Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Agar Tetap Prima Terbaru 2022

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Agar Tetap Prima
Ruangojol.com - Tips merawat motor saat musim hujan perlu Anda ketahui sebagai pemilik kendaraan. Hal ini membantu Anda untuk merawat sepeda motor kesayangan Anda supaya tidak mudah cepat rusak dan tentunya sepeda motor akan nyaman dikendarai bila melakukan perawatan yang tepat.

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Agar Tetap Prima

Musim hujan memang sangat meresahkan bagi setiap pengendara. Pengendara motor harus berhati-hati dan lebih waspada saat berkendara di musim hujan. Selain berkendara dengan hati-hati, Anda juga perlu melakukan perawatan supaya motor Anda tetap prima saat berkendara di musim hujan.

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk merawat motor kesayangan Anda di waktu musim hujan. Berikut tips merawat motor saat musim hujan supaya motor tetap prima.

BACA JUGA

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan

Merawat motor saat musim hujan merupakan upaya untuk motor kesayangan Anda tetap prima dan nyaman saat dikendarai. Berikut tips merawat motor saat musim hujan:

1. Memanaskan Mesin

Saat ingin berpergian menggunakan motor, baiknya Anda memanaskan mesin terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya motor tetap dalam kondisi prima dan siap untuk dikendarai. 

Memanaskan motor ini berguna supaya oli pada mesin telah terlumasi secara menyeluruh sehingga motor siap untuk dikendarai.

2. Mengecek Tekanan Ban

Sebelum melakukan perjalanan, Anda perlu mengecek tekanan ban motor. Pastikan tekanan ban harus cukup supaya terhindar ban mudah bocor dan licin saat dikendarai. 

Tekanan ban yang cukup dapat membantu Anda melintasi jalan-jalan yang tergenangi air.

3. Periksa Oli

Ketika berkendara di musim hujan dan melewati genangan air atau banjir, segeralah periksa oli motor Anda setelah sampa rumah. Bila ada perubahan warna pada oli, sebaiknya Anda untuk melakukan ganti oli supaya mesin Anda tidak tercampur dengan cairan lain dan dapat merusak motor kesayangan Anda.

4. Cek Filter Udara dan Knalpot

Pastikan filter udara selalu kering supaya motor Anda dalam kondisi prima saat dikendarai di musim hujan.

Periksalah knalpot Anda setelah berkendara saat hujan. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menempel di bagian dalam atau leher knalpot. Menjaga knalpot tetap bersih ini dapat membantu pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan baik.

5. Periksa Kanvas Rem

Pada umumnya, kanvas rem terbuat dari bahan asbes, sehingga dapat membuat kanvas mengeras setelah terkena air. 

Supaya tidak mengeras, Anda dapat menginjak atau menekan pedal rem secara berulang supaya kanvas rem tetap kering.

6. Waspada Saat Berkendara

Berkendara di musim hujan memang sangat berbahaya. Anda perlu waspada dan berhati-hati dengan jalan yang licin dan lubang pada jalan. 

Dengan waspada Anda dapat mengurangi benturan yang terjadi bila terkena lubang.

7. Rutin Mencuci Motor

Sering mencuci motor saat musim hujan bisa membantu Anda menghilangkan kotoran yang menempel. Selain itu, zat asam dari air hujan dapat membuat karat muncul pada motor kesayangan Anda. Karena itu, segeralah mencuci motor setelah bila motor terkena air hujan.


Itulah beberapa tips merawat motor saat musim hujan yang bisa Anda lakukan untuk motor kesayangan Anda. Pastikan motor tetap terawat di meskipun di musim hujan supaya motor tetap prima untuk dikendarai.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain