Tips Berkendara Saat Hujan Untuk Pengendara Sepeda Motor

Ruangojol.com - Memasuki musim hujan, pengendara sepeda motor harus sangat hati-hati saat berkendara. Berkendara dalam kondisi hujan merupakan suatu tantangan, karena pengendara harus berhadapan dengan jalan yang licin, dipenuhi genangan air, tergganggunya pandangan serta bahaya lainnya.


Adapun beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi jika akan turun hujan. Persiapan yang baik dapat membantu Anda berkendara saat hujan turun. 

BACA JUGA

Dilansir dari Astra Motor, berikut tips berkendara saat hujan untk pengendara sepeda motor.

1. Menggunakan Jas Hujan Mode Single

Saat berkendara dalam kondisi hujan, sebaiknya Anda menggunakan jas hujan mode single. Hal ini baik karena kebanyakan kasus yang terjadi pengendara yang menggunakan jas hujan mode tandem dapat menyebabkan kecelakaan.

Kecelakaan terjadi karena banyak alasan, seperti lampu tertutup, jas hujan kepanjangan lalu nyangkut di rantai dan lain sebagainya. Menggunakan jas hujan mode single setidaknya dapat menghindari hal-hal tersebut.

Pastikan Anda membawa jas hujan sebelum berpergian guna antisipasi bilan akan hujan saat berkendara.

2. Jangan Rem Mendadak

Saat hujan, kondisi jalan akan lebih licin dari biasanya. Kare itu, Anda perlu berhati-hati saat melakukan pengereman di tengah hujan. 

Apalagi mengingat jalan di Indonesia tidak semuanya mulus. Masih ada beberapa jalan berlubang dan bergelombang yang mengganggu perjalanan. Karena itu, Anda perlu berkendara dengan menjaga jarak dan hindari rem mendadak guna menghindari kecelakaan.

3. Nyalakan Lampu Kendaraan saat Hujan

Menyalakan lampu memang sudah menjadi peraturan wajib di Indonesia baik itu malam hari dan siang hari. Namun, Anda perlu pastikan kembali bahwa lampu pada motor Anda berfungsi dengan baik.

Pada saat hujan turun, membuat jarang pandang berkendara mengecil, jadi lampu dapat membantu Anda sebagai penglihatan orang lain maupun Anda bahwa ada kendaraan lain yang melintas baik itu satu arah maupun dari lawan arah.

Dengan menyalakan lampu saat hujan turun dapat mengurangi risika kecelakaan saat berkendara.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Filter Udara Motor Sendiri di Rumah

4. Berhenti Jika Keadaan Memburuk

Saat berkendara dalam keadaan hujan lebat ataupun merasa kendaraan Anda memiliki masalah, sebaiknya berhenti dan menepi terlebih dahulu. Hindari jalan yang banjir dan lebih baik berhenti daripada harus menerobos yang dapat membahayakan diri dan membuat kendaraan Anda rusak.

Selain kendaraan, Anda perlu juga memperhatikan kondisi tubuh Anda. Hujan yang lebat dapat membuat kondisi tubuh Anda menurun dan dapat menyebabkan sakit. Sehingga, bila terjadi hujan lebat ataupun masalah pada motor Anda maka lebih baik berhenti terlebih dahulu dan menunggu hujan reda untuk melanjutkan perjalanan.

5. Waspada saat Berkendara

Berkendara dengan waspada saat hujan dapat mengurangi risiko kecelakaan. Kondisi hujan yang membuat pandangan berkurang memang sangat membahayakan. Kewaspadaan dapat Anda lakukan dengan memperhatikan jalan, memahami rambu lalu lintas hingga berkendara dengan hati-hati.

Dengan lebih waspada dapat meminimalisir risiko kecelakaan dan selamat saat berkendara. 

BACA JUGA: Tips Perawatan Ekstra Pada Mobil Saat Memasuki Musim Hujan

Berkendara baik dalam kondisi hujan ataupun tidak tetap harus berhati-hati. Berkendalah dengan bijak sehingga semua pengendara aman. Begitulah tips yang bisa Anda ikuti untuk berkendara saat hujan.