5 Penyebab Mengapa AC Mobil Bisa Bocor, Ternyata Karena Ini !

AC pada mobil tidak mengeluarkan hawa dingin ? malah meneteskan air.. ternyata ini penyebabnya...

5 Penyebab Mengapa AC Mobil Bisa Bocor - Air Conditioner (AC) pada mobil menjadi peran penting untuk menjaga kenyamanan kabi saat berkendara. Namun ada beberapa faktor yang membuat AC tidak berfungsi dengan baik, salah satunya adalah kebocoran.

Hal tersebut membuat AC tidak menghasilkan hawa dingin dan tiba-tiba suka meneteskan air atau mengeluarkan busa putih saat AC dinyalakan.

penyebab-dan-cara-mengatasi-ac-mobil-tidak-dingin

Pastinya hal ini membuat Kita tidak nyaman berkendara apalagi mobil yang identik kejebak macet saat diperjalanan, berbeda dengan motor yang bisa nyalip sana sini.

Ada beberapa faktor yang membuat AC mengalami kebocoran. 

Berikut ada lima faktor penyebab AC pada mobil kesayangan Anda bocor.

1. Kekurangan Isi Freon

Kebocoran pada AC bisa saja diakibatkna oleh lubang atau retakan pada selang freon. Hal tersebut mengakibatkan komponen AC mobil seperti kompresor perlu bekerja keras agar memompa freon ke seluruh sistem untuk bisa mendinginkan mobil.

Kompresor akan terus-terusan memompa hingga freon habis dan membuat AC tidak berfungsi dengan baik.

Jadi pastikan Anda selalu melakukan pemeriksaan rutin pada komponen AC agar terhindar dari retakan atau lubang pada freon.

2. Terlalu Banyak isi Freon

Mengisi freon terlalu banyak juga mengakibatkan kebocoran lho. Pasalnya bila freon terlalu banyak akan memicu kompresor mati total atau rusak.

Hal itu terjadi karena kompresor tidak akan kuat untuk bekerja dengan freon yang kepenuhan.

Sehingga, bila mengisi freon pastikan telah sesuai dan melalui teknisi terpercaya agar terhindar dari hal tersebut.

3. AC Tersumbat

Penyebab AC bocor selanjutnya adalah filter dyer pada AC tidak berfungsi maksimal karena terjadi penyumabatan akibat adanya kotoran atau debu.

Hal ini sering terjadi karena jarang dilakukan pemberhisan. Sumbatan ini membuat kebocoran AC bahkan bisa mengakibatkan kompresor Anda bisa mati total atau jebol.

Jadi sering-seringlah melakukan pembersihan agar tidak terjadi penyumbatan. Tapi perlu diingat, jangan sembarangan membersihkan sendiri. 

4. Kebocoran pada Seal

Seal adalah pelapis karet yang digunakan untuk mempereat komponen AC. Bila salah satu seal mengalami keretakan atau robek tentu bisa mengakibatkan kebocoran.

Kerusakan pada seal ini membuat kompresor yang memompa gas freon ke sistem AC jadi melemah.

Selain itu, kerusakan seal ini juga yang membuat AC mobil menjadi kurang dingin.

5. Masa Pakai

Komponen AC merupakan komponen yang memiliki masa pakai. Jadi tidak mungkin pemilik kendaraan akan memiliki komponen AC yang terus berfungsi dengan baik.

Akan ada masanya sejumlah komponen pada AC perlu diganti, seperti kondensor, evaporator, expansi valve, dryer dan lainnya. 

Sehingga Anda perlu menyiapkan uang terlebih dahulu bila memang suatu saat komponen telah habis masa pakainya dan perlu diganti.

Jangan paksakan komponen AC yang seharusnya diganti malah hanya diperbaiki. Karena hal tersebut malah membuat sejumlah komponen lainnya bisa rusak.

Nah itu dia lima hal yang membuat AC pada mobil Anda bocor. Agar terhindar dari permasalahan AC bocor ini pastikan Anda melakukan perawatan rutin agar bisa nyaman berkendara karena tidak kepanasan.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain