Begini Tips Mencuci Motor di Rumah Dengan Mudah dan Bersih!

Begini Tips Mencuci Motor di Rumah Dengan Mudah
Ruangojol.com - Mencuci motor merupakan salah satu bentuk perawatan yang dilakukan untuk motor kesayangan Anda. Kondisi motor yang kotor dapat menyebabkan beberapa komponen pada motor akan cepat rusak seperti rantai motor, kampas rem, dan permasalahan lainnya.

Kondisi motor yang bersih akan membuat penampilan motor menjadi lebih segar dan sebagai pengendara dapat merasa nyaman saat mengenderai motor kesayangannya. 

Karena itu, pentingnya mencuci motor supaya noda dan kotoran yang menempel tidak berkerak. Kotoran yang sudah berkerak nantinya akan susah untuk dibersihkan dan akan menimbulkan baret pada bodi motor.

Begini Tips Mencuci Motor di Rumah Dengan Mudah

Kali ini kami akan membagikan tips mencuci motor sendiri di rumah dengan mudah

Tips Mencuci Motor di Rumah Dengan Mudah

Untuk mencuci motor di rumah, Anda perlu memperhatikan tips di bawah ini supaya Anda dapat mencuci secara maksimal dan motor menjadi bersih kembali. Berikut tips mencuci motor di rumah dengan mudah.

1. Persiapkan Peralatan Cuci Motor

Hal pertama yang perlu Anda lakukan bila ingin mencuci motor di rumah adalah dengan mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. 

Adapun peralatan yang perlu Anda siapkan adalah ember yang berisikan air sabun, spoons halus, dan siapkan air mengalir dari selang atau air di dalam ember untuk membilas.

Disarankan untuk Anda menggunakan shampo khusus motor yang bisa Anda temukan di warung terdekat. Hindari penggunaan detergen pakaian ataupun sabun lainnya yang memiliki zat untuk merusak cat motor Anda.

2. Siapkan Waktu yang Sesuai Untuk Mencuci Motor

Mencuci motor harus teliti supaya motor bersih secara keseluruhan. Karena itu, Anda perlu mempersiapkan waktu yang sesuai untuk mencuci motor

Namun, waktu yang tepat untuk mencuci motor yaitu jangan saat konidisi cuaca sedang panas. Karena cuaca yang panas dapat membuat sabun yang dibasuh cepat kering dan dapat menimbulkan jamur pada body motor Anda.

Dengan mempersiapkan waktu yang sesuai, pengerjaan mencuci motor menjadi tenang dan tidak terburu-terburu. Dengan pekerjaan yang teliti, tentunya motor dapat bersih secara menyeluruh.

3. Mulai Mencuci Motor

Selanjutnya adalah Anda dapat mencuci motor kesayangan Anda. Proses mencuci motor diawali dengan membasahi seluruh bagian motor dengan air bersih.

Setelah itu, Anda perlu menyabuni keseluruh bagian motor. Pastikan Anda membersihkan bagian bawah motor terlebih dahulu, karena bagian bawah merupakan bagian yang paling rentan kotor.

BACA JUGA

4. Bersihkan Bagian Area Mesin

Tidak lupa untuk Anda membersihkan area mesin. Pada proses mencuci bagian mesin, Anda perlu berhati-hati. 

Jangan sampai cairan shampo yang digunakan masuk ke dalam mesin. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dan teliti supaya bersih maksimal.

5. Membersihkan Bagian Atas Motor

Setelah mencuci bagian bawah dan area mesin, saatnya Anda mencuci ke bagian atas motor. 

Pastikan Anda usap secara merata bagian body motor mulai dari spakbor depan hingga bagian belakang sampai merata dengan sabun. 

Bila sudah, bilaslah dengan menggunakan air bersih sehingga tidak ada busa yang menempel pada motor.

6. Lap Motor Menggunakan Kanebo

Setelah membilas motor dengan air bersih, Anda dapat lap motor dengan kanebo secara menyeluruh.

Pada proses ini Anda perlu perhatikan jangan sampai ada air yang tergenang ataupun menempel. Karena bila hal tersebut ada, air yang menempel akan berbekas sehingga tidak enak dipandang.

7. Semir Motor hingga Mengkilap

Bila motor sudah di lap hingga kering, Anda dapat menyemir motor kesayangan Anda dengan semir motor.

Gunakanlah kain kering untuk menyemir secara merata ke seluruh bagian body motor. 


Itu dia tips mencuci motor di rumah dengan mudah. Pastikan motor Anda bersih selalu supaya tidak terjadi kerusakan pada komponen-komponen motor karena kotoran yang menempel.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain