Tips Berkendara Saat Melewati Tanjakan dan Macet Terbaru 2022

Ruangojol.comMengenderai mobil saat tanjakan dan macet memang bikin keringat dingin. Mengemudi di jakan tanjakan lebih sulit harus terampil menguasai kendaraannya supaya tidak terjadi mobil tiba-tiba mundur atau mobil tiba-tiba mati terlebih mobil tersebut bertranmisi manual. Sebab itu, ada beberapa tips mengemudi mobil di tanjakan supaya tidak membahayakan si pengemudi dan pengendara lainnya.


Jika sedang melewati tanjakan dan macet, Anda perlu konsentrasi lebih untuk menguasai medan tersebut karena harus fokus pada penggunaan kopling, gas, dan rem. Bila tidak menguasainya bisa aja mobil akan mundur dan menabrak mobil di belakangnya. Untuk Anda yang ingin melewati medan susah tersebut tak perlu khawatir, Anda hanya perlu memahami tips berkendara saat melewati tanjakan dan macet yang pastinya perlu adanya latihan. Berikut cara mengemudi di tanjakan, simak tipsnya di bawah ini:

1. Menggunakan Gigi Satu atau Dua

Tips yang utama tentunya Anda perlu menggunakan gigi satu atau dua saat akan melakukan tanjakan. Cara tersebut sebarnya cara yang paling aman dari pada harus menginjak setengah kopling saat ingin melewati jalan tanjakan. Menginjak kopling setengah dapat menyebabkan kopling cepat aus.

Menggunakan gigi satu bisa Anda lakukan bila memang kondisi tanjakan curam, namun Anda dapat menggunakan gigi dua bila tanjakan rendah. 

2. Menggunakan Rem Tangan

Pada saat tanjakan dan kondisi macet, Anda dapat menggunakan rem tangan untuk memberhentikan kendaraan Anda. Jangan membiasakan menginjak setengah kopling, karena dapat membahayakan dan dapat merusakan performa mesin kendaraan Anda.

Ketikan melewati tanjakan curam, Anda tinggal menarik tuas rem tangan supaya mobil tidak mundur. Lalu setelah ingin melanjutkan jalan, Anda dapat melepas rem tangannya secara perlahan dan sembari melepas kopling dengan kaki lainnya bersiap untuk menginjak pedal gas agar mobil dapat melaju.

3. Menginjak Rem Kaki di Tanjakan yang Landai

Cara ini berlaku untuk tanjakan yang landai dan tidak curam. Penggunaan rem kaki bisa dilakukan seperti dalam kondisi berkendara saat macet. 

Injaklah pedal rem saat hendak berhenti secara perlahan dengan menyesuaikan mobil di depannya. Kemudian, pindahkan tuas persneling ke posisi N. Lalu, bila hendak berjalan, lepas pedal rem secara perlahan sambil melepas kopling dan mobil akan melaju secara perlahan. Anda bisa latihan terlebih dahulu untuk cara ini supaya tidak terjadi kesalahan seperti mobil tiba-tiba mati.

BACA JUGA

4. Gunakan Kopling dan Pedal Rem

Menggunakan kopling sekaligus pedal rem dapat membantu Anda untuk berhenti di tanjakan dan tidak mundur. Secara otomatis mobil akan berhenti dalam keadaan mesin masih menyala dan pastikan Anda menggunakan gigi satu.

Jika ingin mobil kembali melaju, maka injak saja pedal gas hingga 2.000 RPM dan lakukan secara bersamaan. Angkat kaki kiri untuk menginjak kopling dan pedal rem dalam posisi setengah. Bila hendak berhenti kembali, Anda dapat menekan kopling untuk memberhentikan kendaraan.

5. Jaga Jarak untuk Kendaraan Lain

Syarat berkendara dengan baik tentunya harus menjaga jarak dengan pengendara lain. Saat berkendara, jarak antar kendaraan harus di perhatikan supaya tidak terlalu dekat dan jauh. 

Hal ini untuk mengantisipasi bila pengendara di depan Anda atau Anda sendiri ternyata memiliki masalah pada mobil yang dikendarai. Dengan menjaga jarak Anda setidaknya dapat mudah menyalip bila mobil di depan Anda mogok.

6. Perhatikan Tingkat Kemiringan Tanjakan

Memperhatikan tingkat kemiringan bertujuan supaya Anda dapat memprediksi gigi berapa yang akan digunakan. Gigi satu atau dua adalah hal yang memungkinkan untuk melewati tanjakan.

Memastikan gigi yang dipakai membantu Anda supaya mobil tidak mati mendadak karena tidak kuat menanjak. Bila suara mesin terdengar kasar, hal tersebut wajar karena mobil sedang dalam kondisi menanjak.

7. Kuasai Teknik Menyetir sesuai Mobil yang Digunakan

Tips mengemudi saat tanjakan adalah menguasai jenis mobil yang sedang digunakan. Hal ini untuk mengetahui bagaimana kondisi mobil tersebut dapat melewati tanjakan atau tidak.

Bila Anda menguasai mobil yang digunakan, pastikan Anda melakukan penguasaan menyetir yang baik supaya dapat mudah melintasi tanjakan.


Tips berkendara mobil saat kondisi tanjakan dan macet dapat membantu Anda mengetahui bagaimana menaklukan tanjakan dengan mudah. Dengan mengetahui tips di atas dan latihan, Anda bisa saja sangat mudah melewati tanjakan. Namun, perlu diingat Anda tetap harus berhati-hati saat berkendara!