Mau Beli Pulsa & Token Listrik Murah? Klik Disini!

Tak Perlu Pergi ke Bengkel, Berikut Cara Mengganti Aki Mobil dengan Mudah di Rumah

Cara Mengganti Aki Mobil dengan Mudah di Rumah
Ruangojol.com - Aki mobil merupakan salah satu komponen penting untuk penggerak mobil. Namun, keberadaannya terkadang dianggap remeh oleh sebagian pemilik mobil.

Sebenarnya, aki mobil merupakan komponen yang perlu dirawat supaya tidak cepat rusak dan pemakaiannya bisa jangka panjang. Akan tetapi, aki mobil tentu perlu juga harus di ganti dengan yang baru sesuai dengan jenis aki, pergantian aki pun biasanya dilakukan setiap dua tahun hingga lima tahun sekali.

Aki mobil yang perlu diganti sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Dengan mempersiapkan beberapa alat dan aki baru, Anda dapat mengganti aki mobil dengan mudah.

Cara Mengganti Aki Mobil dengan Mudah di Rumah

Pada kesempatan kali ini, Ruangojol.com akan membagikan tips cara mengganti aki mobil dengan mudah di rumah. Terlebih bila memang aki mobil sudah harus di ganti secepatnya jadi Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk membayar seorang mekanik untuk mengganti aki.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mengganti aki mobil dengan mudah di rumah.

Cara Mengganti Aki Mobil dengan Mudah

Untuk mengganti aki mobil, setidaknya ada beberapa tahapan yang dapat Anda ikut dengan penjelasan di bawah ini supaya Anda dapat melakukan pergantian aki dengan mudah.

1. Melepas Aki Lama

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengganti aki adalah Anda perlu melepaskan aki lama terlebih dahulu.

Untuk melepas aki yang lama pastikan mobil dalam keadaan mati, lalu Anda dapat membuka kap mobil. Setelah membuka kap mobil, Anda dapat melepas kabel, klem, serta baut di bagian kutub negatif.

Setelah membuka bagian kutub negatif, Anda dapat melanjutkan untuk membuka komponen di kutub positif. Hal ini dilakukan mengapa membuka kutub negatif terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan hubungan listrik arus pendek yang bisa menyebabkan korsleting pada mesin mobil.

BACA JUGA

2. Membersihkan Kabel dan Klem Aki dengan Cairan Khusus

Bila aki lama sudah terlepas, Anda bisa membersihkan beberapa komponen terlebih dahulu sebelum memasang aki yang baru.

Pembersihan dilakukan supaya tidak ada komponen yang kotor dan menyebabkan terhambatnya aliran listrik dari aki ke komponen lain.

Pembersihan pun bisa dilakukan dengan cairan khusus anti karat.

3. Memasang Aki Baru

Langkah selanjutnya adalah memasang aki baru. Pastikan aki sudah tegak lurus pada posisinya.

Bila sudah meletakkan aki baru, Anda tinggal memasang kembali komponen lainnya ke sisi positif terlebih dahulu lalu dilanjut memasang kabel negatif ke sisi negatif.

Pastikan Anda sudah memasang aki dan komponen lainnya dengan benar supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


Itu dia cara mengganti aki mobil dengan mudah di rumah. Jika langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, Anda tinggal menyalakan mobil Anda supaya mengetahui apakah aki yang baru dipasang bekerja dengan baik atau tidak. 
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain