Penyebab Suara Mobil Menjadi Berisik, Mungkin Ini Salah Satunya

Kenapa suara mesin mobil berisik tidak halus seperti biasanya ? mungkin ini penyebabnya !!!

Penyebab Suara Mobil Menjadi Berisik, Mungkin Ini Salah Satunya - Pemilik mobil pasti sering bertanya mengapa kendaraan miliknya suka mengeluarkan suara yang kasar ketika sedang digas.

Banyak faktor yang membuat suara mobil menjadi ada raungan yang bising ketika saat digunakan. Namun tak perlu khawatir, pasalnya kami telah merangkum apa saja penyebab suara mesin mobil menjadi berisik.

penyebab-dan-cara-mengatasi-suara-mobil-berisik

Berikut adalah faktor-faktor suara mobil menjadi berisik dan juga cara mengatasinya agar berkendara bisa nyaman.

1. Periksa pada Komponen AC

Penyebab mesin mobil berisik yang biasa terjadi diakibatkan oleh masalah pada kompresor AC.

Hal ini dikarenakan kompresor AC yang telah aus dan kurang pelumas sehingga kompresor AC perlu bekerja keras dan mengakibatkan suara berisik.

Selain itu kompresor AC yang banyak kotorannya juga bisa menyebabkan suara yang berisik karena kompresor akan bekerja sama halnya seperti kurang pelumas.

Jadi pastikan Anda secara rutin melakukan servis pada kompresor AC agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Selain menghilangkan suara berisik tentu kompresor AC yang bekerja dengan baik bisa membuat suhu ruangan dalam mobil terjaga.

2. Mesin Kekurangan Oli

Suara mesin mobil yang berisik juga bisa terjadi karena oli mesin yang berkurang. Karena oli yang kurang bisa menyebabkan mesin panas dan menimbulkan suara berisik.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah periksa oli terlebih dahulu, apakah berkuran atau tidak. Selain itu kondisi oli juga wajib diperiksa apakah sudah keruh atau encer.

Bila hal itu terjadi maka Anda harus mengganti oli agar menghindari kerusakan pada mesin.

Pastikan Anda telah mengganti oli yang sesuai dengan mobil kesayangan Anda.

Baca Juga :

3. Tali Kipas Rusak

Penyebab suara mesin berisik lainnya adalah tali kipas yang sudah bermasalah. Tali kipas pada mesin mobil sendiri berfungsi untuk penghubung satu poros dengan yang lainnya seperti kompresor AC maupun kipas radiator.

Jadi bila tali kipas sudah bermasalah pasti akan terdengar suara berisi atau bunyi yang kasar saat mobil digas.

Biasanya hal ini terjadi karena kondisi tali kipas yang sudah kendur ataupun sudah hampir putus sehingga perlu diganti.

Jadi pastikan Anda selalu memeriksa komponen ini agar menghindari suara mesin mobil yang berisik dan tentu ini membuat mobil Anda lebih awet.

4. Bearing Mobil Rusak

Faktor lain yang membuat suara mesin mobil berisik adalah kerusakan pada bearing. Bearing merupakan komponen yang sulit untuk diperbaiki sendiri sehingga Anda perlu teknisi khusus untuk memperbaiki hal tersebut.

Namun hal ini jarang terjadi bila Anda melakukan perawatan mobil dengan baik. Jadi pastikan Anda selalu merawat mobil Anda agar terhindar dari kerusakan bearing.

Biaya perbaikan bearing mahal lho, jadi dengan perawatan sederhana bisa menghindari Anda untuk mengeluarkan biaya berlebih.

5. Katup Mesin Longgar

Bunyi berisik pada mesin juga bisa dikarenkan oleh celah katup yang longgar. Adapun setelah normal pada katup mesin adalah ukuran 0,2 hingga 0,3 mm. 

Katup mesin yang longgar ini menyebabkan suara mesin menjadi lebih terdengar seperti tidak biasanya. Selain itu katup mesin yang longgar ini bisa mengakibatkan sejumlah komponen lainnya rusak karena terjadi bergesekan saat melakukan perjalanan.

Jadi untuk mengatasi malasah ini, Anda perlu memeriksa jarak katup mesin dan pastikan telah sesuai dengan baik. 

Meski masih ada beberapa penyebab suara mesin mobil berisik, namun yang diatas merupakan hal yang sering terjadi. Jadi pastikan Anda telah mengikuti artikel di atas agar mobil Anda tidak mengeluarkan suara yang berisik.

Selain itu, Anda jangan anggap remeh dengan suara mesin mobil yang berisik agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen pada mobil lainnya.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain