Berikut Waktu yang Tepat Ganti Busi Motor dan Kenali Gejalanya Terbaru 2022

Ruangojol.com - Busi motor merupakan salah satu part yang penting dari kendaraan bermotor. Tanpa adanya busi, mesin motor Anda tidak dapat dinyalakan. 


Pada umumnya, busi motor merupakan part yang pemakaiannya tidak bisa bertahan lama, dan perlu dipantau secara berkala untuk mengganti busi yang baru.

Pergantian busi bisa Anda lakukan setiap motor Anda memasuki jarak tempuh sekitar 6.000 Km. Untuk lebih mudahnya, yaitu pergantian dapat dilakukan setiap dua kali mengganti oli motor.


Namun, ada beberapa kendala yang dialami oleh motor bila sudah waktunya untuk mengganti busi. Berikut ciri-ciri busi motor yang perlu Anda ganti:

1. Motor Sulit Dinyalakan

Ciri yang pertama busi motor harus diganti yaitu ketika mesin motor sulit untuk dinyalakan, baik menggunakan electric starter maupun kick starter. 

Hal ini terjadi karena busi motor yang sudah tidak mampu memberikan percikan api yang cukup di ruang bakar.

2. Motor Sering Tiba-tiba Mati saat di Perjalanan

Gejala ini terjadi karena adanya missed fire atau kekurangan percikan api dalam ruang bakar alian silinder. Penyebabnya adalah busi sudah tidak dapat bekerja dengan baik.

Biasanya, hal ini terjadi ketika berkendara di tengah kemacetan atau di lampu merah tiba-tiba motor akan mati dan perlu dinyakan kembali.

BACA JUGA

3. Ada Surging

Surging merupakan pasokan udara di dalam ruang bakar terlalu besar. Udara yang terlalu banyak dapat menyebabkan busi cepat kotor.

Pada kasus ini, biasanya terjadi karena proses pembakaran yang tidak selesai di ruang bakar.

4. Akselerasi Motor Tidak Maksimal

Disaat akselarasi motor sudah tidak maksimal ketika digunakan, hal ini bisa saja bahwa busi motor sudah mulai bermasalah. 

Hal yang terjadi adalah tarikan motor tidak akan responsif saat digas sehingga akselarasinya tidak menjadi maksimal.

5. Dengarkan Suara Mesin Saat Dinyalakan

Suara mesin saat stasioner, biasanya akan terdengar halus dan konstan. Namun, jika suara mesin motor terdengar kasar dan terasa ada getaran bisa saja karena busi motor yang sudah minta diganti.


Pergantian busi motor memang perlu dilakukan untuk menghindari komponen pada motor Anda yang lainnya rusak. Gantilah busi yang sesuai dengan jenis kendaraan motor Anda supaya busi dapat berfungsi secara maksimal.