Tips Berkendara Supaya Mobil Irit Bahan Bakar Terbaru 2022

tips berkendara hemat bahan bakar
Ruangojol.com - Memiliki kendaraan yang irit atau hemat bahan bakar memang merupakan impian bagi pengguna kendaraan. Pemilik kendaraan akan mencari cara bagaimana mobil yang dimiliki irit Bahan Bakar Minyak (BBM). Selain karena harga BBM yang semakin mahal, ketersediaan bahan bakar pun di Indonesia berkurang karena penggunaannya yang saat ini berlebihan sehingga kita perlu menghematnya.

tips-berkendara-supaya-mobil-irit-bahan-bakar

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat mobil Anda jadi irit lho. Dengan mengikuti cara pada artikel kali ini, Anda setidaknya dapat mengurangi pengeluaran untuk pembelian BBM. Penasaran bagaimana caranya? Berikut cara tips dan trik supaya mobil Anda irit!

BACA JUGA

1. Mengikuti Batas Kecepatan Kendaraan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat mobil irit adalah mengikuti batas kecepatan. Berkendara dengan mengikuti batas kecepatan dapat membantu Anda untuk terhindar dari pemakaian bahan bakar yang berlebihan.

Kendaraan yang melebihi batas kecepatan tentunya akan membuat bahan bakar menjadi boros. Dengan mengikuti batas kecepatan seperti 60-80 km perjam akan membuat bahan bakar jadi lebih irit.

2. Menjaga Putaran Mesin

Berkendara dengan putaran mesin yang rendah dapat membuat kendaraan Anda hemat bahan bakar tentunya. 

Putaran mesin yang rendah akan membuat kendaraan lebih irit bahan bakarnya, bila dibandingkan dengan cara kerja mesin yang berputar secara tinggi atau RPM di atas 2.000. Supaya mobil Anda irit BBM, usahakan mengatur putaran mesin secara ideal supaya tidak menyedot bahan bakar berlebihan.

3. Menggunakan Transmisi yang Tepat

Berkendara dengan transmisi yang tepat akan membuat konsumsi BBM tidak berlebih. Gunakanlah gigi yang tepat, seperti posisi S atau L pada transmisi matic ketika hendak menanjak atau gigi 1 atau 2 pada mobil transmisi manual.

Menggunakan gigi yang tidak sesuai seperti gigi rendah secara terus-menerus atau dengan gigi tinggi saat hendak jalanan berbukit membuat konsumsi BBM terbuang secara percuma.

4. Memaksimalkan Engine Brake 

Cara lain untuk menghemat bahan bakar selanjutnya adalah memaksimalkan Engine Brake saat hendak mengurangi kecepatan saat berkendara.

Cara ini akan menuntut pemilik kendaraan mengetahui medan yang akan dilalui dan merencanakan kapan waktu terbaik untuk memperlambat kecepatan mesin. Hal ini berguna untuk mengurangi penggunaan rem yang digunakan secara mendadak sehingga tidak mengeluarkan tenaga lebih pada mesin.

5. Menjaga Kecepatan Kendaraan

Mengatur kecepatan kendaraan bisa Anda lakukan dengan berlatih terlebih dahulu supaya berkendaranya tidak secara konstan semisal menginjak pedal gas tiba-tiba hingga penuh. 

Mengatur gas secara bertahap menjadi solusi untuk mendapatkan akselerasi yang diinginkan sehingga tidak terbuang BBM secara cuma-cuma.


Berkendara secara hati-hati dan tidak ugal-ugalan dapat membantu Anda untuk membuat kendaraan menjadi irit. Selain mengikuti tips dan trik supaya mobil Anda irit, Anda perlu melakukan servis kendaraan secara rutin supaya pembakaran bahan bakar pada mesin tidak berlebihan.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain