Cara Memilih Jenis Investasi untuk Pemula Yang Baik dan Benar 2021

Ruangojol.com - Banyak orang yang ragu untuk mulai berinvestasi. Bayangan kerugian yang mungkin datang suatu saat membuat mereka semakin khawatir, terutama bagi calon investor yang masih pemula.

Investor pemula cenderung melakukan investasi yang aman dan berisiko rendah. Mereka tidak seambisius investor dengan profil positif untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Baca Juga: Cara Daftar Driver Kurir Trawlbens Langsung Aktif

Menurut pengalaman admin, opsi investasi yang bisa dipilih investor pemula adalah:

1. Emas

Emas memiliki sifat tahan inflasi. Oleh karena itu, meskipun suatu negara mengalami krisis atau inflasi yang parah, nilainya tetap stabil. Grafik keuntungan dari investasi emas terus meningkat. Selain itu, emas mudah meleleh kapan saja, di mana saja. Anda tidak perlu khawatir kehilangan uang di sepanjang jalan.

Baca Juga: Aplikasi Trading Saham untuk Pemula Terbaik 2021

2. Reksa dana

Trust investasi adalah investasi yang menggunakan Manajer Investasi (MI). Investor tidak perlu khawatir untuk memantau pergerakan uang karena mereka sudah memiliki manajer yang bertanggung jawab atas semuanya.

Ada beberapa jenis reksa dana, antara lain reksa dana pasar uang (RDPU), reksa dana pendapatan tetap (RDPT), dan reksa dana saham. Secara umum, risiko perwalian investasi cenderung lebih kecil daripada risiko saham. Namun, keuntungan yang ditawarkan tidak signifikan.

Diklasifikasikan dari tiga reksa dana, RDPU adalah reksa dana dengan risiko terendah dan pengembalian terendah. Berikutnya adalah RDPT, dan terakhir kepercayaan investasi ekuitas yang menawarkan keuntungan terbesar.

Baca Juga: Apa itu Go Investasi? Cara Mudah Investasi di Gojek!

3. Obligasi

Obligasi masih dianggap aman untuk pemula. Mengingat obligasi, khususnya ORI, diterbitkan oleh pemerintah dan cenderung meningkat nilainya, risiko yang ditanggungnya tidak sebesar berinvestasi atau membeli atau menjual saham.

4. Deposito

Selain tabungan, ada produk keuangan lain yang bisa diandalkan, yaitu deposito. Deposito menyimpan uang untuk jangka waktu yang tidak dapat ditarik. Pada akhir periode Anda dapat mengambil uang dengan keuntungan.

Bunga relatif rendah, tetapi setidaknya jika Anda memiliki setoran, Anda tidak ingin menahan diri dan menghabiskan uang, dan Anda dapat menyimpan uang dengan aman.

Baca Juga: Kabar Terbaru Transaksi Gojek Bisa Pakai Bank Jago | Tak Perlu Top Up

Manakah dari empat jenis investasi yang menjadi fokus perhatian? Untuk memulai berinvestasi, mulailah dengan mempelajari tentang investasi itu sendiri. Hanya dengan begitu Anda dapat memutuskan mana yang terbaik.