Tidak Sulit, Begini Cara Mengganti Minyak Rem Motor Sendiri di Rumah

Ruangojol.comMengganti minyak rem motor merupakan hal yang penting untuk melakukan perawatan terhadap kendaraan motor yang kita miliki. Karena itu, pemilik kendaraan sebaiknya mengetahui cara mengganti minyak rem motor, supaya sistem pengereman pada motor Anda tidak mendapatkan masalah.

Minyak rem sendiri berguna untuk menghentikan laju kendaraan saat digunakan. Jika minyak rem sudah keruh maupun berkurang, maka sebaiknya dapat ditambahkan maupun diganti. 

Pergantian minyak rem ini berguna untuk mengurangi kerusakan pada komponen rem motor Anda dan tentunya untuk keleselamatan dalam berkendara. Karena, bila minyak rem berkurang dan dapat menyebabkan kendaraan blong saat di rem. Namun, untuk mengganti minyak rem motor kendaraan, Anda dapat membaca artikel tentang jenis minyak rem pada kendaraan motor Anda.

Dikutip dari halaman resmi Suzuki, pergantian minyak rem harus diperhatikan secara benar. Tujuannya untuk tidak terjadi kebocoran atau rembes pada bagian kaliper rem atau master. Berikut apa saja yang perlu dipersiapkan dan bagaimana cara mengganti minyak rem motor Anda sendiri di rumah.

BACA JUGA: Jangan Salah Ganti Minyak Rem, Kenali Dulu Jenis dan Fungsi Minyak Rem Motor Anda

Persiapan yang Perlu di Lakukan

Untuk mengetahui apakah sudah saatnya melakukan pergantian minyak rem, Anda dapat melihat dari lubang kaca pada master rem di stang. Apabila volumenya telah berkurang dan warnanya sudah berubah akibat kontaminasi, maka segerah untuk melakukan pergantian minyak rem.

Selain itu, Anda dapat melakukan saat menggunakan rem, bila handle rem saat ditekan dan terjadinya pengereman, maka itu merupakan ciri minyak rem pada motor kendaraan Anda telah berkurang.

Pengecekan adalah upaya pertama dalam melakukan pergantian minyak rem. Persiapan selanjutnya, yaitu membeli minyak rem di bengkel terdekat dan tentunya pilihlah sesuai jenis motor kendaraan Anda. Untuk peralatan yang digunakan hanya perlu obeng dengan mata plus (+) dan kunci seesuai ukuran niple.

Selanjutnya, siapkan kain kering untuk menutupi bodi motor untuk terhindar dari tumpahan cairan minyak rem dan selang plastik guna pembuangan minyak rem yang tersisa.

Bila semua alat dan minyak rem sudah disiapkan, maka Anda dapat memulai mengganti minyak rem kendaraan Anda sesuai pentunjuk berikut:

BACA JUGA: Pilih Aki Kering atau Aki Basah? Yuk Simak Kekurangan dan Kelebihannya

1. Memasang Selang Kecil pada Niple Bleeder

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memasang selang yang sudah dipersiapkan ke baut bleeder. Hal ini dilakukan untuk menguras minyak rem pada kendaraan Anda.

Caranya adalah buka dulu baut bleeder dengan menggunakan kunci ring yang ukuran sesuai. Jika sudah terbuka, maka Anda dapat memasang selang pada baut yang sudah dibuka dan pastikan kunci masih terpasang. Biarkan ujung selang satunya ke wadah untuk menampung minyak rem yang lama.

2. Mengeluarkan Minyak Rem Lama

Bila sudah memasang selang transparan pada niple bleeder. Selanjutnya, Anda dapat memompa dengan tuas rem pada stang Anda sehingga minyak rem keluar dan tertampung pada wadah yang telah disiapkan. 

Lakukan secara berulang dalam memompa dengan tuas rem guna mengeluarkan minyak rem keseluruhan. Bila minyak rem sudah terasa terkuras habis, maka Anda dapat melakukan langkah selanjutnya.

3. Membuka Master Rem

Tahap ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuka tutup master rem yang berada di stang motor Anda menggunakan obeng yang telah disiapkan. Master rem sendiri merupakan tangki penyimpanan minyak rem.

Pada master rem terdapat dua buah baut yang kecil sehingga perlu diperhatikan dalam membuka tutup master rem tersebut.

4. Mengisi Master Rem dengan Minyak Baru

Setelah tutup master rem terbuka, maka yang perlu Anda lakukan yaitu menuang perlahan minyak baru Anda yang telah dibeli dan pastikan jenisnya sesuai dengan kendaraan Anda. Saat pengisian minyak rem perlu hati-hati dan jangan sampai terkena bodi motor kendaraan karena dapat merusak cat motor Anda.

Apabila pada ruas master rem sudah terisi penuh, maka Anda perlu memompa minyak rem dengan tuas rem guna minyak rem tersebut turun ke komponen rem lainnya dan isi kembali sampai penuh.

5. Membuang Angin pada Rem Cakram

Pada pergantian minyak rem baru, bisa saja udara dapat masuk ke komponen rem motor Anda. Maka itu, perlu melakukan pembuangan supaya rem tidak blong. Minyak rem yang telah masuk ke komponen rem lain maka tuas rem motor Anda akan terasa berat dan rem telah berfungsi kembali.

Jangan lupa untuk menutup baut bleeder yang sebelumnya telah dibuka untuk menutup udara masuk ke dalam.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Filter Udara Motor Sendiri di Rumah

Terakhir, Anda perlu perhatikan kembali apakah ada minyak rem yang tertumpah pada bodi motor kendaraan Anda, bila ada maka segera bersihkan. Selanjutnya, Anda dapat menguji coba fungsi pengereman dengan berkendara secara pelan-pelan disekitar lingkungan rumah Anda.