Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Cara Memilih Sensor Saat Membeli Kamera Digital yang Baik dan Benar

Jika Anda sedang berbelanja untuk kamera digital, ukuran sensor adalah salah satu hal pertama yang akan Anda dengar.

Ruangojol.com - Jika Anda sedang berbelanja untuk kamera digital, ukuran sensor adalah salah satu hal pertama yang akan Anda dengar. Kemungkinan Anda pernah melihat istilah seperti "crop sensor," "full frame," dan "micro four-thirds" yang dilemparkan di sekitar Anda, tetapi apa sebenarnya arti istilah-istilah tersebut? Dan apakah ukuran sensor kamera benar-benar penting?

Cara Memilih Sensor Saat Membeli Kamera Digital yang Baik dan Benar

Bagaimana Sensor Kamera Digital Anda Bekerja

Sensor kamera digital mengumpulkan cahaya dan mengonversi cahaya itu menjadi gambar. Ini berbentuk persegi kecil yang terletak di dalam badan kamera di belakang tempat lensa dipasang, dan terdiri dari fotoreseptor kecil. Fotoreseptor itu disebut "fotosite," dan mereka mengumpulkan foton cahaya, yang kemudian diubah menjadi piksel yang membentuk gambar.

Piksel adalah unit terkecil yang dapat diukur dalam gambar yang dapat ditampilkan pada layar, sehingga digunakan untuk mengukur resolusi sensor. Satu megapiksel adalah satu juta piksel, sehingga sensor dengan resolusi 24,6 megapiksel mampu membuat gambar yang terdiri dari sekitar 24,6 juta piksel.

Fotosite di sensor kamera juga memiliki filter yang memungkinkan mereka mengumpulkan cahaya merah, hijau, atau biru tergantung pada filternya. Warna-warna itu kemudian digabungkan untuk membuat gambar yang lebih besar, seperti printer yang mengombinasikan tinta berwarna untuk membuat foto yang dicetak.

Apakah Ukuran Sensor Kamera Sebenarnya Penting?

Jawaban singkatnya: ya. Semakin besar sensor, semakin banyak fotoreseptornya dan semakin banyak cahaya yang dapat dikumpulkan. Lebih banyak cahaya yang menimpa sensor berarti lebih banyak data masuk ke dalam gambar, meningkatkan detail dan resolusi foto Anda.

Itulah mengapa kamera crop sensor (juga dikenal sebagai sensor APS-C) tidak akan memberikan Anda gambar dengan kualitas yang sama seperti kamera full-frame, bahkan jika jumlah megapikselnya sama.

Dan kualitas gambar bukanlah satu-satunya hal yang dipengaruhi ukuran sensor. Ini juga memengaruhi:

  • Kedalaman bidang gambar (seberapa banyak gambar yang fokus/latar belakang buram)
  • Sudut pandang (kamera crop sensor secara harfiah memangkas gambar untuk pandangan yang lebih sempit)
  • Kinerja cahaya rendah (ukuran sensor yang lebih kecil dapat membuat lebih banyak noise digital dalam cahaya rendah)
  • Ukuran kamera dan lensa (badan kamera/lensa APS-C dan yang lebih kecil lebih kecil)

Semakin besar sensor seperti full frame atau medium format juga memberi Anda ruang ekstra untuk mengedit file gambar RAW Anda nanti. Lebih mudah untuk menyelamatkan bayangan gelap, misalnya, karena ada lebih banyak data di area yang diblack-out.

Apa yang dimaksud dengan Crop Factor?

Semakin kecil sensor kamera, semakin sedikit citra yang akan diproses oleh sensor ketika terkena cahaya melalui lensa kamera. Sensor ukuran full-frame dapat "melihat" seluruh adegan, tetapi sensor APS-C hanya dapat melihat sebagian dari adegan yang sama.

Hal ini mirip dengan dua orang yang melihat hal yang sama melalui jendela yang berukuran berbeda, satu lebih besar dan satu lebih kecil - orang yang melihat melalui jendela yang lebih kecil memiliki pandangan yang "dipangkas" dan tidak dapat melihat semuanya.

Crop factor pada sensor memberi tahu Anda seberapa banyak adegan yang bisa Anda lihat. Semakin kecil sensor, semakin banyak pemotongan yang akan Anda dapatkan, karena area pengambilan gambar yang tersedia semakin kecil. Misalnya, karena sensor APS-C sekitar 1,3 kali lebih kecil dari sensor full frame, bidang pandang Anda akan dipangkas dengan faktor 1,3 dan lensa apa pun yang Anda pasang akan mengambil pemotongan itu. Lensa 50mm yang dirancang untuk kamera full frame yang dipasangkan ke kamera dengan sensor crop, sebenarnya akan menunjukkan bidang pandang sekitar 65mm, karena 50mm x 1,3 = 65.

Perbandingan Ukuran Sensor Kamera

Berbagai ukuran sensor kamera memiliki tujuan yang berbeda dan dapat berguna untuk jenis fotografi atau videografi yang berbeda. Sensor APS-C dalam kamera DSLR, misalnya, sering dianggap sebagai kamera pemula karena ukuran sensor yang lebih kecil dan bodinya. Mereka lebih murah untuk dibuat dan dibeli. Mereka beroperasi seperti kamera full-frame tanpa banyak fitur, yang membuat mereka sempurna untuk dipelajari.

