Rantai Motor Sering Berbunyi? Yuk Ketahui Penyebabnya

Rantai Motor Sering Berbunyi? Yuk Ketahui Penyebabnya
Ruangojol.com - Jarang diperhatikan, rupanya rantai pada sepeda motor memiliki fungsi yang cukup penting. Rantai motor memiliki kegunaan untuk meneruskan putaran mesin dalam menggerakan roda bagian belakang motor. Sehingga, jika tidak ada rantai maka motor Anda tentu tidak dapat bergerak maju.

Pentingnya fungsi dari rantai motor tersebut mengakibatkan seperangkat gear set yang terdiri dari gir dan rantai perlu untuk diperhatikan serta dilakukan pengecekan secara berkala.

Perawatan yang memadai terhadap gir dan rantai motor tentu diperlukan oleh Anda sebagai pengguna kendaraan yang baik. Jika tidak diberlakukan perawatan terhadap kedua hal tersebut maka gir dan rantai motor Anda akan mengalami aus dan dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan.

Rantai Motor Sering Berbunyi? Yuk Ketahui Penyebabnya

Masalah pada rantai motor yang sering Anda jumpai pastinya adalah rantai motor yang berbunyi ketika Anda sedang berkendara. Jangan anggap sepele, nyatanya suara yang keluar dari rantai motor seringkali  membuat Anda tidak nyaman dan merasa takut jika rantai akan putus.

BACA JUGA
Nah, oleh sebab itu kami akan membahas tiga kemungkinan yang dapat menjadi penyebab adanya suara pada rantai motor Anda.

1. Rantai dan Gir Motor yang Aus

Rupanya rantai dan gir motor yang aus dapat menjadi faktor terjadinya bunyi saat Anda berkendara. Pada dasarnya, gear set harus diganti minimal setiap satu tahun sekali. 

Jika Anda jarang menggunakan sepeda motor, mungkin tak akan menjadi masalah jika Anda tidak mengganti rantai dan gir dalam satu tahun.

2. Rantai yang Kering

Selain rantai dan gir motor yang aus, rantai yang kering juga dapat menjadi penyebab lain jika rantai motor Anda berbunyi. 

Jika hal tersebut terjadi pada kendaraan motor Anda, maka yang perlu dilakukan adalah mengolesi rantai dan gir dengan pelumas khusus rantai motor. 


Hindari menggunakan oli bekas, sebab hal tersebut akan membuat rantai motor kotor serta menimbulkan kerusakan jika digunakan dalam jangka panjang

3. Rantai Motor yang Kendur atau Terlalu Kencang

Kemungkinan terakhir bunyinya rantai pada kendaraan motor Anda adalah keadaan rantai motor yang kendur atau justru terlalu kencang. 

Salah satu penyebab kendurnya rantai pada rantai motor Anda adalah kondisi jalanan yang berlubang, membawa barang bawaan dengan beban yang berlebihan, serta kebut-kebutan.


Demikian tiga kemungkinan yang menyebabkan rantai pada motor Anda berbunyi. Sebagai pengendara yang baik, tentunya Anda perlu melakukan perawatan serta pengecekan secara berkala khususnya terhadap kondisi rantai pada motor Anda. Hal tersebut diperlukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan serta dampak buruk lainnya.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain