3 Tips Supaya Aki Motor Menjadi Lebih Awet | Bisa Tahan Lama!

3 Tips Supaya Aki Motor Menjadi Lebih Awet
Ruangojol.com - Aki motor merupakan bagian penting yang perlu Anda perhatikan. Aki merupakan komponen penyuplai aliran listrik ke kendaraan Anda. 

Dengan tidak adanya aki, mungkin Anda akan kesulitan bila ingin menyalakan motor atau lampu motor tidak mau menyala dan berbagai masalah lainnya. 

Sebagai pemilik kendaraan, Anda perlu mengetahui supaya aki pada motor tetap awet dan tidak mudah rusak. Hal tersebut supaya penggunaan aki pada motor menjadi tahan lama

Tips Supaya Aki Motor Menjadi Lebih Awet

Tak perlu lama-lama lagi, kami akan membagikan tips supaya aki motor menjadi lebih awet.

BACA JUGA

Tips Supaya Aki Motor Menjadi Lebih Awet

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga aki motor tetap awet. Dengan menjaga penggunaan aki menjadi lebih awet Anda dapat menghemat pengeluaran bila aki terjadi soak dan harus mengganti aki tersebut. Berikut tips supaya aki motor lebih awet.

1. Memanaskan Motor Setiap Hari

Cara ini merupakan salah satu tips merawat aki motor Anda. Dengan memanaskan motor setiap hari, sel-sel pada aki akan bekerja seperti biasanya.

Namun, bila Anda tidak memanskan motor. Bisa saja sel-sel pada aki akan mati dan dapat cepat membuat aki motor Anda soak atau rusak. 

Setidaknya Anda dapat memanaskan motor selama 10 sampai 15 menit supaya aki pada motor bekerja.

2. Periksa Terminal Aki

Anda dapat periksa kondisi terminal aki apakah bersih atau kotor. Bila bagian tersebut kotor, Anda dapat membersihkannya supaya seluruh energi listrik ke bagian-bagian yang membutuhkan mendapatkan energi yang cukup. 

Bila tidak dibersihkan, terminal aki dapat berkerak sehingga dapat menyebabkan penyaluran energi tidak maksimal. Kondisi terminal aki yang kotor pun dapat membuat aki menjadi cepat soak. Karena itu, Anda perlu raji periksa kondisi terminal aki.

3. Tidak Menggunakan Aksesoris Motor Secara Berlebihan

Aki pada motor memiliki daya yang sudah sesuai dengan motor standar. Karena itu Anda jangan sampai menggunakan aksesoris yang berlebihan

Penggunaan aksesoris pada motor yang berlebihan dapat membuat aki bekerja keras dan penyuplaian listrik ke motor tidak maksimal. Selain itu, penggunaan aksesoris yang berlebihan dapat membuat aki motor menjadi cepat soak.


Itu dia beberapa tips supaya aki motor Anda menjadi awet. Jangan sampai Anda boros mengeluarkan uang karena harus sering mengganti aki motor. 
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain