Cara Mengatasi Barang Tertahan di Bea Cukai | Berikut Alasannya!

Berikut informasi mengenai cara mengatasi bea cukai tertahan lengkap dengan alasannya. Simak yuk penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Ruangojol.com - Saat melakukan belanja online yang mana paket harus dikirimkan dari luar negeri maka saat proses pengiriman akan dikenakan pajak bea cukai. Ketika barang masuk ke Indonesia maka akan ada pemeriksaan akan dokumen perizinan dan lainnya.

Pada proses pemeriksaan bea cukai ini terkadang barang yang akan dikirim tertahan di sana, nah untuk mengetahui barang tertahan atau tidak dapat dilakukan dengan mengecek resi bea cukai.

Saat barang tertahan para pengirim/penerima barang harus mengetahui penyebab cara mengatasinya. Untuk itu disini akan dijelaskan tentang berapa lama barang di bea cukai: alasan tertahan dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Barang Tertahan di Bea Cukai | Berikut Alasannya!

Apa Itu Barang Tertahan di bea Cukai?

Barang yang tertahan di bea cukai merupakan suatu masalah yang terjadi saat proses pengiriman barang. Pihak bea cukai akan melakukan pemeriksaan akan berbagai persyaratan dan perizinan yang ada. 

Saat dokumen atau perizinan yang ada tidak terlalu lengkap maka besar kemungkinan barang akan ditahan di bea cukai.

Cara Mengatasi Barang Saat Tertahan di Bea Cukai

Untuk kalian semua yang mengalami masalah barang tertahan di bea cukai,untuk bisa mengatasinya dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Melelang Barang

Jika tidak ingin merugi maka dapat dilakukan pelelangan, yang mana penawaran tertinggi dapat membawa barang tersebut.

  • Menggunakan Jasa Undername Import

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan jasa atas nama untuk mengatasi masalah barang yang tertahan.

Disini kalian bisa mencari jasa pengiriman yang cukup ternama untuk pengurusan setiap dokumen persyaratan dan pengambilan barang di bea cukai.

  • Membayar Pajak

Lakukan pembayaran pajak terhadap PIB,ada kemungkinan barang terkena pajak impor,biaya consignee dan pertambahan nilai penghasilan yang wajib dilakukan.

setelah melakukan pembayaran pajak tersebut maka barang akan keluar dari bea cukai dan dilanjutkan proses pengirimannya.

Alasan Barang Tertahan di Bea Cukai

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat barang tertahan di bea cukai:

  • Tidak memiliki izin resmi, terkadang ada saja jasa pengiriman barang yang tidak bertanggung jawab dengan pengiriman barang pelanggannya. Yang mana pihak ekspedisi tidak memberikan informasi mengenai dokumen apa saja yang harus diurus.

Dengan begitu barang pun akan tertahan di bea cukai karena persyaratannya tidak lengkap. Untuk jasa pengiriman yang baik biasanya menawarkan layanan pengurusan dokumen dan surat perizinan lainnya.

  • Tidak mengurus dokumen persyaratan, bagi para pengirim yang belum memiliki pengalaman tentunya kurang paham akan dokumen dan perizinan apa saja yang harus diurus. Oleh karena tidak mengurus surat izin dan persyaratan lainnya maka barang pun akan ditahan oleh bea cukai.
  • Adanya PJM (Pemeriksaan Jalur merah), merupakan pengecekan fisik barang yang dilakukan selain memeriksa kelengkapan dokumen dan surat izin.

Berapa Lama Barang di Bea Cukai

Proses pemeriksaan dan verifikasi dokumen biasanya memakan waktu sekitar 3 hari kerja. Terkadang saat semua dokumen tersedia dengan lengkap proses pemeriksaan akan berjalan lebih cepat.

Lama barang di bea cukai juga dipengaruhi oleh kecepatan jasa kurir dalam mengambil barang,menyiapkan dokumen, dan izin pengambilan barang.

Kesimpulan

Saat barang tertahan di bea cukai pastinya terdapat suatu masalah baik itu dari dokumen atau perizinan yang kurang lengkap. Alasan tertahannya barang disebabkan oleh pengirim/jasa pengirim barang yang tidak mengurus dokumen.

Untuk menghindari hal tersebut gunakanlah jasa pengiriman yang sudah terbukti aman dan banyak digunakan. Kemudian pakailah jasa penyediaan dokumen dan surat izin yang dilakukan sepenuhnya oleh pihak jasa pengiriman.

Demikian pembahasan artikel ini tentang berapa lama barang di bea cukai: alasan tertahan dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain