Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Yang Merembas Pada Mobil

Penyebab dan cara mengatasi oli yang merembas pada mobil, berikut ini alasan oli sering menetes dibagian bawah mobil...

Penyebab dan cara mengatasi oli merembas pada mobil | Ruangojol.com -  Apabila terdapat asep atau bau aneh yang keluar melalui knalpot mobil Kamu, mungkin terjadi kebocoran pada oli.

Hal seperti ini tidak dapat dibiarkan begitu saja karena dapat berbahaya saat berkendara, biasanya juga terdapat oli yang menetes melalui bagian bawah mesin mobil.

penyebab-dan-cara-mengatasi-oli-bocor-pada-mobil

Setiap kali berhenti akan meninggalkan sedikit demi sedikit tetesan oli. Lantas apasih penyebabnya ? maka dari itu silahkan simak penyebab dan cara mengatasi oli yang rembes pada mobil.

1. Baut Yang Longgar

Oli mobil dapat sesekali merembes diakibatkan oleh kondisi baut yang sudah tidak kuat menahan atau longgar.

Baut Yang sudah lama digunakan, apalagi oleh mobil yang sering dibawa berkendara biasanya lama kelamaan akan kendur sehingga oli akan merembas.

Cara mengatasinya sendiri adalah dengan cukup di kencangkan menggunakan kunci yang sesuai. Kemudian pastikan baut tidak terpasang dalam posisi yang miring agar oli tidak kembali menetes dari tangkinya.

2. Ring Baut Yang Longgar

Penyebab lainnya mengapa oli menetes pada mobil adalah dikarenakan ring baut yang tidak pas atau dapat longgar sehingga oli keluar dari bagian selah baut carter.

Ring baut ini berfungsi sebagai penutup untuk mencegah kebocoran pada oli atau merembas, kemungkinan besar juga oli bocor karena ring yang rusak ataupun tidak terpasang dengan benar.

Untuk mengatasinya sendiri Kamu perlu membetulkan posisi ring dengan baut atau menggantinya dengan yang baru di toko onderdil terdekat.

Baca Juga :

3. Mengganti Paking Yang Rusak

Pada mobil, terdapat komponen-komponen yang memiliki jalur poros yang berbeda-beda. Sambungan tersebut mempunyai gasket agar oli atau pelumas tidak bocor.

Poros yang berotasi akan membuat suhunya meningkat secara drastis, kemudian turun ke titik beku sehingga gasketnya bisa rusak dan membuat oli menetes atau rembas.

4. Filter Oli Yang Usang

Penyebab oli merembas pada mobil dapat dikarenakan filter oli yang telah usang. Biasanya membuat posisi filter oli bergeser sehingga oli pun merembas.

Untuk mengatasinya sendiri Kamu dapat mengganti filter oli dengan yang baru untuk menghindari kebocoran pada mobil.

5. Steker Pembuangan Oli Sudah Usang

Steker atau penutup oli ini berfungsi untuk menutup jalur keluarnya oli pada bagian bawah mobil. Jika penutup telah usang atau sudah terlalu lama digunakan biasanya kinerja atau fungsinya tidak baik lagi.

Jika sudah usang, biasanya posisinya tidak tepat sehingga oli akan keluar melalui selah steker tersebut. Untuk cara mengatasi hal ini Kamu cukup menggantinya dengan yang baru.

6. Gasket Yang Usang

Penyebab oli yang menetes dibagian bawah mobil juga dapat disebabkan karena sisa-sisa oli menumpuk pada bagian gasket. Biasanya karena penggunaan yang telah berangsur lama gasket sudah tidak memiliki fungsi yang maksimal.

Cara mengatasinya cukup dengan mengganti gasket atau komponen-komponen baru untuk mobil Kamu sehingga kebocoran pada oli mobil dapat teratasi dengan mudah.

Oli yang merembas menjadi tanda kerusakan pada mobil, karena seharusnya pelumas tetap berada pada penampungannya.

Oli yang seringkali menetes dapat merusak selang karet atau segel, kemudian mobil juga dapat sulit dinyalakan bahkan beresiko menimbulkan kebakaran. Untuk itu segera atasi jika mendapati mobil Kamu mengalami kebocoran atau oli yang merembas untuk antisipasi cepatnya.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain