Tips Merawat Motor Injeksi Supaya Tetap Prima dan Nyaman Dikendarai

Ruangojol.com - Merawat sepeda motor injeksi merupakan hal yang perlu Anda lakukan. Sebagai pemilik kendaraan tentunya Anda tidak ingin sepeda motor kesayangannya bermasalah. 

Motor injeksi yang jarang melakukan perawatan pasti akan mengalami beberapa masalah. Tanpa adanya perawatan pada motor injeksi, tentu performa motor akan turun secara drastis dan tidak nyaman untuk dikendarai.

Seiringan dengan berkembangnya teknologi dalam produksi sepeda motor, maka tak hanya desainnya saja yang berubah, namun mesin pembakaran pun mengalami perubahan seperti menggunakan teknologi injeksi.

Tips Merawat Motor Injeksi Supaya Tetap Prima dan Nyaman Dikendarai

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan beberapa tips merawat motor injeksi supaya motor tetap prima dan nyaman di kendarai.

Tips Merawat Motor Injeksi

Berbeda dengan motor biasa dalam perawatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat motor injeksi. 

Bagi Anda pemilik kendaraan motor injeksi tak perlu khawatir, berikut tips merawat motor injeksi supaya motor tetap prima dan nyaman dikendarai.

1. Menggunakan Bahan Bakar yang Beroktan Tinggi

Semua jenis motor pasti memerlukan bahan bakar kecuali motor listrik. Adapun pemilihan bahan bakar yang tepat untuk motor injeksi adalah bahan bakar dengan oktan 90 ke atas.

Bahan bakar beroktan tinggi berfungsi untuk menyempurnakan pembakaran di dalam mesin motor, sehingga mesin dapat bekerja secara sempurna. 

Disarankan untuk Anda tidak menggunakan bahan bakar beroktan rendah, hal tersebut dikarenakan pembakaran yang terjadi di ruang mesin tidak akan maksimal.

2. Memeriksa Kondisi Electronic Control Unit (ECU)

Electronic Control Unit (ECU) merupakan komponen yang perlu sering diperiksa kondisinya.

ECU sendiri merupakan pusat pengaturan pengoperasian sistem pada injeksi motor. 

Perlu diketahui, ECU inilah yang bertugas menentukan takaran bahan bakar yang disemprotkan. Jadi misalkan ECU ini bermasalah maka motor Anda akan mogok.

BACA JUGA

3. Mengganti Oli Motor Secara Teratur

Mengganti oli motor merupakan hal yang wajib di lakukan. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya penyusutan oli pada mesin ataupun oli yang sudah mengental.

Adapun waktu untuk pergantian oli biasa dilakukan setiap motor sudah menempuh jakar 1.000 km, atau selama dua bulan sekali.

Mengganti oli pun tidak boleh sembarangan. Anda disarankan untuk mengganti oli motor yang sesuai dengan jenis kendaraan Anda.

4. Memeriksa Kondisi Aki dan Busi

Selain mengganti oli, Anda perlu memeriksa kondisi aki dan busi motor. Hal tersebut dikarenakan motor injeksi sangat bergantung pada aki dan busi. 

Aki sendiri bertugas untuk menghidupkan mesin pembakaran, sedangkan busi berperan untuk memulai proses pembakaran pada mesin.

Karena itu, Anda perlu memeriksa kedua komponen tersebut jangan sampai ada kerusakan supaya motor Anda tidak mogok.

5. Melakukan Servis Motor secara Berkala

Sama seperti jenis motor lainnya, motor injeksi juga perlu melakukan servis secara berkala.

Dengan melakukan servis berkala di bengkel, Anda akan mengetahui permasalahan apa saja yang ada dan pihak bengkel pun akan mengatasinya.

Servis berkala ini biasanya dilakukan setiap 3 bulan sekali atau setiap motor sudah menempuhi jarak km tertentu.

Pastikan Anda melakukan servis motor di bengkel resmi supaya bila ada pergantian part dapat menggunakan yang original.


Nah itu dia beberapa tips merawat motor injeksi supaya tetap prima dan nyaman dikendarai. Setelah membaca artikel ini, pastikan Anda merawat motor injeksi kesayangan supaya tidak cepat rusak.