Cara Mengganti Minyak Rem Mobil Sendiri dengan Mudah

Ruangojol.com - Cara mengganti minyak rem mobil perlu Anda ketehaui sebagai pemilik kendaraan. Hal itu diperlukan untuk mengantisipasi kerusakan pada sistem pengereman. 


Sistem pengereman menjadi salah satu faktor keselamatan yang wajib bekerja secara sempurna bagi setiap mobil. Karena, bila tidak bekerja dengan baik dapat membahayakan pengendara di jalan. 

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada saat berkendara, Anda dapat melakukan mengecek sistem pengereman. Salah satunya adalah minyak rem mobil. Semua permasalahan pada sistem pengereman dapat bersumber dari kurangnya minyak rem mobil.

BACA JUGA
Dilansir dari laman Auto2000, berikut cara mengganti minyak rem mobil yang bisa Anda lakukan sendiri. Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengganti Minyak Rem Mobil

Pada umumnya, mengganti minyak rem mobil harus dilakukan setiap 2 tahun sekali atau ketika jarak tempuh mencapai angka 20.000km. Cara mengganti minyak rem mobil bisa Anda ikuti dengan mudah bila memang ingin melakukannya sendiri. Berikut caranya:
  1. Pertama, Anda perlu memarkirkan kendaraan di tempat yang aman serta di permukaan yang rata. Pastikan posisi parkir telah sesuai untuk tidak menyulitkan dalam proses pergantian minyak rem.
  2. Setelah parkir, Anda dapat memulai dengan mengendurkan semua baut roda lalu angkat mobil menggunakan dongkrak. Mengganjal menggunakan jack stand untuk lebih aman.
  3. Lepas seluruh baut roda hingga copot lalu letakan di bawah kolong mobil.
  4. Bila sudah terlepas, carilah penutup reservoir penampung minyak rem lalu Anda buka. Letaknya berada di depan booster rem.
  5. Selanjutnya, Anda dapat memasukan kunci ring dan selang ke nepel brake yang ada di kaliper rem. Kemudian, hubungkan dengan penadah yang ada di bawahnya.
  6. Putarlah nepel brake menggunakan kunci ring lalu tunggu hingga minyak rem akan keluar.
  7. Untuk mempercepat proses pengurasan minya, Anda dapat menginjak pedal rem berkali-kali. Cara ini akan membuat minyak rem lebih cepat keluar. Pastikan Anda memantau jumlah minyak rem di plastik.
  8. Pastikan Anda tidak menguras minyak rem yang berada di dalam reservois hingga habis. Hal itu untuk menghindari masuknya angin ke bagian dalam sistem pengereman.
  9. Selanjutnyam Anda dapat menambahkan minyak rem ke dalam reservoir dan lakukan penginjakan pedal rem lagi.
  10. Pada saat penambahan minyak rem, Anda perlu memperhatikan warna minyak rem yang ada di dalam selang. Jika sudah berwarna cerah, maka minyak rem telah terganti oleh yang baru.
  11. Jika sudah, segera tutup nepel brake menggunakan kunci ring yang masih menempel.
  12. Pasanglah keempat roda dan kencangkan baut dengan baik.
  13. Jika pada proses pergantian minyak rem terdapat minyak yang mengenai bodi mobil, segeralah membersihkannya supaya tidak merusak cat mobil Anda.

Cara mengganti minyak rem mobil memang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, sebaiknya Anda mengganti minyak rem mobil di bengkel. Karena, jika terjadi kesalahan dalam mengganti minyak rem dapat membahayakan Anda.