Isi Saldo MAXIM Murah! DAFTAR SEKARANG

Mengenal Virtual Credit Card (VCC), apa Bedanya dengan PayLater?

Berikut penjelasan mengenai Virtual kartu kredit atau vcc, silahkan disimak agar paham dan bisa membedakan antara kartu kredit dan paylater.

Rungojol.com - Dulu orang yang menggunakan kartu kredit hanya bisa menikmati kartu kredit yang tidak bisa dinikmati oleh semua orang karena kartu kredit memiliki banyak persyaratan.

Untungnya, sekarang Anda tidak memerlukan kartu kredit untuk berbelanja secara kredit. Ada yang namanya PayLater, sebuah fitur yang memungkinkan Anda membeli barang atau jasa hari ini dan membayarnya nanti dengan mencicil tanpa kartu kredit.

Ada juga kartu kredit virtual yang fungsinya sama dengan kartu kredit. Namun tanpa bentuk fisik kartu.

Mengenal Virtual Credit Card (VCC), apa Bedanya dengan PayLater?

Apa itu PayLater?

PayLater adalah bagian dari fitur aplikasi belanja. Limitnya bukan sebesar kartu kredit. Rata-rata limit PayLater berkisar antara Rp750.000 hingga Rp7 juta.

Jumlah tersebut bisa bertambah jika Anda rajin bertransaksi dan tidak pernah telat membayar tagihan. Isinya juga beragam. Ada yang dua minggu, satu bulan, tiga bulan, bahkan satu tahun. Tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan.

Pada dasarnya cara menggunakan PayLater sangat mudah dan praktis. Karena PayLater terhubung dengan aplikasi belanja dan dompet digital. Tidak perlu top-up atau transfer untuk membayar belanjaan. Anda juga dapat melihat laporan kredit langsung di aplikasi. Jadi e-Statement tidak diperlukan lagi. Sangat praktis bukan?

Namun, karena PayLater biasanya diasosiasikan dengan aplikasi tertentu, penggunaannya tidak bisa fleksibel. Biasanya kita hanya bisa menggunakannya di aplikasi penyedia layanan.

Pelajari tentang kartu kredit virtual (VCC)

Begitu Anda mendengar namanya, Anda pasti bisa mengetahui apa itu kartu kredit virtual.

Artinya, kartu kredit virtual merupakan alat pembayaran online cashless tanpa media kartu. Seperti yang kita ketahui, transaksi kartu kredit menggunakan kartu sebagai metode pembayaran. Sedangkan VCC tidak membutuhkan kartu untuk bertransaksi.

Namun, Anda tetap akan menerima kode 16 digit untuk nomor VCC, nama, tanggal kedaluwarsa, dan CVV 3 digit. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan VCC untuk transaksi online di seluruh dunia.

Karena pada dasarnya fungsi dan cara penggunaannya sama dengan kartu kredit biasa. Bahkan bisa dibilang VCC juga merupakan bagian dari kartu kredit biasa. Kecuali Anda melakukan transaksi offline. Anda pasti membutuhkan kartu fisik agar VCC tidak dapat digunakan.

Selain itu, ada VCC yang uangnya berupa saldo yang harus Anda isi terlebih dahulu. Anda juga bisa mendapatkan VCC meskipun tidak memiliki kartu kredit. Asalkan Anda terdaftar sebagai nasabah bank penyedia layanan.

Kelebihan VCC

  1. Amankan kartu kredit utama dari kejahatan online karena Anda dapat melakukan transaksi tanpa menggunakan data dari nomor kartu kredit utama.
  2. Lebih praktis untuk belanja online internasional
  3. Lebih aman karena tidak perlu memasukkan data pribadi merchant saat transaksi online
  4. Lebih hemat karena dapat mengurangi penggunaan kartu kredit utama dan CVV memiliki limit yang relatif kecil.
  5. Anda dapat menerima promosi yang hanya berlaku untuk pengguna kartu kredit

Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kedua layanan tersebut. Namun, tetap gunakan secara bijak dengan membayar tagihan tepat waktu, ya.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain