Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Cara Merawat Aki Sepeda Motor Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Aki Sepeda Motor Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak
Ruangojol.com - Motor tidak bisa distarter atau lampu motor Anda redup mungkin saja aki sepeda motor Anda bermasalah. Permasalahan pada aki memang bikin merepotkan, karena itu Anda perlu tahu cara merawat aki sepeda motor supaya tetap awet.

Merawat aki sepeda motor memang sangat diperlukan untuk motor Anda tetap awet dan nyaman digunakan. Merawat aki sepeda motor tak hanya sekedar menjaga tegangannya saja, namun perawatan juga dapat memaksimalkan kinerja dan kemampuan aki.

Aki sepeda motor memang perlu diganti bila sudah waktunya, namun dengan melakukan perawatan aki sepeda motor setidaknya dapat memperpanjang masa pakainya.

Cara Merawat Aki Sepeda Motor Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagilan sebuat tips cara merawat aki sepeda motor supaya tetap awet. Dengan merawat aki, komponen kelistrikan pada motor pun juga akan memiliki usia pakai yang panjang.

Diambil dari beberapa sumber, berikut cara merawat aki sepeda motor supaya tetap awet.

BACA JUGA

Cara Merawat Aki Sepeda Motor

Perawatan aki sepeda motor memang penting untuk dilakukan, setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan. 

1. Pemeriksaan secara Visual

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan aki adalah periksa secara visual bagaimana kondisi aki sepeda motor milik Anda.

Pemeriksaan secara visual bisa Anda lakukan dengan periksa bagian terminal plus dan minus aki, periksa kebersihan aki, dan periksa kekencangan baut pada pengikat terminal aki.

Dengan melakukan pemeriksaan tersebut Anda akan mengetahui apakah ada kotoran yang mengganggu atau baut yang kendur. Bila itu terjadi, Anda dapat membersihkan atau mengencangkan baut supaya aliran listrik yang diberikan dapat maksimal.

2. Mengukur Tegangan Aki

Cara kedua untuk merawat aki sepeda motor adalah periksa tegangan pada aki.

Periksa tegangan aki memang perlu dilakukan supaya dapat mengetahui kualitas dan kondisi tegangan aki Anda. Pemeriksaan pun dilakukan saat aki dalam kondisi dingin, sekitar 20 derajat Celsius.

Aki yang bagus memiliki tegangan berada di atas 12.4 volt, dengan begitu aki sepeda motor milik Anda dapat dinyatakan dalam kondisi baik.

3. Periksa Kondisi Air Aki (khusus pengguna aki basah)

Bagi Anda yang menggunakan aki basah pada sepeda motor, Anda perlu melakukan pemeriksaan pada cairan elektrolit atau air aki motor Anda.

Pastikan, cairan elekrolit atau air aki cukup supaya tidak terjadi masalah pada motor Anda.

4. Periksa Daya Pengisian Aki

Cara selanjutnya untuk merawat aki sepeda motor adalah periksa daya pengisian aki supaya Anda dapat mengetahui arus yang diberikan dari aki ke komponen motor yang membutuhkan listrik.

Pemeriksaan daya pengisian aki ini perlu menggunakan alat khusus, sehingga Anda perlu membawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk mengetahui daya pengisian aki apakah normal atau tidak.

5. Pastikan Anda Melepas Terminal Negatif Aki bila Motor Tidak Dipakai Lama

Bila Anda ingin berpergian jauh dan motor Anda tidak digunakan, sebaiknya Anda melepaskan terminal negatif pada aki supaya tidak terjadi kerusakan dan penurunan kemampuan aki.

6. Jangan Menggunakan Aksesoris yang Menggunakan Listrik Berlebihan

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan untuk merawat aki sepeda motor adalah jangan menggunakan aksesoris yang berlebihan.

Penggunaan aksesoris yang berlebihan dapat membuat aki menjadi terbebani sehingga membuat aki sepeda motor Anda cepat rusak.


Itu dia beberapa tips cara merawat aki sepeda motor supaya tetap awet. Pastikan Anda melakukan perawatan dengan baik supaya aki sepeda motor Anda awet dan tidak mudah rusak.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain