Tak Perlu ke Bengkel, Berikut Cara Mengganti Oli Motor Sendiri di Rumah

Ruangojol.com - Cara mengganti oli motor dapat Anda lakukan secara sendiri di rumah. Tentunya dengan menggunakan berbagai peralatan dan kunci-kunci yang diperlukan. Dengan memiliki peralatan yang memadai kamu dapat mengganti oli motor sendiri di rumah.


Mengganti oli merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan agar komponen dalam mesin dapat bekerja secara optimal dan memberikan kenyamanan dalam berkendara. Kendaraan perlu mengganti oli secara rutin setiap penggunaan kendaraan mencapai 4.000 km. Kendaraan Anda dapat cepat rusak bila tidak mengganti oli secara teratur.

Cara mengganti oli motor sendiri dapat dimulai dengan mempersiapkan peralatan yang digunakan nantinya. Adapun peralatan yang dapat Anda siapkan yaitu kunci ring ukuran 12, wadah untuk menampung oli bekas, corong untuk memasukan oli baru, dan yang terakhir yaitu oli baru yang akan kamu gunakan. Pastikan oli motor yang kamu gunakan sesuai dengan kendaraan motor Anda. Anda dapat membaca Cara Memilih Oli Motor yang Baik dan Benar untuk memilih oli yang sesuai dengan motor Anda.

Tidak perlu ke bengkel, berikut cara mengganti oli motor sendiri di rumah.

BACA JUGA

Cara Mengganti Oli Motor Sendiri di Rumah

Bila sudah mempersiapkan semua peralatan yang diperlukan, selanjutnya Anda dapat mengganti oli motor sendiri di rumah. Berikut tahapan yang dapat Anda ikuti untuk mengganti oli motor sendiri di rumah.

1. Pertama, kamu dapat memposisikan motor Anda pada permukaan yang rata dan keras lalu menggunakan standar tengah. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya tumpah saat pergantian oli.

2. Selanjutnya, siapkan wadah untuk menampung oli bekas motor Anda di bawah baut pembuangan oli.

3. Setelah itu, kamu dapat membuka baut pembuangan dengan kunci yang telah kamu siapkan. Posisi baut ini biasanya berada di bagian bawah sebelah kiri motor Anda. 

4. Bila sudah terbuka, biarkan oli yang berada dalam mesin Anda terkuras sampai habis. Miringkan motor Anda guna memastikan oli motor Anda terkuras habis.

5. Jika oli Anda sudah terkuras secara habis, tutup kembali pembuangan oli menggunakan kunci yang sama.

6. Buka tempat pengisian oli yang berada di bagian bawah sebelah kanan. Anda dapat membuka dengan menggunakan obeng min (-) atau tang untuk memukanya.

7. Siapkan corong untuk mengisi oli baru yang telah disiapkan. Corong berguna untuk memastikan oli baru terisi penuh ke motor Anda dan tidak tumpah kemana-mana.

8. Tuangkan oli motor dengan perlahan guna tidak tumpah kemana-mana. Bila sudah selesai mengisi oli, Anda dapat kembali menutup baut pengisian oli.

9. Tahap terakhir Anda dapat memastikan bila baut yang sebelumnya dibuka yaitu baut pembuangan maupun pengisian telah terpasang secara benar guna menghindari kebocoran oli.

Adapun ciri-ciri bila oli motor Anda harus diganti yaitu jarak tempuh motor telah melawati batas ketentuan, suara mesin terasa keras, dan saat melakukan pengeceka oli motor telah berwarna hitam dan encer. 

BACA JUGA: Semua Pemilik Motor Metik Wajib Tahu! Ganti Oli Mesin Dan Gardan | Berikut Patokan Jarak Tempuh

Cara mengganti oli motor sendiri di rumah menjadi solusi bagi Anda yang tak ingin mengeluarkan biaya servis di bengkel dan cukup mudah untuk dilakukan di rumah.