Kode Referral Kredivo 2024, Bonus Hingga 250rb Points untuk Pengguna Baru!. Klik Disini

13 Komponen Transmisi Mobil Manual yang Perlu Anda Ketahui

13 Komponen Transmisi Mobil Manual yang Perlu Anda Ketahui

Ruangojol.com - Pada dasarnya transmisi mobil dibagi menjadi dua jenis, yaitu mobil bertransmisi otomatis dan mobil bertransmisi manual.

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa mobil bertransmisi manual hanya perlu menekan pedal kopling yang digunakan saat ingin menekan pedal gas, perpindahan gigi maupun mengerem.

13 Komponen Transmisi Mobil Manual yang Perlu Anda Ketahui

Padahal, transmisi mobil itu sendiri terdiri dari beberapa komponen yang saling berkesinambungan dan berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin dari kendaraan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui komponen apa saja yang terdapat pada transmisi mobil manual.


BACA JUGA

13 Komponen Penting Transmisi Manual

Perlu Anda ketahui, ada 13 komponen sistem transmisi mobil manual yang perlu Anda ketahui. Dilansir dari laman Auto2000, berikut penjalasannya.

1. Poros Input Transmisi (Transmission Input Salt)

Komponen ini merupakan poros atau roda gigi yang bekerja sama dengan kopling untuk memutar gigi pada gear box.

2. Gigi Transmisi (Gear Transmision)

Selanjutnya, komponen yang berfungsi sebagai pengubah input tenaga yang dihasilkan dari mesin menjadi ouput gaya torsi. Perubahan ini tentunya akan disesuaikan dengan yang dibutuhkan oleh kendaraan.

3. Gigi Penyesuaian (Synchcroniser)

Komponen ini berperan utnuk memindahkan gigi dengan aman dan juga nyaman meskipun mobil sedang dalam keadaan berjalan.

4 Garpu Pemindah (Shift Fork)

Garpu pemindah memiliki fungsi untuk memindahkan gigi pada porosnya sehingga gigi akan lebih mudah untuk dipasang atau dipindahkan.

5. Tuas Penghubung (Shift Linkage)

Tuang penghubung berfungsi sebagai penghubung antara tuas persneling dengan shift fork atau yang biasa disebut dengan garpu pemindah.

6. Tuas Transmisi atau Tuas Pemindah Persneling (Gear Shift Lever)

Tuas ini memiliki fungsi sebagai pengendali pengemudi supaya bisa melakukan pemindahan gigi transmisi sesuai dengan kondisi mengemudi yang pengendara inginkan. Komponen ini terletak berdekatan dengan sang pengemudi.


7. Bak Transmisi (Transmission Case)

Bak transmisi digunakan sebagai dudukan bearing transmisi beserta dengan porosnya. Selain itu, komponen ini juga sebagai wadah untuk menyimpan oli transmisi pada mobil. Karena itu, pergerakan yang terjadi oleh setiap komponen di dalam sistem transmisi mobil bisa lancar dan juga halus karena bak transmisi.

8. Output Shaft

Output shaft adalah poros yang berfungsi untuk mentransfer torsi yang berasal dari sistem transmisi ke gigi terakhir. Tak hanya itu, komponen ini juga digunakan sebagai duduk persneling pada sebuah mobil.

9. Bantalan atau Bearing (Main Bearing)

Komponen ini berfungsi untuk mengurangi gesekan yang tlerjadi antara permukaan komponen yang berputar di dalam sistem transmisi manual.

10. Counter Gear

Counter gear merupakan komponen yang menghasilkan torsi dari gigi input menuju gigi kecepatan.

11. Reverse Gear

Komponen yang satu ini berguna untuk mengubah arah putaran output shaft. Karena ini kita dapat berjalan mundur ketika Anda menggerakan tuas persneling ke arah reverse gear.

12. Hub Slave

Hub slave memiliki fungsi sebagai pengunci penyesuaian gigi percepatan. Dengan adanya komponen ini maka dapat membuat output shaft menjadi bisa berputar hingga berhenti.

13. Speedometer Gear

Komponen yang terakhir adalah speedometer gear. komponen ini membuat kecepatan dari mobil yang Anda kendarai dapat terukur.

Itulah beberapa penjelasan mengenai komponen pada mobil transmisi manual. Dengan mengetahui komponen tersebut Anda dapat mudah mengetahui bila terjadi sesuai pada kendaraan kesayangan Anda.