Kode Referal Kredivo 2024, Cara Daftar Cepat ACC dengan Limit Hingga 30jt. Klik Disini

Kenapa Lebih Baik Beli Mobil Baru Ketimbang Second, Ini Alasannya !

Mending Beli Mobil Baru Atau Mobil Bekas ? Biar Gak Pusing Baca Ini !

Kenapa Lebih Baik Beli Mobil Baru Ketimbang Second - Memiliki mobil adalah impian semua keluarga, bahkan Kita sudah mengatur mindset dengan berpikir bahwa biarpun bekas yang penting punya mobil, gak hujanan, pajak murah, dan sebagainya.

Padahal pemikiran seperti itu salah besar, terdapat banyak resiko yang perlu Kamu tanggung jika membeli mobil bekas ketimbang mobil baru.

keuntungan-beli-mobil-baru

Oleh karena itu perlu Kita ketahui apa saja yang menjadi pertimbangan untuk tidak membeli mobil bekas melainkan membeli mobil baru saja.

Kerugian Yang Didapat Ketika Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil second, artinya Kita telah wajib menerima segala konsekuensi yang didapat pada pemakaian selanjutnya.

Kondisi Cat Sudah Memudar

Salah satu hal yang akan Kamu hadapi saat membeli mobil bekas adalah kondisi cat body yang sudah mulai memudar baik untuk eksterior ataupun interior.  Kondisi ini didapatkan karena kualitas cat untuk mobil lama tidak sebaik kualitas cat mobil sekarang ini.

Sparepart Sudah Tidak Ori

Beruntung jika Kamu membeli mobil bekas dengan kondisi semua sparepart dan onderdil masih menggunakan original atau  bawaan pabriknya. Jika tidak, hal tersebut dapat mengurangi nilai dari mobil tersebut jika sewaktu-waktu ingin dijual kembali.

Pajak Kendaraan Mati

Walaupun harga mobil bekas yang akan Kamu beli murah, akan tetapi Kamu wajib memperhatikan dan menannyakan apakah pajak mobil dalam kondisi hidup.

Hal ini dilakukan agar nantinya Kamu tidak perlu ribet untuk memperpanjang pajak, terutama untuk mobil yang belum balik nama di surat STNK.

Selain itu harga pajak mobil juga terbilang cukup mahal, maka dari itu jangan sampai Kamu tidak menannyakan terlebih dahulu. Jika tidak maka Kamu membeli mobil bekas dalam keadaan pajak yang mesti dibayar.

Harga Jual Turun Karena Penyusutan

Setiap mobil akan mengalami penyusutan setiap tahunnya, merek mobil tertentu memiliki nilai penyusutan yang berbeda-beda contohnya saja mobil dari Honda mengalami penyusutan mulai 5-8% setiap tahunnya.

Penyusutan ini adalah berupa nilai jual dari mobil itu sendiri, yang artinya setiap tahun mobil bekas akan mengalami penurunan harga berdasarkan rangka atau nik tahunnya.

Inilah yang menjadi alasan kenapa perlu mempertimbangkan kembali untuk membeli mobil second, karena semakin tua tahun mobil yang Kamu beli maka akan semakin anjlok hargnya kecuali untuk keperluan bisnis seperti rental mobil tapi sangat tidak disarankan untuk penggunaan pribadi.

Persediaan Sparepart Langka

Selain karena harga jual yang menurun, terdapat juga alasan lainnya seperti kelangkaan sparepart dan onderdiil untuk mobil lama.

Kelangkaan sparepart mobil lama ini disebabkan oleh produksi unit lama yang telah dihentikan karena dikeluarkannya model baru facelift sehingga untuk bagian-bagian sparepart juga ikut dihentikan produksinya.

Nah itulah beberapa alasan kenapa lebih baik beli mobil baru ketimbang mobil second, selain karena harganya yang terus menurun juga dikarenaka  kelangkaan dan kesulitannya pada saat perbaikan.