Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Perbedaan Kartu Kredit dan PayLater, Manfaat serta Keuntungan

Berikut informasi mengenai perbedaan PayLater dan Kartu Kredit yang harus diketahui serta manfaat dan keuntungan memilikinya. semoga bermanfaat.
Ruangojol.com - Perbedaan antara Pay Later dan kartu kredit, mana yang lebih menguntungkan? Mungkin pertanyaan ini sudah muncul dibenak kalian yang mulai mengenal pay later atau kartu kredit. jika dilihat secara sekilas keduanya sama-sama memiliki fungsi bisa menggunakan uang pinjaman dan dibayar di akhir bulan sesuai peraturan.

Seperti saudara tapi bukan sedarah, Pay Later dan kartu kredit akan terlihat sama tapi tidak sama. Tapi sebenarnya di antara kedua ini, mana yang lebih menguntungkan sih?

Sebagai "kakak", kartu kredit telah dikenal selama beberapa dekade sebagai alat pembayaran yang mudah.
Dengan berkembangnya teknologi, kini hadir pula kartu kredit “adik” yang lebih praktis, yaitu PayLater.


Sekarang ada banyak marketplace yang melengkapi fitur mereka dengan PayLater yang memungkinkan pengguna untuk membeli Produk sekarang dan membayar kemudian. Seperti Gopaylater, Shopee PayLater, Kredivo, Akulaku, Dana Paylater, dll.

Jika dibandingkan, sistem pascabayar Pay Later sebenarnya mirip dengan menggunakan kartu kredit.

Namun, membayar di kemudian hari dikatakan lebih praktis karena tidak memerlukan kartu fisik untuk bertransaksi. Tapi, mana yang lebih menguntungkan?

1. Proses Pengajuan aplikasi

Proses pengajuan PayLater lebih cepat karena semuanya berbasis internet. Dokumen disiapkan hanya dalam bentuk elektronik.

Dokumen yang biasanya dibutuhkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP, Kartu Keluarga (KK) dan asuransi BPJS.

Sedangkan untuk membuat kartu kredit membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus datang ke kantor bank yang telah ditentukan dan masih menunggu konfirmasi.

Selain itu, pengajuan kartu kredit biasanya juga membutuhkan lebih banyak dokumen seperti fotokopi KTP, NPWP, slip gaji, buku tabungan, dll.

Selain itu, pihak bank juga biasanya melakukan wawancara untuk mengetahui layak atau tidaknya Anda mendapatkan kartu kredit. Jika Anda dianggap tidak mampu membayar biaya, bank kemungkinan akan menolak aplikasi Anda.

2. Besarnya Bunga

Pengguna kartu kredit harus sadar akan manfaat kartu kredit. Per Mei 2020, Bank Indonesia telah menetapkan suku bunga maksimum kartu kredit adalah 2% per bulan. Bunga ini diturunkan sebesar 0,25% dari bunga maksimum sebelumnya.

Tidak seperti kartu kredit, Pay Later menawarkan tingkat bunga yang bervariasi. Misalnya, OVO memiliki tingkat bunga 2,9% per bulan, sedangkan Shopee memiliki tingkat bunga 2,95% per bulan. Jadi, mana yang akan Anda pilih?

3. Bayar Admin PayLater dan Kartu Kredit

Ketika datang ke biaya yang terlibat, mereka sebenarnya cukup beragam.

Pengguna kartu kredit diharuskan membayar biaya tahunan. Nama nominalnya bervariasi, tergantung bank yang menawarkan kartu kredit dan juga jenis kartu kredit yang digunakan.

Padahal, Pay Later umumnya tidak membebankan biaya tahunan kepada penggunanya.

Hanya saja jika pengguna terlambat membayar, akan dikenakan denda. Tapi itu juga berlaku untuk pengguna kartu kredit.

4. Biaya cicilan PayLater dan kartu kredit

Baik Pay Later maupun Kartu Kredit, keduanya memiliki periode pembayaran atau payment terms. Aplikasi berjangka cicilan ini bertujuan untuk meringankan beban pengguna.

Membayar kemudian biasanya memberikan maksimum 12 bulan untuk satu transaksi. Tetapi periode yang lebih pendek juga tersedia, seperti 3, 6 atau 9 bulan.

Sedangkan jika masa cicilan pada kartu kredit lebih lama, bisa sampai dua tahun. Tentu ada periode yang lebih pendek juga, ya.

5. Keamanan

Keduanya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi bisa dibilang aman.

Fitur Payment Later dilengkapi dengan otorisasi ke nomor ponsel yang terdaftar melalui kode OTP (one-time password) yang akan dikirimkan saat Anda ingin melakukan transaksi pembelian. Jadi jika ada transaksi yang mencurigakan dan Anda tidak berhasil, bisa saja ditolak, kan!

Kartu kredit juga merupakan metode pembayaran yang juga diawasi oleh OJK, jadi kami jamin aman digunakan. Jika nanti Anda membayar dengan OTP, biasanya kartu kredit Anda akan diminta memasukkan PIN pada perangkat EDC yang disediakan.

Setelah memahami lebih mendalam antara paylater dan kartu kredit, menurut Anda yang mana yang akan kalian pilih? PayLater atau kartu kredit punya kelebihan.

Sebagai pengguna Anda hanya perlu menggunakannya dengan bijak. Pasalnya, kemudahan yang ditawarkan bisa membuat Anda kelelahan jika tidak bisa mengendalikan diri. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya!
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain