Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Motor Licin Saat Rem

Penyebab dan cara mengatasi ban motor yang licin, berikut ini beberapa penyebab ban motor licin...

Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Motor Licin Saat Rem - Mungkin pernah Kita alami sewaktu dijalan besar membawa motor melalukan rem mendadak karena posisi mulai macem.

Namun pada saat melakukan rem ban Kita berdecit karena licin, hal ini membuat Kita secara tidak sengaja tergelincir dijalan.

penyebab-dan-cara-mengatasi-ban-motor-yang-licin

Masih untung jika saja saat tergelincir tidak ada kendaraan didepan karena bisa menyebabkan kecelakaan, apalagi posisi melakukan rem saat jalan sudah mulai macet.

Lantas apasih penyebab ban motor licin saat di rem ? mari Kita simak jawabannya dibawah ini.

1. Ban Motor Licin

Umumnya ban motor manapun dapat saja licin jika ban berada dijalanan yang licin atau halus, dan juga ban dapat tergelincir jika ada genangan air terlebih lagi saat hujan.

Ban motor yang licin ini bisa berbahaya bagi pengemudinya, untuk itu pastikan saat berkendara melihat area yang licin atau terdapat genangan air.

2. Ban Motor Botak

Ban motor yang botak dapat menyebabkan ban tergelincir pada saat di rem. Ban yang botak ini disebabkan oleh permukaan ban yang sudah mulai menipis karena terkikis dan termakan waktu penggunaan yang sudah cukup lama.

Pada saat ban sudah botak.. selain licin ban juga dapat lebih mudah bocor karena permukaan yang telah tipis.

Untuk mengatasi hal ini Kamu cukup ganti ban luar dengan ban baru yang masih memiliki celah-celah gesekan pada permukaannya.

Baca Juga :

3. Ban Bocor

Ban yang bocor juga dapat membuat Kita tergelincir apabila memaksa untuk menggunakannya. Ban yang bocor akan membuat jalan motor tidak seimbang sehingga bisa saja Kita dapat tergelincir.

Hal ini akan sangat berbahaya bagi pengendara motor yang belum tahu ciri-ciri ban yang bocor saat dikendarai karena dapat menyebabkan kecelakaan.

Untuk mengetahui ban yang bocor saat digunakan dijalan, cukup rasakan misalnya motor semakin berat kalau dibawa jalan karena berat dibagian bawah motor.

4. Ban Peyang/Tidak Bulat

Ban yang peyang atau tidak bulat dapat menyebabkan laju motor tidak stabil sehingga motor dapat saja tergelincir karena pada saat melakukan rem tapi ban memiliki momentum yang tidak stabil mengakibatkan motor tergelincir.

Ban yang peyang juga membuat pengedaranya tidak nyaman apa lagi saat duduk di jok motor karena akan terasa pada saat motor berjalan.

Cara mengatasinya cukup ganti ban luar motor dengan yang baru dan memiliki bulat yang sempurna.

5. Tidak Pakai Ban Hujan

Motor jaman sekarang hampir seluruhnya menggunakan teknologi tertentu seperti ban motor yang di desain khusus untuk dapat melewati cuaca hujan sekalipun.

Ban hujan adalah ban yang di rancang khusus permukaannya supaya motor atau kendaraan dapat melintasi area hujan yang identik licin karena genangan air.

Kamu dapat menggunakan ban hujan untuk motor supaya tidak mudah tergelincir.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi ban motor yang licin. Umumnya ban motor lebih mudah licin jika permukaan ban telah botak, namun tidak selalu seperti itu.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain