Penyebab dan Cara Mengatasi Bensin Motor Yang Sering Bocor

Penyebab dan cara mengatasi bensin motor yang cepat habis atau bocor, berikut ini beberapa penyebab yang mungkin Kamu alami...

Penyebab dan Cara Mengatasi Bensin Motor Yang Sering Bocor - Mungkin sering Kamu alami, kenapa bensin motor cepat banget habis.. padahal kemarin baru aja isi full.

Setiap motor juga telah memiliki kapasitas penampungan bensin masing-masing pada ukuran tangki bensin. Namun semuanya memiliki masalah yang sama jika sewaktu-waktu bensin habis dengan cepat.

penyebab-dan-cara-mengatasi-bensin-motor-yang-bocor

Kenapa bisa begitu ? Setiap motor memiliki mesin dengan kapasitas yang berbeda, terdapat mesin yang pembakarannya besar dan juga ada yang standar.

Namun karena suatu penyebab bensin motor cepet habis juga dapat dikarenakan masalah yang cukup serius.. apa penyebabnya ? simak berikut ini.

1. Ventilasi Tangki Tertutup

Bensin dapat cepat habis dapat disebabkan karena ventilasi tangki motor yang tertutup selama proses pengisian bahan bakar.

Ventilasi ini sendiri merupakan lubang kecil yang berfungsi untuk mensirkulasi agar tidak ada udara yang terjebak selama pengisian bensin.

Sebaiknya pastikan ventilasi ini tidak tertutup oleh kotoran atau cairan, cukup Kamu tiup atau bersihkan bagian ventilasi bensin motor ini dibagian tutup tangki bensin.

2. Mesin Terlalu Panas

Mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan pembakaran bahan bakar yang juga cepat.

Selain bensin yang menguap bahkan oli juga dapat menguap dengan cepat, biasanya ini dapat terjadi jika pengguaan dan jarak tempuh motor yang cukup jauh.

Untuk mengatasinya Kamu dapat memasang pendingin atau fan pada motor untuk mengurangi pembakaran berlebih pada bahan bakar.

Baca Juga :

3. Pengaturan Keran Bensin

Keran bensin berfungsi sebagai tempat keluar masuknya bensinnya ke area pembakaran.

Jika keran bensin disetting full maka otomatis konsumsi bensin akan sangat boros walaupun motor lebih mudah hidup.

Untuk mengatasi hal ini Kamu cukup mengatur keran bensin setidaknya setengah terbuka agar bensin tidak cepat habis atau bocor.

4. Pelumas Yang Terlalu Cair

Pelumas atau oli motor adalah bagian yang sangat penting bagi kendaraan baik motor ataupun mobil.

Pelumas ini berfungsi agar mesin memiliki tekanan untuk melaju, jikasalah memilih pelumas akan berdampak pada kinerja kendaraan.

Misalnya oli yang terlalu cair atau hampir 100% adalah terbuat dari mineral maka proses penguapan nya lebih cepat karena tidak tahan panas. Secara otomatis bahan bakat lainnya seperti bensin juga akan diminta lebih cepat habis.

Sebaiknya gunakan oli atau pelumas yang sebagiannya merupakan bahan sintetik atau mengandung zat aditif sehingga oli lebih kuat tahan panas, lebih awet, dan juga membuat bensin lebih irit.

5. Bensin Campuran Berbahaya

Sering terjadi kasus dimana penjual bensin mencampur bensin dengan zat lainnya tanpa diketahui pembeli.

Contoh saja kini banyak sekali terjadi bensin oplosan yang dimana bensi dicampur dengan air supaya terlihat banyak.

Contih saja seperti pada saat Kita ingin membeli bensin sebanyak 1 liter, akan tetapi ternyata takaran bensin tersebut telah dicampur dengan air sehingga seolah-olah terlihat banyak oleh Kita.

Bensin yang dicampur air akan lebih cepat habis dikarenakan pada saat pembakaran yang diterima hanyalah kandungan bensin saja dan akan menyisakan air yang telah dicampur.

Nah itulah beberapa penyebab bensin motor bocor atau cepat habis, biasanga penyebab utama bensin motor yang cepat habis adalah karena pengaturan keran bensin yang terlalu full sehingga menyebabkan bensin lebih cepat habis bahkan bocor.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain