Tips Perawatan Ekstra Pada Mobil Saat Memasuki Musim Hujan

Ruangojol.com - Melakukan perawatan ekstra pada mobil Anda perlu dilakukan saat memasuki musim hujan. Mobil yang sering terkena air hujan dapat berpotensi merusak mobil secara perlahan. 


Air hujan memiliki kadar asam yang dapat membuat mobil Anda berjamur, menimbulkan karat, hingga merusak komponen lain.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tips merawat mobil agar tetap awet dan nyaman saat musim hujan. Dikutip dari halaman resmi Auto2000, berikut tips yang bisa Anda ikuti.

BACA JUGA

1. Segera Bilas Mobil dengan Air Bersih

Bila mobil Anda baru saja terkena air hujan, makan yang dapat Anda lakukan adalah segera membilasnya dengan air bersih lalu keringkan dengan menggunakan lap. Hal itu dilakukan guna menghindari munculnya water spot atau jamur pada bodi maupun kaca mobil.

Mobil yang dibiarkan kotor setelah terkena hujan akan sulit untuk dibersihkan saat kemudian hari.

Untuk hasil yang maksimal saat membilas, Anda dapat menggunakan sabun khusus agar mencegah jamur tumbuh di mobil kesayangan Anda.

2. Periksa Wiper dan Kaca Mobil

Wiper memiliki peran penting saat Anda sedang berkendara dan tiba-tiba hujan turun. Wiper memiliki fungsi untuk menyapu air yang berada di kaca mobil Anda sehingga pandangan saat berkendara terlihat jelas.

Memastikan wiper dalam kondisi baik sangat penting untuk menjaga pandagan Anda saat berkendara dan menghindari air yang menempel pada kaca depan.

Selain memastikan wiper berfungsi dengan baik, Anda dapat merawat kaca mobil Anda setelah terkena air hujan dengan membersihkan menggunakan sabun khusus.

BACA JUGA: Jangan Biarkan Air Wiper di Mobil Anda Habis, Berikut Cara Mengisi Air Wiper Mobil!

3. Periksa Kondisi Mesin

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa secara rutin kondisi mesin mobil Anda. Saat musim hujan, air hujan dapat masuk ke dalam komponen-komponen yang ada di mesin mobil sehingga dapat mengganggu kinerja mesin. 

Air yang masuk ke dalam komponen mesin, dikhawatirkan dapat membuat mobil mogok ataupun kerusakan lainnya. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa komponen penting seperti busi, saringan udara, kelistrikan dan altenator dengan memastikan bahwa komponen tersebut dalam keadaan kering saat berkendara setelah hujan.

4. Periksa Ban Mobil

Ban memiliki peran penting saat kondisi hujan. Ban yang dalam keadaan baik pasti dapat melewati genangan air dengan mudah, sedangkan ban yang sudah 'botak' dapat membuat Anda tergelincir ataupun berbahaya digunakan saat berkendara.

Selain memeriksa ban dalam kondisi baik, Anda perlu memeriksa tekanan angin pada ban supaya dapat bekerja secara optimal. Memastikan ban dalam keadaan baik dan memeriksa kondisi angin dapat membantu Anda saat berkendara di musim hujan.

5. Pastikan Rem dalam Keadaan Baik

Rem mobil akan sangat berguna saat berkendara baik saat hujan maupun tidak hujan. Saat kondisi hujan, performa rem mobil akan menurun sehingga Anda akan kesulitan untuk berkendara.

Dengan kondisi jalan yang basah, Anda perlu mengurangi kecepatan mobil untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti tergelincir maupun susah untuk berhenti.

Anda dapat memeriksa kondisi rem sebelum ingin berkendara. Minimal Anda memastikan takaran minyak rem di dalam tabungnya tidak berkurang.

BACA JUGA: Pilihan Mobil LCGC Murah Untuk Taksi Online Dari Harga Rp 50 Jutaan

Demikian beberapa tips yang kamu ikuti untuk menjaga kondisi mobil baik saat musim hujan. Pastikan Anda memeriksa dengan baik dan lakukan untuk menghindari kerusakan pada mobil Anda.