Tips Membersihkan Kaca Helm Supaya Nyaman Digunakan Terbaru 2022

Tips Membersihkan Kaca Helm Supaya Nyaman Digunakan
Ruangojol.com - Tips membersihkan kaca helm supaya tidak buram perlu Anda ketahui untuk merawat helm kesayangan Anda. Kaca helm merupakan komponen penting pada sebuah helm, kaca helm sendiri berfungsi untuk melindungi pandangan pengendara dari debu, pasir, dan sinar matahari.


Saat ini, kaca helm memiliki berbagai jenis macam dan berbagai warna. Namun, disarankan untuk Anda menggunakan kaca helm yang safety, karena kaca helm sangat penting dalam melindungi mata Anda dari berbagai kotoran.

Saat ini banyak sekali pengguna kendaraan bermotor yang menggunakan helm tidak ada kacanya. Sebagian orang menganggap kaca helm menjadi pengganggu karena sering kotor dan kendor. Padahal hal tersebut sangat membahayakan bagi pengendara itu sendiri.

BACA JUGA
Untuk Anda yang mungkin tidak nyaman karena kaca helm sering kotor tak perlu khawatir lagi. Kami akan membagikan tips perawatan kaca helm untuk menjadi lebih jernih seperti baru. Berikut tips membersihkan kaca helm supaya tidak buram dan nyaman digunakan.

Tips Membersihkan Kaca Helm

Membersihkan kaca helm memang mudah dan bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Hal ini dapat membantu Anda untuk menjaga kaca helm tetap bersih sehingga nyaman berkendara. 

1. Lepaskan Kaca Helm

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kaca helm adalah dengan membuka kaca tersebut dari helm sehingga mudah dibersihkan. 

Dengan memisahkan kaca dari helmnya, pembersihan akan lebih maksimal sehingga tidak menyisakan kotoran yang tertinggal. Namun, untuk Anda yang tidak mau repot-repot melapaskan kaca bisa Anda lakukan dengan menutup bagian helm lain dengan plastik supaya bagian lainnya tidak basah.

2. Basahi Kaca Helm

Bila sudah memisahkan kaca dari helmnya, Anda dapat membasahi kaca tersebut dengan air bersih secara perlahan. Jika sudah, maka Anda dapat membasahi kaca dengan menggunakan air sabun untuk menghilangkan seluruh kotoran dan debu yang menempel pada permukaan kaca helm.

Kaca helm memiliki fungsi sebagai penangkal debu sehingga dipastikan kaca helm akan sering terima kotoran. Karena itu, Anda perlu lebih teliti saat membersihkan kaca helm supaya kotoran yang menempel hilang.

3. Menggunakan Visior Cleaner

Visior Cleaner merupakan cairan khusus yang berfungsi untuk membersihkan kotoran pada kaca helm. Anda dapat menemukan Visior Cleaner di toko otomotif terdekat atau membeli melalui online. Disarankan Anda membeli Visor Cleaner yang terbuat dari alcohol-based karena produk tersebut lebih bagus dari bahan biasanya. Produk yang menggunakan komposisi tersebut akan jauh lebih menguap dan tidak meninggalkan noda bekas pada kaca.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan atau mengoleskan alat tersebut ke permukaan kaca helm. Setelah itu, diamkan selama 2-5 dan barulah Anda bisa mengelapnya dengan kain lembut yang bersih.

4. Bilas Kembali Kaca Helm dengan Air Bersih

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan membilas kaca helm Anda dengan menggunakan air bersih. Bila sudah, Anda dapat lap kaca helm dengan kain lembut hingga benar-benar kering dan tidak meninggalkan bekas sama sekali.

Setelah kaca helm bersih, Anda dapat memasang kembali kaca tersebut ke helm kesayangan Anda. Pastikan memasang kaca dengan benar hingga tidak terjadi kendor saat pemakaian.


Demikianlah tips membersihkan kaca helm supaya tidak buram sehingga nyaman digunakan. Untuk perawatan lebih, Anda bisa melakukan hal tersebut berulang bila kaca helm kembali kotor atau Anda dapat lap kaca bila sudah selesai berkendara.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain