

Cara print resi TikTok Shop dengan menggunakan dua perangkat yaitu komputer atau ponsel, yang disambungkan ke printer mini. Begini penjelasannya.

Ruangojol.com - Berjualan dengan social media Tiktok pasti membutuhkan cara print resi TikTok Shop untuk melakukan proses pengiriman melalui ekspedisi yang dipilih. Kebutuhan ini adalah kemampuan yang harus dimiliki penjual online karena tanpa resi pihak ekspedisi kesulitan untuk mengirim ke alamat tujuan.

Jual beli melalui TikTok mulai digemari, selain karena social media ini tengah naik daun juga produk yang dijual mengikuti tren. Maka tak heran berbondong-bondong penjual online berlomba menampilkan yang terbaik di TikTok Shop guna meraup audience lebih banyak dari sebelumnya.

Cara Print Resi TikTok Shop Terbaru, Proses Mudah, Cepat dan Aman

Fungsi Mencetak Resi pada TikTok Shop

Bukan tanpa maksud kenapa resi harus segera dibuat ketika konsumen menyelesaikan proses pembelian barang, salah satunya sebagai bentuk tanggung jawab penjual. Apalagi mengingat cara print resi TikTok Shop terbilang cukup mudah dilakukan, sehingga tidak boleh terlewatkan. Simak selengkapnya.

1. Bentuk Tanggung Jawab Penjual

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tanggung jawab yang kemudian hadir ketika pesanan telah diselesaikan pembayarannya oleh pembeli harus mendapatkan respon cepat. Respon cepat yang dimaksud adalah membuat resi agar segera dapat diserahkan ke pihak jasa ekspedisi untuk dilakukan pengiriman barang.

2. Kepastian Bagi Konsumen

Kepastian yang diberikan menjadi statement yang paling dinantikan oleh pembeli dan bentuk statement ini dapat berupa resi yang disampaikan. Sebelum adanya resi masih ada kemungkinan produk sedang tidak ada stok sehingga pembeli bersiap-siap untuk mencari produk serupa di toko lain.

3. Alat Tracking Barang

Ketika resi sudah dibuat dan segera diproses pihak pengiriman barang, maka resi tersebut dapat disampaikan kepada pembeli sebagai bukti pesanan diproses. Selain kepastian, pembeli dapat mulai mengamati sampai dimana barang yang dipesan dalam perjalanannya, sehingga tidak perlu menanyakan kepada penjual.

4. Tanggung Jawab Berpindah

Apabila resi sudah dicetak dan pihak ekspedisi sudah mengambil barang tersebut untuk dikirimkan maka tanggung jawab proses jual beli telah berpindah. Dengan demikian, sama seperti halnya pembeli, penjual juga mengamati sampai dimana produk telah dikirimkan untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan.

Aplikasi Membuat Desain Resi yang Unik

Bagi yang terbiasa berbelanja online mungkin pernah mengamati desain resi yang menempel pada packing produk yang dikirimkan terkesan ada pakemnya. Meski banyak website penyedia desain resi, ternyata ada juga toko online yang kreatif membuat resi pengirimannya dengan aplikasi sebagai berikut:

1. Canva

Penggunaan Canva bukan sekedar reklame ukuran besar, karena ternyata semacam desain resi yang kecil pun juga dapat dibuat. Cukup dengan memberikan background dan mengatur peletakan nama toko pengirim, alamat lengkap pembeli dan produknya, maka desain tersebut menjadi ciri khas toko.

2. Microsoft Word

Mirip dengan settingan untuk mencetak nama-nama undangan pada Microsoft Word, demikian adanya untuk pembuatan resi menggunakan menu Draw Text Box. Setelah dilakukan pengaturan tulisan keterangan alamat, nama toko dan produk dapat diberikan background dengan Shape Fill dari gambar pada device.

3. Microsoft Excel

Berikutnya masih menggunakan fitur bawaan Microsoft Office yaitu Microsoft Excel, dengan menerapkan sistem Mailings pembuatan resi menjadi mudah dilakukan. Proses intinya adalah membuat tabel format peletakan nama dan alamat, kemudian tabel tersebut mengambil data dari tabel pesanan yang telah direkap.

Ukuran Kertas yang Digunakan untuk Cetak Resi

Kertas yang digunakan untuk resi adalah ukuran A5 atau A6 dimana bentuknya kecil memanjang, tidak seperti kertas pada printer biasa. Oleh sebab itu, printer yang digunakan pun adalah bentuk mini atau thermal yang menyesuaikan dengan ukuran kertas resi seperti berikut:

  • Kertas A5. Memiliki detil ukuran lebar 14,8 cm, kemudian ukuran panjang 21 cm. Dengan ukuran ini bentuknya memanjang, dan telah memiliki desain tertentu tentang peletakkan nama pengirim, nama toko dan produk yang dibeli.
  • Kertas A6. Sedangkan detil ukuran kertas ini adalah 10,5 cm untuk ukuran lebarnya, lalu untuk ukuran panjangnya 14,8 cm. Sehingga bentuknya menyerupai bentuk persegi namun tidak absolut.

