4 Tips Cara Merawat Ban Motor Agar Awet

Ruangojol.com - Cara merawat ban motor menjadi sesuatu yang mungkin perlu Anda ketahui. Ban motor sendiri menjadi hal yang penting untuk menahan beban motor, pengendara dan penumpang, serta melakukan putara gerakan maju dan mempunyai kemampuan menghentikan kendaraan.


Untuk itu, perawatan pada ban motor perlu dilakukan supaya ban dapat menjaga fungsinya secara prima dan menjaga umur pakai hingga maksimal.

Dengan merawat ban motor, Anda dapat lebih irit karena ban dapat tahan lama sehingga tak perlu memembeli ban baru.

BACA JUGA

Dikutip dari halaman resmi Suzuki, berikut cara merawat ban motor supaya awet dan tidak mudah botak untuk pemilik sepeda motor.

1. Rutin Membersihkan Ban

Saat membersihkan ban, lakukanlah secara rutin supaya kotoran yang menempel pada ban hilang. Ingatlah bahwa kotoran, debu, atau pasir pada ban dapat dengan mudah menyebabkan ban pecah atau meledak. Saat membersihkan ban, yang terbaik adalah menyikatnya dengan membasahi ban depan dengan air sabun.

2. Rutin Cek Tekanan Angin Ban

Mengecek tekanan ban secara berkala penting untuk mengetahui apakah ban kempes atau tidak, jika ban kempes segera isi angin ban,  jangan paksakan ban motor hingga kempes. Mengapa? Karena ban akan mudah bocor, cepat botak, atau bahkan retak. Ingatlah untuk tidak membiarkan terlalu banyak tekanan udara menggembungkan ban karena ada juga risiko ban pecah atau meledak. Jadi, saat mengisi angin, sebaiknya periksa dulu kondisi ban.

3. Tidak Membawah Muatan Berlebihan Pada Motor

Saat mengangkut muatan, beban harus disesuaikan dengan kapasitas kendaraan. Mengapa? Karena jika melebihi beban yang ditentukan, bisa membuat ban cepat botak dan juga bisa membuat ban mudah pecah dan retak. Ini jelas merupakan risiko keselamatan saat mengendarai sepeda motor.

4. Hindari Parkir Motor di Bawah Terik Matahari

Saat hendak memarkirkan motor, carilah tempat yang teduh dan hindari dari terik matahari. Hal ini untuk menghindari tekanan angin pada ban dapat meningkat karena pemuaian udara akibat terkena panas. Parkir di bawah terik matahari dapat menyebabkan ban Anda mudah botak dan akhirnya pecah.

BACA JUGA: Tidak Sulit, Begini Cara Mengganti Minyak Rem Motor Sendiri di Rumah

Pada umumnya, usia ban motor yang sesuai standar adalah 4 tahun atau 40.000 km. 

Pastikan Anda menggunakan ban motor yang standar untuk keselamatan Anda. Dengan mengetahui cara merawat ban motor, Anda dapat lebih hemat dan tentunya dapat berkendara dengan aman.