Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Cara Memilih Jaket Motor yang Tepat untuk Berkendara

Cara Memilih Jaket Motor yang Tepat untuk Berkendara
Ruangojol.com - Menggunakan jaket saat berkendara sepeda motor sebaiknya perlu Anda lakukan. Sebab, menggunakan jaket dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Selain sarung tangan, jaket menjadi salah satu perlengkapan yang penting untuk digunakan saat berkendara. Hal itu dikarenakan jaket dapat berfungsi melindungi tubuh dari terpaan angin saat berkendara dan berperan untuk melindungi tubuh bila terjadi kontak langsung dengan aspal ketika terjatuh atau mengalami kecelakaan.

Dengan begitu memilih jaket yang tepat untuk digunakan saat berkendara perlu Anda ketahui terlebih dahulu supaya Anda tidak salah memilih jaket. 

Cara Memilih Jaket Motor yang Tepat untuk Berkendara

Setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih jaket yang tepat. Pada kesempatan kali ini Ruangojol.com akan membagikan tips cara memilih jaket motor yang tepat untuk berkendara.

Diambil dari berbagai sumber, berikut cara memilih jaket motor yang tepat untuk berkendara.

Cara Memilih Jaket Motor yang Tepat untuk Digunakan

Memilih jaket untuk digunakan saat berkendara memang tidak boleh sembarangan. Ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini supaya Anda mendapatkan jaket yang nyaman saat dipakai.

1. Memilih Jaket Motor yang Sesuai Dengan Ukuran Badan

Pilihlah jaket motor yang sesuai dengan ukuran badan Anda, jangan sampai jaket yang Anda beli terlau kecil dan terlalu besar. Hal tersebut dikarenakan tidak memberikan kenyamanan saat dipakai apalagi saat digunakan berkendara.

Dengan begitu, pilihlah jaket yang sesuai dengan ukuran badan Anda supaya dapat memberikan kenyamanan ketika berkendara motor.

2. Memilih Jaket Motor yang Terdapat Velcro atau Karet di Bagian Pergelangan Tangan

Setelah memilih jaket yang sesuai dengan ukuran badan, Anda perlu memeriksa bagian pergelangan tangan jaket itu apakah ada karetnya atau tidak.

Velcro atau karet pada pergelangan tangan berfungsi untuk meminimalisir risiko apabila terjadi kecelakaan sehingga posisi bagian lengan pada jaket tidak tertarik ke atas dan melukai bagian tangan yang lainnya. Selain pergelangan tangan, pastikan velcro atau karet ada di bagian bawah pinggang supaya mendapatkan perlindungan lebih.

BACA JUGA

3. Memilih Jaket Motor yang Berbahan Tebal

Saat memilih jaket motor pastikan Anda mendapatkan jaket yang berbahan cukup tebal. Hal itu dikarenakan dapat melindungi Anda dengan ekstra daripada jaket motor yang berbahan tipis.

Meskipun tidak melindungi 100 persen, namun penggunaan jaket motor yang berbahan tebal dapat mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan kepada pengendara bila terjadi kecelakaan.

4. Memilih Jaket Motor yang Punya Perlindungan Ekstra

Jaket yang punya perlindungan ekstra yang dimaksud adalah jaket motor yang memiliki pelindung sikut, dada, dan punggung supaya meminimalisir pengendara mendapatkan dampak buruk saat terjadi kecelakaan.

5. Memilih Jaket Motor yang Memiliki Lubang Ventilasi

Menggunakan jaket motor terkadang membuat pengendara menjadi gerah karena cuaca yang panas dan jaket yang tebal makin membuat pengendara kepanasan.

Karena itu, Anda disarankan untuk memilih jaket yang memiliki lubang ventilasi seperti ritsleting yang dapat dibuka dan ditutup saat berkendara supaya jalannya sirkulasi udara di dalam jaket pengendara menjadi tidak panas.


Menggunakan jaket saat berkendara sepeda motor merupakan kebiasaan yang perlu Anda biasakan sejak sekarang. Dengan tips cara memilih jaket yang tepat untuk berkendara di atas dapat membantu Anda mendapatkan jaket yang sesuai. 

Selain menggunakan jaket, Anda juga wajib untuk selalu memakai helm, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu setiap ingin berkendara menggunakan sepeda motor.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain