Alasan Tidak Bisa Jual Reksadana Bibit dan Cara Menjualnya

Ruangojol.com - Saat ini, investasi merupakan kegiatan mencari profit yang umum dilakukan. Media untuk melakukan investasi sendiri ada banyak, salah satunya aplikasi Bibit. Meski penggunaan aplikasi ini mudah, tapi ada juga orang yang terkendala pada proses penjualannya. Tidak bisa jual reksadana Bibit adalah permasalahan yang tergolong sering terjadi.

Jika tombol untuk menjual tidak muncul, kemungkinan ada beberapa kondisi yang mendasarinya. Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan satu per satu alasan kenapa tombol jual tidak tersedia. Setelah itu, akan dijelaskan juga bagaimana cara menjualnya. Berikut adalah uraian dari setiap pembahasan tersebut:

Penyebab Tombol Jual Tidak Muncul

Jika tombol jual tidak tersedia, maka juga tidak bisa jual reksadana Bibit secara otomatis. Agar tombol ini bisa muncul, maka harus diketahui juga apa saja alasan yang mendasarinya. Sehingga bisa dicari solusinya dengan cepat. Simak urutan alasan di bawah ini beserta dengan penjelasan lengkap yang diperlukan:

1. Masih dalam Proses Verifikasi

Jika tombol jual tidak muncul, kemungkinan besar karena masih dalam tahap verifikasi. Proses verifikasi yang dilakukan pihak Bibit memang memerlukan waktu. Jika melakukan pembelian sebelum jam 1 siang, maka proses verifikasi akan dilakukan malam harinya pada jam 10. Artinya proses dilakukan pada hari yang sama.

Sedangkan jika pembelian dilakukan setelah jam 1 siang, maka proses verifikasi akan dilakukan pada hari berikutnya di jam 10 malam. Selama proses verifikasi ini, tombol jual memang tidak muncul. Sehingga pengguna harus menunggu jam verifikasi berdasarkan ketentuan tersebut agar tombol jual bisa muncul.

2. Harus Menunggu Penyelesaian Pembelian

Hampir sama dengan proses verifikasi, proses penyelesaian pembelian juga akan berpengaruh terhadap kemunculan tombol jual. Maka dari itu, pastikan untuk mengetahui jam transaksinya. Proses penyelesaian pembelian ini akan diselesaikan satu hari setelah proses verifikasi selesai. Maka dari itu, semakin cepat melakukan pembayaran akan semakin cepat prosesnya selesai.

Namun, jika pengguna melakukan pembelian di akhir pekan maka akan berbeda lagi prosesnya. Hal ini dikarenakan proses verifikasi dan penyelesaian pembelian hanya bisa dilakukan pada saat bursa dibuka, atau pada saat hari kerja. Maka dari itu, selama proses ini tombol jual juga tidak muncul dengan mudah.

3. Reksadana Belum Masuk Portofolio

Penyebab ketiga kenapa tombol jual tidak muncul adalah karena reksadana belum masuk ke portofolio. Meski pembayaran sudah dilakukan dan dana sudah masuk, pihak Bibit masih perlu waktu untuk melakukan verifikasi pembelian tersebut. Maka dari itu, tombol jual juga akan muncul jika reksadana sudah masuk ke portofolio.

Bagaimana Cara Menjual Reksadana?

Setelah tahu apa saja penyebabnya, maka pengguna bisa menunggu sampai semua proses selesai agar tombol jual muncul. Jika sudah muncul, maka proses penjualan reksadana di Bibit bisa dilakukan. Bagi pengguna yang masih baru, proses ini tentu masih asing. Berikut adalah cara untuk melakukan penjualan reksadana di Bibit:

  • Masuk pada aplikasi Bibit yang ada di perangkat.
  • Buka portofolio dan pilih reksadana yang ingin dijual.
  • Pencet tombol "Jual" yang ada di menu tersebut.
  • Masukkan nominal penjualan reksadana yang ingin dilakukan.
  • Baca dan pahami syarat serta ketentuan penjualan.
  • Jika sudah dipahami, pencet tombol "Jual" untuk melanjutkan.
  • Setelah itu akan muncul notifikasi bahwa order jual diterima.
  • Sampai proses ini, pengguna juga harus menunggu lagi proses verifikasi dari bank Kustodian.
  • Jika sudah, maka akan ada notifikasi "Order Jual Berhasil".
  • Tunggu dana masuk ke rekening sebagai langkah paling akhir. Maksimal proses pencairan adalah 7 hari kerja.

Daftar alasan kenapa tidak bisa jual reksadana Bibit beserta penjelasannya sudah dijelaskan pada uraian di atas. Sebagai tambahan, sudah diberikan juga cara menjual reksadana-nya jika tombol jual sudah ada. Semua proses tersebut harus dipahami agar saat memakai aplikasi Bibit tidak bingung lagi untuk menemukan solusinya.