Cara Merawat Rantai Sepeda Motor Secara Maksimal Supaya Tetap Awet Terbaru 2022

Cara Merawat Rantai Sepeda Motor Secara Maksimal Supaya Tetap Awet
Ruangojol.com - Rantai sepeda motor merupakan bagian yang selalu perlu diperhatikan. Karena keberadaannya dapat mempengaruhi kualitas berkendara kita di jalan raya. Selain itu, rantai motor juga bisa dianggap sebagai bagian yang sangat penting untuk kendaraan bermotor.

Cara Merawat Rantai Sepeda Motor Secara Maksimal Supaya Tetap Awet

Rantai sangat berguna bagu pemilik sepeda motor yang bergigi, tanpa adanya rantai, tentu saja motor tersebut tidak dapat berjalan. Permasalahan yang terjadi bagi pemilik kendaraan biasanya rantai putus ketika dikendarai di tengah jalan. Tentu hal tersebut sangat membahayakan. Karena itu, Anda perlu mengetahui cara merawat rantai motor secara maksimal supaya tetap awet.

BACA JUGA

1. Selalu Membersihkan Rantai Motor Secara Rutin

Selain ban, rantai motor perlu Anda bersihkan secara rutin. Hal ini dikarenakan rantai motor merupakan salah satu bagian yang paling mudah kotor. 

Rantai motor bisa saja terkena kotoran seperti debu, pasir, air hingga lumpur saat Anda berkendara. Maka dari itu, Anda perlu mengecek kondisi kebersihan rantai pada motor.

Untuk menghindari terjadi karat dan beberapa masalah pada rantai motor, Anda perlu membersihkan secara rutin bagian rantai yang kotor. Anda bisa menggunakan berbagai macam produk cleaner (pembersih) untuk membantu menghilangkan kotoran dan mengembalikan kinerja rantai motor secara optimal.

2. Gunakan Peluman Khusus

Biasanya, orang-orang menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor miliknya. Hal tersebut tidak dibenarkan, karena oli bekas dapat menimbulkan kerusakan sehingga rantai motor tidak awet. 

Penggunaan oli bekas dapat membuat rantai motor cepat kotor dan mudah rusak. Untuk itu, Anda disarankan menggunakan pelumas yang dikhususkan penggunaannya untuk rantai motor. Anda bisa mendapatkan cairan pelumas ini pada toko atau bengkel otomotif terdekat.

3. Periksa Kondisi Rantai dan Melakukan Penyetelan Secara Rutin

Sebagai pemilik kendaraan, pastikan Anda selalu mengecek kondisi rantai motor sebelum berpergian. Periksa rantai Anda apakah kendur atau masih kencang? Bila kendur, maka Anda bisa melakukan penyetelan ulang.

Rantai yang kendur atau terlalu kencang dapat membahayakan Anda dan pengendara motor yang lain. Sebab, rantai yang kendur atau yang kencang bisa saja menyebabkan rantai putus atau tersangkut. Karena itu, disarankan untuk melakukan penyetelan rantai sebelum berkendara sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Pastikan Menggunakan Rantai Motor yang Original

Rantai motor yang original tentu disarankan untuk Anda karena lebih awet dibandingkan rantai yang KW. Meskipun rantai KW lebih terjangkau harganya, namun sangat tidak disarankan untuk digunakan.

Harga yang murah biasanya memberikan kualitas yang biasa-biasa saja bahkan cenderung tidak bagus. Karena itu, lebih baik Anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan rantai motor yang original sehingga aman untuk motor Anda.


Itulah cara merawat rantai motor supaya tetap awet dan aman berkendara. Pemeriksaan rantai motor tak perlu waktu lama dan begitu sulit sehingga Anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan mekanik. Namun, ada kalanya rantai motor akan rusak dan perlu diganti. Anda dapat mengganti rantai motor yang original.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain