Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

Penyebab Mobil Tidak Bisa Jalan Tapi Mesin Menyala, Berikut Cara Mengatasinya !

Penyebab Mobil Tidak Bisa Jalan Padahal Mesin dan Listrik Menyala, Berikut Ini Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Jalan Padahal Mesin Nyala...

Penyebab Mobil Tidak Bisa Jalan Tapi Mesin Menyala dan Cara Mengatasinya - Setiap kali liburan mungkin Kita akan meluangan segenap waktu di akhir minggu atau weekend.

Menyiapkan barang bawaan dan segala perlengkapan untuk liburan sudah menjadi hal yang lumrah, namun kadang Kita lupa memperhatikan bagaimana kondisi kendaraan yang akan Kita gunakan.

penyebab-mobil-tidak-bisa-jalan-padahal-mesin-menyala

Siap ataupun tidak, jika Kita terlalu sibuk pada urusan dikantor atau pekerjaan pasti Kita akan lupa mengecek bagaimana kondisi mobil yang akan digunakan untuk pergi liburan.

Baca Juga :

Setidaknya cek terlebih dahulu pada saat sepulang dari kesibukan dengan mencuci mobil, mengecek kelayakan mobil untuk dibawa pergi terlebih lagi Kita membawa banyak orang untuk liburan maka sangat penting bagi Kita untuk melakukan perawatan pada mobil baik secara mandiri atau membawanya ke bengkel.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Jalan Padahal Mesin Menyala

Mungkin pernah atau sering Kamu alami pada saat berkendara, mobil tiba-tiba ngga mau jalan akan tetapi mesin menyala dan kelistrikan pun dirasa tidak ada masalah.

Apa Penyebabnya ?

Berikut ini beberapa penyebabnya,

1. Aki Soak

Salah satu penyebab mobil tidak bisa jalan adalah karena aki yang soak, membuat kelistrikannya bermasalah terutama untuk menghubungkan kontak agar mesin bisa menyalan dan dibawa jalan.

Aki yang soak umumnya karena pada saat mobil tidak digunakan pintu tidak tertutup rapat, lampu menyala baik luar atau dalam padahal tidak digunakan, atau sering bolak balik buka bagasi dan pintu.

Hal ini menyebabkan penggunaan listrik mobil pada aki secara terus menerus hingga kehabisan daya yang membuat mobil tidak bisa menyala.

2. CVT Bermasalah / Kotor

Salah satu penyebab mobil tidak bisa jalan tapi mobil menyala adalah karena cvt yang bermasalah, biasanya terdapat pada mobil matic dan hal ini membuat mobil tidak memiliki daya dorong padahal cvt merupakan penggerak dari si mobil matic ini.

CVT yang bermasalah biasanya di akibatkan oleh bagian-bagian yang kotor, sudah waktunya diganti, dan tidak terpasang dengan benar.

3. Kehabisan Bensin Tapi Indikator Bensin Error

Sering terjadi mobil tidak bisa jalan dikarenakan bensin padahal di indikator bensin masih terlihat banyak, tapi sebenarnya bensin kosong.

Hal ini juga sering terjadi pada spedometer atau meter cluster mobil, ia menyala namun dalam keadaan error tidak berfungsi dengan benar.

Kamu dapat melakukan perbaikan malfungsi dari indikator bensin jika ini terjadi pada Kamu, terlebih lagi sangat berbahaya jika Kamu sedang dalam perjalanan yang cukup jauh apalagi tidak ada tempat pengisian bensin disekitar.

4. Ecu Bermasalah Atau Perlu Diganti

Penyebab yang dapat terjadi lainnya apabila mobil tidak bisa jalan adalah karena ecu yang bermasalah.

Ecu sendiri merupakan jantung dari mobil, maka dari itu sekali ia bermasalah maka akan berpengaruh ke bagian lainnya pada mobil.

Untuk itu Kamu dapat segera mengganti Ecu mobil, atau membawa mobil ke bengkel agar masalah tidak menyebar kebagian mobil lainnya.

5. Mobil Over Heat / Radiator Kosong

Penyebab mobil mogok tidak mau jalan yang sering terjadi pada umumnya adalah karena dalam keadaan over heat atau panas yang berlebih.

Hal ini biasa terjadi jika Kamu menggunakan mobil dalam waktu yang cukup lama hingga membuat pembakaran berlebih, dan pemuaian pada mesin dapat membuat slip hingga mengakibatkan mobil mati.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mobil yang tidak bisa jalan padahal mesin menyala. Hal-hal ini dapat Kamu ingat jika sewaktu-waktu terjadi pada saat Kita sedang mengendarai mobil agar cepat menemukan solusinya.