Tips Memilih Shockbreaker Motor Yang Perlu Anda Ketahui Terbaru 2022

Ruangojol.com - Tips memilih shockbreaker motor perlu Anda ketahui bagi pemilik kendaraan. Karena, hal ini bisa Anda lakukan untuk membuat motor kesayangan Anda lebih nyaman serta memiliki penampilan yang menarik.

Tips Memilih Shockbreaker Motor Yang Perlu Anda Ketahui!

Sebagai pemilik kendaraan tentunya akan berusaha membuat kendaraan yang dimiliki lebih nyaman. Mengganti shockbreaker bisa menjadi pilihan Anda untuk membuat kendaraan memiliki kualitas tunggangan yang lebih.

Ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum membeli shockbreaker untuk kendaraan Anda. Shockbreaker yang beredar saat ini banyak yang tidak original sehingga sangat membahayakan nantinya bila digunakan di kendaran Anda. 

BACA JUGA
Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips memilih shockbreaker motor sehingga Anda tidak mendapatkan barang yang tidak sesuai maupun tidak layak pakai. 

Tips Memilih Shockbreaker Motor

Untuk kalian yang ingin mengganti shockbreaker motor supaya lebih nyaman dan memiliki penampilan menarik. Perlu mengetahui dulu tips memilih shockbreaker motor terbaik biar tidak salah beli nantinya. 

1. Perhatikan Kode Shockbreaker

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat ingin membeli shockbreaker adalah dengan memperhatikan kode yang tercantum pada produk shockbreaker tersebut. Anda dapat memeriksa kode yang tercantum pada dus atau serial number yang ada pada shockbreaker. Dengan membaca kode pada shockbreaker, Anda dapat mengetahui barang tersebut baru atau bekas.

Biasanya serial number yang tercantum pada shockbreaker telah dibuat menggunakan teknologi tinggi, seperti di laser. Karena itu, Anda perlu perhatikan kode dengan baik jangan sampai serial number yang ada di shockbreaker memiliki kerusakan. 

Jika Anda menemukan bagian kode tidak rata ataupun tertumpuk dengan cat yang berbeda, Anda perlu curiga. Hal itu besar kemungkinan barang bekas sehingga tidak terjamin dalam kualitas pemakaiannya.

2. Periksa Kondisi Shockbreaker

Selanjutnya, Anda dapat memeriksa kondisi terhadap shockbreaker secara keseluruhan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kondisinya benar-benar bagus dan berkualitas. 

Pemeriksaan kondisi shockbreaker ini wajib Anda lakukan sebelum membeli shockbreaker tersebut. Karena bisa saja ada cacat fisik atau beberapa komponen yang kurang sehingga sangat berbahaya bila dipasangkan di kendaraan Anda.

Untuk shockbreaker kondisi baru akan selalu terlihat mengkilap sebelum digunakan, namun Anda perlu teliti karena bisa saja penjual melakukan manipulasi terhadap shockbreaker tersebut.

Jangan sampai Anda tidak memeriksa kondisi shockbreaker yang hendak di beli, karena bisa saja Anda tertipu dan mendapatkan shockbreaker bekas.

3. Periksa Anting Shockbreaker

Memeriksa keadaan antikng yang berada di bagian bawah atau atas shockbreaker perlu Anda perhatikan sebelum membeli shockbreaker tersebut. Shockbreaker baru akan memiliki bagian antingnya terlihat mulus dan mengkilap.

Berbeda dengan shockbreaker bekas, barang tersebut akan ada cat yang terkelupas atau bahkan dempul pada bagian ini karena bekas pemakaian. Selain itu, shockbreaker bekas bisa saja antingnya sudah tidak sesuai seperti semestinya. Sehingga memeriksa anting shockbreaker sangat penting Anda lakukan.

4. Menyesuaikan Tipe

Tips selanjutnya adalah Anda perlu menyesuaikan tip dari shockbreaker itu sendiri dengan kendaraan Anda. Jangan sampai Anda telah memilih namun tidak cocok dengan kendaraan Anda. 

Adapun cara untuk mengetahui shockbreaker tersebut sesuai dengan kendaraan Anda dengan cara menarik shockbreaker dari posisi awal hingga menjadi sedikit lebih panjang. Bila sudah, perhatikan apakah shockbreaker tersebut kembali ke bentuk awal atau rebound melalui waktu yang cukup lamat atau cepat.

Jika lambat, maka dipastikan shockbreaker berjenis double action, sedangkan kalau keadaannya kembali dengan cepat, itu merupakan shockbreaker jenis single action. 

Jangan sampai Anda membeli shockbreaker yang tersendat-sendat saat di coba untuk mengetahui jenisnya.

5. Sesuaikan Harga

Terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menyesuaikan harga dengan shockbreaker yang ingin dibeli. 

Ada beberapa macam jenis shockbreaker yang bisa Anda pilih sebagai konsumen. Semakin mahal barangnya, tentu lebih bagus untuk penampilan, kualitas, serta ketahanannya dibanding yang biasa.


Pastikan kembali Anda telah mengikuti tips memilih shockbreaker motor di atas untuk terhindar pembelian shockbreaker yang palsu dan tidak layak pakai. Jangan sampai salah beli yah!