Tips Menjaga Kendaraan Agar Tetap Memiliki Performa Seperti Baru

Tips Menjaga Kendaraan Agar Tetap Memiliki Peforma Seperti Baru - Memiliki kendaraan idaman merupakan keinginan semua orang.

Walaupun penggunaannya lebih pada kebutuhan tranportasi cepat untuk pergi ngantor, berbelanja, ataupun untuk hura-hura.

tips-menjaga-kendaraan-agar-peforma-seperti-baru

Mungkin sebagian besar orang yang memiliki kendaraan bermotor atau mobil tidak tahu bagaimana caranya merawat kendaraan.

Karena alasannya Kita lebih butuh pada penggunaannya, oleh itu Kita sampai tidak, sempat mengetahui bagaimana caranya merawat kendaraan.

Padahal nih, kalau sampai saja Kita melupakan perawatan untuk kendaraan dapat berpengaruh juga pada kegiatan Kita sehari-hari terlebih lagi kepada penggunaanya.

Baca Juga :

Meskipun, terdapat banyak layanan yang menyediakan service untuk kendaraan akan tetapi untuk kalangan menengah akan berpikir dua kali untuk menggunakannya, terlebih lagi biaya yang dikeluarkan tidak kecil untuk sekali service kendaraan.

Pada kali ini ruangojol sebagai teman yang mengayomi para ojol di dunia, akan memberikan beberapa tips supaya kendaraan selalu memiliki peforma layaknya seperti baru.. simak beberapa tips dibawah ini.

1. Sering Mencuci Kendaraan

Mengapa harus sering mencuci kendaraan ? meskipun Kamu tinggal di daerah yang tidak kumuh sekalipun dan membuat motor misalnya selalu terlihat bersih.. tetap saja Kamu harus selalu mencucinya jika sudah nampak kotor.

Pasalnya, debu atau kotoran akan bersarang di rongga-rongga mesin sehingga dapat menimbulkan plakat atau pengkaratan terlebih lagi pada area yang jarang terpanaskan oleh mesin.

Mencuci kendaraan merupakan langkah awal yang harus sering Kamu lakukan agar kendaraan tetap awet dan tidak memiliki masalah teknis.

2. Memberi Pelumas Rantai

Jika Kamu memiliki kendaraan seperti motor, seringlah memberikan oli atau pelumas pada rantai setiap 2-3 minggu sekali.

Namun ingat, jangan terlalu sering memberikan pelumas pada rantai apalagi secara berlebihan karena dapat menyebabkan rantai lepas pada jalurnya.

Hal ini dilakukan agar mengurangi resiko pengkaratan pada rantai kendaraan agar selalu berjalan mulus, karena sewaktu-waktu bisa saja rantai putus akibat pelumas yang sudah kering pada rantai.

3. Memanaskan Mesin

Mungkin Kamu sering lihat orang-orang menyalakan motornya dalam waktu yang cukup lama hanya untuk memanaskan mesin.

Pasti Kamu berpikir, ngapain di nyalakan padahal tidak dipakai.. maka Kamu salah akan hal ini.

Memanaskan mesin bertujuan untuk menjaga oli pada mesin tetap cair dan tidak mengalami pengentalan yang dapat membuat peforma kendaraan ngadat atau bermasalah.

4. Rutin Mengganti Oli

Standarnya mengganti oli atau pelumas mesin kendaraan baik mobil ataupun motor adalah 2-3 bulan.

Biasanya Kita akan merasakan langsung pada bulan ke 3 dan ke 4 apabila peforma kendaraan memiliki problem, misalnya suara mesin yang tidak halus, asap lebih dari knalpot, dan charge pada pedal gass yang pending.

Penggantian oli pada kendaraan bertujuan untuk menjaga kesehatan mesin yang dimana tempat untuk memompa jantung dari kendaraan.

5. Mengganti Ban

Ukuran saat dimana Kamu harus mengganti ban adalah jika permukaan ban telah ditunjukan dengan permukaan yang rata dan halus. Umunya Kita menyebutnya dengan ban yang mulai botak.

Penggantian ban dilakukan untuk menghindari hal-hal tertentu misalnya ban mudah bocor karena sudah tipis, dapat lebih mudah tergelincir dijalan yang licin atau halus.

Oleh karena itu, apabila Kamu merasa ban kendaraan baik mobil dan motor sudah sangat terkikis sebaiknya cepat diganti.

Itulah beberapa tips agar kendaraan tetap memiliki peforma seperti baru, 5 hal di atas adalah perkara wajib yang perlu Kamu lakukan.

Walaupun layanan service kendaraan menyediakan inspeksi menyeluruh, namun bagi Kamu yang ingin sedikit berhemat dapat melakukan cara di atas secara rutin.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain