Tips Merawat Rem Mobil Saat Musim Hujan Terbaru 2022

Tips Merawat Rem Mobil Saat Musim Hujan
Ruangojol.com - Rem merupakan komponen sangat penting yang perlu di perhatikan ketika memasuki musim hujan. Saat musim hujan, permukaan jalan cenderung licin dan basah hingga jarak pengereman kendaraan pastinya akan bertambah dibanding saat permukaan jalan yang kering.

Tips Merawat Rem Mobil Saat Musim Hujan

Ada beberapa tips merawat rem mobil saat musim hujan supaya Anda dapat berkendara dengan nyaman. Pemeriksaan terhadap kelayakan komponen rem sangat disarankan untuk Anda sebagai pemilik kendaraan. 

Perawatan rem biasanya dilakukan setiap jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 20.000 km. Perawatan biasanya melakukan pemeriksaan terhadapat kuantitas rem, kebocoran minyak rem, ketebalan dan kerataan permukaan piringan cakram, dan ketebalan kampas rem. 

BACA JUGA
Memasuki musim hujan, Anda tentunya perlu memerhatikan kondisi rem kendaraan Anda lebih ekstra. Karena, komponen rem merupakan salah satu keamanan berkendara supaya mobil dapat berhenti dengan baik. 

1. Periksa Kondisi Piringan Cakram dan Kampas Rem

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawat rem mobil adalah dengan memeriksa piringan cakram dan kampas rem

Jika kampas rem sudah menipis atau habis makan Anda perlu segera mengganti kampas rem tersebut. Namun, bila kampas rem masih cukup tebal, Anda cukup membersihkannya saja.

Begitupun dengan piringan cakram yang bisa saja mengalami keausan yang tidak merata, dan berakibat pengereman akan berpotensi menimbulkan getaran yang bisa terasa di pedal rem.

Bila sudah begitu, Anda harus mengecek kondisi piringan masih bisa di bubut atau sudah harus diganti dengan yang baru.

Disarankan untuk Anda bila harus melakukan pembubutan, gunakanlah alat bubut langsung di kendaraan untuk hasil yang maksimal.

2. Cek Kondisi Rem dan Penggantian Minyak Rem

Pemeriksaan kondisi minyak rem bisa Anda lakukan secara rutin setiap seminggu sekali dengan memeriksa kondisi minyak rem pada tangki cadangan.

Penggantian minyak rem bisa Anda lakukan setiap 40.000 km dengan minyak yang direkomendasikan oleh bengkel resmi.

Jika minyak rem sudah habis ketika belum mencapai minimal jarak tempuh maka kemungkinan ada kebocoran yang harus segera diperiksakan.

Pemeriksaan rem ini sebaiknya Anda lakukan di bengkel resmi guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk itu, lakukanlah perawatan berkala di bengkel resmi pada komponen rem ini supaya tidak terjadi hal yang dapat membahayakan Anda saat berkendara.


Itulah beberapa tips merawat rem mobil saat musim hujan supaya nyaman berkendara. Perawatan secara rutin tetap lebih baik daripada memperbaiki saat terjadi kerusakan, apalahi komponen rem memiliki peran vital ketika berkendara. 
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain