Cara Menerima Orderan dan Menentukan Harga InDriver Terbaru 2021

Ruangojol.com - Berbeda dari ojol lainnya, cara menerima orderan InDriver cukup unik, dimana pengemudi bisa menentukan harga atau ongkos perjalanan. Sehingga penumpang dapat memutuskan ingin lanjut atau cari driver lain bila tarif yang ditawarkan terlalu mahal.

Cara Menerima Orderan dan Menentukan Harga InDriver Terbaru 2021

Di samping itu, driver juga bisa menentukan waktu yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi penjemputan. Tentunya ini sangat menarik, karena sistem tawar menawar seperti ini biasa digunakan oleh ojek pangkalan.

Nah, mengingat InDriver belum sepopuler Gojek atau Grab, berikut kami ulas cara menerima orderan dan menentukan harga InDriver khusus bagi pemula yang baru bergabung di layanan transportasi online asal Rusia ini.

Cara Menerima Orderan dan Menentukan Harga InDriver

Berbeda dari ojek online lain, aplikasi InDriver untuk driver dan penumpang digabung jadi satu. InDriver sendiri memulai petualangannya di tanah air pada akhir 2019, sampai saat ini sudah menyebar di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Medan, dan Bandung.

Bicara soal transportasi online, tidak semua orang paham bagaimana cara kerjanya. Terlebih, seperti yang ditulis di awal, cara menerima orderan InDriver berbeda dari Gojek dan Grab. Untuk panduannya, silahkan simak langkah-langkah berikut.

  • Silahkan buka aplikasi InDriver, masuk ke mode Pengemudi/Driver
  • Kemudian ketika notifikasi muncul, silahkan pilih orderan yang menurut kamu ongkasnya paling besar (kalau cuma 1, pilih saja itu)
  • Di bagian bawah layar terdapat tiga tarif yang bisa kamu pilih, biasanya aplikasi sudah memperhitungkan tarif minimal dan maksimal
  • Selanjutnya tawarkan tarif perjalanan yang kamu inginkan dan tentukan maksimal waktu penjemputan
  • Setelah itu tunggu sebentar hingga mendapatkan feedback dari penumpang
  • Jika penawaran diterima, aplikasi akan beralih ke halaman orderan
  • Terakhir tinggal ketuk Navigasi untuk menyambungkan Google Maps ke titik jemput

Kalau di lokasi tersebut ada banyak driver yang mangkal, berarti kamu punya saingan, ya kurang lebih sama seperti ojek pangkalan. Jadi, tak heran kalau pihak InDriver menyarankan semua mitra untuk memasang foto profil terbaik.

Untung Rugi Sistem Tawar Menawar Indriver

Setelah memahami cara menerima orderan InDriver, mungkin kamu juga bertanya-tanya apa saja keuntungan bagi driver dan penumpang dengan sistem tawar menawar yang diberlakukan oleh InDriver. Berikut beberapa poinnya.

  1. Tarif perjalanan bukan ditentukan pihak operator, mitra bebas menentukan tarif perjalanan sendiri
  2. Mitra bisa memilih konsumen yang jaraknya paling dekat atau jauh (semakin jauh, ongkos semakin mahal)
  3. Sementara keuntungan untuk pengguna, dapat mengetahui mana driver yang paling cepat sampai ke lokasi penjemputan

Meskipun dengan kebijakan ini kedua belah pihak bisa lebih terbuka soal tarif, namun yang namanya sistem pasti ada kekurangannya. Namun, mungkin ini berdasarkan opini pribadi. Kalau kamu punya pendapat berbeda, silahkan tulis di komentar, ya!

  1. Kita tidak tahu jalan pikiran orang. Jika memasang tarif terlalu tinggi, kemungkinan ada yang menolak dan memilih driver lain. Kalau terlampau rendah, bisa rugi di bensin
  2. Di InDriver waktu satu detik sangat berharga. Kalau terlalu lama berpikir ketika menentukan ongkos, bisa saja penumpang tersebut ditikung driver lain
  3. Harus paham tarif standar yang berlaku untuk jarak sekian kilometer

Kesimpulan

Sistem seperti ini memang menimbulkan pro dan kontra. Tapi yang jelas, dengan adanya penawaran di awal, dunia ojol tanah air lebih bervariasi, tidak melulu mengandalkan sistem monoton yang mana tarif ditentukan oleh operator layanan.

Jadi, itulah beberapa hal yang mesti diketahui perihal cara menerima orderan dan menentukan harga InDriver. Semoga dengan ulasan ini, driver maupun penumpang dapat tercerahkan dengan sistem dan layanan InDriver.