Cara Membersihkan Filter Udara Motor Sendiri di Rumah

Ruangojol.com - Filter udara sepeda motor merupakan salah satu part yang wajib dibersihkan. Karena, filter udara yang bersih berpengaruh pada performa sepeda motor Anda. Filter udara umumnya berfungsi untuk menyaring kotoran yang menuju mesin pembakaran motor bersama udara. Bila filter kotor, maka mesin bakal berkarat dan rusak hingga mempengaruhi performa motor.


Bagi Anda yang tidak sempat ke bengkel untuk melakukan perawatan filter udara tak perlu khawatir, perawatan filter udara sebenarnya tidak terlalu sulit. Cukup siapkan waktu sekitar setengah jam danalat alat untuk membongkar pasang sendiri dan membuat filter kembali bersih. 

Membersihkan filter udara motor terbilang mudah dibanding perawatan ringan lain di bengkel, seperti mengganti kampas rem atau mengencangkan rantai. Adapun jenis filter udara terbagi dua, yaitu kering dan basah. Pada artikel kali ini, Penulis akan memberikan tips cara membersihkan filter motor sendiri di rumah.

BACA JUGA: Pilihan Mobil LCGC Murah Untuk Taksi Online Dari Harga Rp 50 Jutaan

Membersihkan Filter Motor Sendiri

Sebagai awal, Anda dapat mempersiapkan obeng plus untuk membuka penutup filter dan peratan lainnya bila dibutuhkan. Pada umumnya lokasi filter udara pada motor matic lebih mudah untuk dibersihkan karena posisi berada di bagian samping bodi. Untuk motor lawas harus siapkan peralatan lainnya karena lokasinya berada di dalam dan susah dijangkau. 

Bila sudah menemukan posisi filter udara motor, Anda dapat memulai tahap-tahap yang dapat Anda ikuti di bawah ini:

1. Gunakan obeng yang telah Anda siapkan untuk membuka semua baut yang mengunci boks filter motor.

2. Keluarkan filter udara yang berada di dalam boks.

3. Selanjutnya, bersihkan sesuai dengan filter udara motor yang dipunyai. Pada tahap ini, Anda harus mengetahui jenis filter udara yang digunakan.

Filter Motor Kering

Semprot filter dengan angin bertekanan tinggi, biasanya menggunakan kompresor. Setelah itu, gunakan air biasa untuk membersihkan filter udara dengan tuntas.

Filter Motor Basah

Bila motor Anda mempunyai jenis filter motor jenis basah. Anda perlu melakukan pembersihan secara hati-hati karena pabrikan produsen motor jenis filter basah tidak menyarankan untuk dibersihkan, namun dapat Anda ganti secara langsung. Namun bila ingin membersihkannya, Anda dapat menggunakan sikat gigi dan dibersihkan secara perlahan.

4. Bila sudah melalui tahap pembersihan, selanjutnya Anda dapat mengeringkan filter udara dengan cara diangin-anginkan, bukan di bawah sinar matahari langsung.

5. Setelah kering, pasangkan kembali filter udara ke boks filter dan kecangkan baut pengunci.

Selain dua jenis filter udara motor di atas, ada dua tipe lain yang kerap dibeli sebagai bahan modifikasi, yakni stainless steel dan busa. Cara membersihkan filter motor stainless steel dan busa pun berbeda.

BACA JUGA: 8 Cara Super Hemat Mengoptimalkan Pemasaran Merchant Shopee Food

Filter Motor Busa

Filter motor busa sangat jarang ditemukan dari keluaran pabrik motor langsung. Bila ditemukan adalah pemilik motor langsung mengganti filter dengan busa yang baru dan dipasangkan di dudukan saringan. Namun, filter busa dapat dibersihkan dengan cara mencucinya memakai sabun cuci atau detergen biasa. Setelah itu, keringkan dengan tekanan udara rendah atau diangin-anginkan.

Filter Motor Stainless Steel

Memberishkan filter udara stainless steel sangat mudah, cukup dicuci hingga bersih dan diangin-anginkan.

Sekian cara membersihkan filter udara motor Anda sediri, tak perlu ke bengkel dan tidak mengeluarkan uang untuk membayar biaya servis. Namun, ada kalanya filter udara motor perlu diganti dan tak dapat dibersihkan. Penggantian filter udara motor pada umumnya bila motor Anda telah menempuh perjalanan sebanyak 16.000 KM. 

Gimana? sudah tertarik untuk membersihkan filter udara motor Anda sendiri kan. Selain mudah, Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk biaya servis. Cara membersihkan filter udara motor Anda sendiri ini membantu meringankan pengeluaran uang Anda di saat pandemi.