Penggunaan printer mini rata-rata menggunakan teknologi Bluetooth yang langsung dihubungkan dengan ponsel atau computer, pemilihan Bluetooth memudahkan karena sifatnya wireless. Kisaran harga untuk printer ini 450 ribu, namun banyak juga yang menjual printer mini bekas yang harganya tentu lebih murah.

Cara Print Resi pada Tiktok Shop 

1. Melalui Komputer

Menampilkan detil pesanan kemudian diserahkan ke ekspedisi untuk dikirimkan ke penerima adalah fungsi dari dicetaknya resi dalam proses jual beli online. Kecepatan proses pengiriman termasuk yang berpengaruh dalam rating toko online, maka berikut cara print resi TikTok Shop melalui situs Seller Tiktok:

  • Akses website Tiktok dengan alamat seller-id.tiktok.com/account/login.
  • Kemudian, login dengan akun yang sudah terdaftar sebagai seller.
  • Lalu, akses menu Pesanan dilanjutkan ke menu Kelola Pesanan.
  • Jika sedang ada pesanan yang banyak, dapat pilih Pesanan Massal.
  • Selanjutnya pilih ekspedisi yang akan digunakan jasanya.
  • Lalu, pilih pesanan yang akan diproses, maksimal sekali pilih adalah 50 pesanan.
  • Kemudian Atur Pengiriman Pesanan apakah dijemput (pick up) atau diantarkan langsung ke kantor ekspedisi.
  • Jika, pick up atur tanggal untuk waktu penjemputan.
  • Setelah itu lanjutkan dengan Konfirmasi dan tekan Oke.
  • Selanjutnya masuk kembali ke menu Pesanan – Kelola Pesanan.
  • Lalu, tekan menu Cetak Massal.
  • Kemudian, centang semua detil pesanan dan label harga.
  • Setelah itu, atur kertas yang digunakan, biasanya A5 atau A6 dilanjutkan menekan tombol Print.
  • Maka otomatis akan terdownload file dengan format PDF.
  • Selanjutnya, buka kembali file PDF tersebut dan klik icon print.
  • Kemudian, pastikan printer sudah hidup dan kertas sudah disiapkan.
  • Setelah itu, tunggu proses pencetakan resi.

2. Melalui Ponsel

Selain melalui situs, cara print resi TikTok Shop dapat dilakukan pada ponsel dengan memanfaatkan aplikasi yang telah disiapkan oleh TikTok. Pada aplikasi ini nantinya akan diminta memilih ekspedisi, waktu pengambilan pick up, sehingga proses dijalankan segera dengan mengikuti langkah berikut:

  • Menuju ke aplikasi Tiktok Shop Seller Center dan pastikan sudah login terlebih dahulu.
  • Kemudian masuk ke menu pesanan ke bagian Menunggu Pengiriman.
  • Lalu, pilih salah satu pesanan dilanjutkan tombol Siapkan Kiriman.
  • Kemudian akan tertampil ekspedisi yang telah terpilih dan lanjutkan memilih sistem drop off atau pick up.
  • Jika pilihannya pick up, isikan waktu pengambilan pada kolom di bawahnya berupa hari dan jam dan jika sudah tekan menu Selesai.
  • Lalu, baca kembali detil pesanan dan waktu pick up, jika sudah yakin benar tekan menu Konfirmasi.
  • Setelah itu akan tertampil detil waktu pick up, tekan ok untuk menyetujuinya.
  • Kemudian, kembali masuk ke menu Pesanan dilanjutkan dengan menu Cetak Dokumen.
  • Selanjutnya terdownload file dengan format PDF, kemudian atur posisi kertas dan siapkan printer.
  • Setelah itu, tekan menu Print untuk mencetak resi tersebut.
  • Kemudian, tunggu prosesnya untuk menghasilkan resi secara cetak yang kemudian ditempelkan pada produk jualan terjual yang sudah dipacking.

Demikian cara print resi TikTok Shop dengan menggunakan dua perangkat yaitu komputer atau ponsel, dimana keduanya disambungkan ke printer mini. Pembuatan resi harus dilakukan segera sebagai tanggung jawab dan menjaga performa toko online agar memiliki rating tinggi dan dipercaya konsumen.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain