Mesin Motor Terasa Lebih Panas dari Biasanya? Yuk Coba Ganti Air Radiator Motor Sendiri

Ruangojol.com - Cara mengganti air radiator (coolant) motor dapat kamu lakukan di rumah. Mengganti air radiator menjadi salah satu bentuk perawatan terhadap motor Anda.

Radiator yang kekurangan cairan pendingin dapat menyebabkan mesin motor Anda overheat. 

Pada umumnya, pergantian air radiator dapat dilakukan setiap 12.000 km atau 1 tahun sekali.

Radiator sendiri berfungsi untuk pelepas panas atau menjadi pendingin mesin supaya suhu mesin tetap normal.

BACA JUGA

Jika Anda yang tak ingin mengganti air radiator di bengkel, Anda dapat melakukan melakukannya dengan mudah di rumah. Berikut cara mengganti air radiator motor sendiri di rumah.

1. Siapkan Cairan Radiator

Mempersiapkan cairan air radiator adalah tahap yang pertama. Tentukan cairan air radiator yang sesuai dengan motor Anda. 

Cairan air radiator dapat Anda beli di bengkel terdekat. Hindari menggunakan air keran karena dapat menyebabkan karat pada radiator Anda. 

2. Membuka Baut Pembuangan

Bila sudah menentukan cairan air radiator yang sesuai. Selanjutnya, Anda dapat membuka baut pembuangan air radiator yang berada di bawahnya dengan menggunakan kunci nomor 8. 

3. Melakukan Flushing

Air radiator yang lama akan keluar setelah Anda membuka baut pembuangan. Saat membuang air radiator yang lama, sisakan sedikit untuk melakukan flushing.

Flushing berguna untuk membersihkan kotoran yang mengendap di bagian tersempit radiator.

4. Mengisi Cairan Radiator

Setelah melakukan flushing. Anda dapat menuangkan cairan radiator yang sebelumnya sudah dibeli. Anda dapat membuka tutup pengisian cairan radiator terlebih dahulu.

Tuangkan air radiator secara perlahan guna menghindari tumpahan saat pengisian cairan radiator. 

BACA JUGA: Tidak Sulit, Begini Cara Mengganti Minyak Rem Motor Sendiri di Rumah

Sangat mudah bukan? Cara mengganti air radiator sendiri di rumah. Pastikan Anda tidak mengisi air radiator saat kondisi mesin sedang panas. Selain itu, pastikan Anda telah menggunakan cairan radiator yang sesuai dengan motor Anda.