Sama halnya dengan ukuran sensor lainnya, Anda harus memilih yang paling sesuai untuk Anda. Jika Anda baru saja mulai mengambil gambar, tidak masuk akal untuk mengeluarkan ribuan dollar untuk sensor medium-format ketika sensor APS-C akan menjadi semua yang Anda butuhkan selama beberapa tahun.

Mari kita mulai dengan ukuran sensor yang paling kecil dan kemudian naik.

Panasonic Lumix

Sensor 1 "dan Lebih Kecil

Ini adalah sensor yang akan Anda temukan di sebagian besar smartphone, serta kamera digital "point and shoot" tanpa lensa yang dapat diganti seperti garis Sony Cybershot. Ada beberapa kamera kelas atas dalam ukuran sensor ini yang masih mendapatkan kualitas gambar yang cukup bagus, seperti Panasonic Lumix DMC-LX10. Ini adalah kamera level penggemar yang tidak ditujukan untuk pekerjaan profesional, tetapi bisa menjadi kamera yang bagus untuk perjalanan. Secara teknis, kamera mirrorless ini memiliki faktor potong 2,7X.

Olympus OM-D

Sensor Empat Per Tiga / Mikro Empat Per Tiga

Panasonic dan Olympus menciptakan sistem empat per tiga mikro, yang sekitar sepertujuh ukuran penuh dan sekitar 30-40% lebih kecil dari sensor APS-C. Sensor ini memiliki faktor potong 2X dan kamera mirrorless interchangeable lens yang kompak. Mereka mendapatkan nama "empat per tiga mikro" karena mereka menggunakan rasio aspek 4:3 untuk gambar yang mereka ambil.

Meskipun ukurannya kecil, sensor empat per tiga mikro dapat menghasilkan gambar yang cukup bagus, terutama yang dibuat baru-baru ini. Kamera seperti Olympus OM-D E-M1 Mark II dan Blackmagic Design Pocket Cinema Camera menggunakan sensor empat per tiga mikro.

Nikon D500

Sensor APS-C / Crop

Kategori yang serba bisa lainnya, sensor APS-C dapat ditemukan pada segala sesuatu mulai dari DSLR pemula seperti garis Rebel Canon hingga pemotret aksi cepat seperti Nikon D500. Produsen yang berbeda memiliki ukuran sensor APS-C yang sedikit berbeda - Sony dan Canon berbeda beberapa milimeter, misalnya. Sensor APS-C kelas atas dapat digunakan untuk pekerjaan profesional.

Ada dua jenis sensor potong: APS-C dan APS-H. "APS" singkatan dari "active pixel sensor," dan sensor ini biasanya memiliki faktor potong sekitar 1,3X.

Canon R5

Sensor Penuh Frame

Sensor full frame adalah apa yang akan Anda lihat terutama pada kamera level profesional, dan mereka bervariasi secara luas. Anda akan melihat model level pemula seperti Canon 6D hingga kamera resolusi super tinggi seperti Canon R5 atau Sony A1.

Sensor full frame mendapatkan namanya dari ukurannya yang sekitar sama dengan bingkai film 35mm - sekitar 36mm x 24mm. Mereka tidak memiliki faktor potong dan memberikan lapangan pandang yang sama persis dengan lensa yang Anda pasang pada kamera. Misalnya, lensa 50mm akan menampilkan bidang pandang 50mm, lensa 35mm akan menampilkan pandangan yang lebih lebar, dan seterusnya.

Banyak orang memulai dengan kamera APS-C dan meningkat ke full frame setelah mereka mempelajari dasar-dasarnya, meskipun itu tidak mutlak diperlukan.

Fuji GFX 100S

Format Medium

Berdasarkan ide dari bingkai film format medium yang lebih besar, sensor kamera format medium lebih besar dari full frame dan dirancang khusus untuk menangkap tingkat detail yang sangat tinggi. Fuji GFX 100S, misalnya, memiliki resolusi lebih dari 100 megapiksel. Karena itu, kamera jenis ini lebih banyak digunakan oleh fotografer yang ingin menangkap gambar yang sangat detail seperti pemandangan atau potret studio berkualitas tinggi.

Karena lebih spesialis, kamera jenis ini seringkali mahal. Mereka juga lebih besar sehingga tidak sangat cocok untuk dibawa berkeliling sepanjang hari atau digunakan di tempat yang sangat bergerak—meskipun model mirrorless seperti Hassleblad's X1D II lebih ringkas.

Jadi, Ukuran Sensor Kamera Apa yang Harus Anda Pilih?

Itu tergantung pada apa yang ingin Anda bidik. Jika Anda ingin menghemat uang dan hanya ingin memiliki sesuatu untuk mengambil gambar yang cukup baik, kamera APS-C atau micro four thirds mungkin cocok untuk Anda. Jika Anda ingin memulai fotografi profesional yang lebih serius, maka kamera full frame layak dipertimbangkan.

Pertimbangkan tujuan Anda sebagai fotografer, pertimbangkan keuntungan dan kerugian masing-masing, dan pilihlah alat yang terbaik untuk Anda. Itulah yang akan membuat Anda paling bahagia, bukan yang paling banyak dibicarakan.

Hanya manusia biasa yang ingin berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan. :)