Kode Referal Kredivo 2024, Cara Daftar Cepat ACC dengan Limit Hingga 30jt. Klik Disini

Kenapa Oli Motor Bocor ? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Oli Motor Suka Bocor ? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mentatasi Oli Bocor Pada Motor...

Oli Motor Bocor dan Keluar Motor Mengeluarkan Asap - Berangkat pagi pulang malam sudah menjadi aktivitas keseharian Kita semua terlebih lagi untuk para pejuang cuan.

Apalagi kerja didaerah perkotaan membuat Kita memilih untuk menggunakan kendaraan roda dua, untuk alasan agar tidak terkena macet san bisa sat-set.

penyebab-dan-cara-mengatasi-oli-motor-bocor

Kesibukan yang padat membuat Kita mau tidak mau dapat melupakan jadwal lainnya yang tidak penting, akan tetapi jangan lupa yaa untuk rutin merawat motor apalagi untuk kerja.

Baca Juga :

Sering kali Kita alami sebagai pemotor yaitu masalah-masalah yang sering terjadi pada motor, salah satu nya yaitu oli motor bocor dan mengakibatkan motor mengeluarkan asap emisi berlebih.

Apa Penyebab Motor Mengeluarkan Asap ?

Motor yang mengeluarkan asap dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

Air Radiator Yang Kosong

Air Radiator atau Coolant merupakan  cairan pendingin mesin agar tidak mengalami over heat, air ini umumnya memiliki batas tertentu yang wajib ada pada tangki radiator.

Apabila kurang dari batas tertentu maka Kamu akan sering mengalami yang namanya motor sering mogok tiba-tiba, motor ngebul, motor cepat panas.

Hal ini merupakan dampak yang buruk terutama karena panas motor berlebih dapat membuat bagian tertentu pada motor menguai baik itu besi ataupun body pada motor.

Mimin sendiri pernah mengalaminya yaitu pada saat motor over heat cover dari knalpot sampai meleleh, ini diakibatkan oleh kondisi motor yang super panas.

Oli Motor Yang Bocor

Kebocoran pada oli motor dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena luapan panas berlebih pada motor sehingga membuat tangki oli luber.

Oli yang terlalu encer membuat letupan sehingga oli keluar dari tangkinya dan membuat bocor. Kemudian juga dapat disebabkan oleh oli yang sudah lama tidak di ganti.

Itulah beberapa penyebab motor mengeluarkan asap yang ngebul, selanjutnya adalah kenapa oli motor bocor ? Berikut ulasannya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Motor Yang Bocor

Oli motor yang bocor dapat disebabkan oleh beberapa hal, berikut diantaranya :

1. Belum Ganti Oli

Salah satu penyebab oli motor luber atau bocor sehingga membuat motor mengeluarkan asap biasa disebabkan oleh karena belum ganti oli.

Pada saat Kamu belum mengganti oli maka tingkat kekentalan oli pada motor akan berkurang karena pembakaran dan gesekan yang diakibatkan oleh mesin sehingga warna oli juga berwarna hitam.

2. Oli Terlalu Cair

Jika oli yang Kamu gunakan pada motor terlalu cair maka sudah dipastikan Kamu menggunakan oli mineral atau murni tanpa adanya kandungan sintetis yang membuat kekentalan oli semakin padat.

Setidaknya gunakanlah oli yang sedikit berbahan sintetis atau Kamu juga dapat menggunakan oli semi-sintetis untuk motor sehingga akselerasi mesin menjadi lebih stabil dan gesekan mesin tidak membuat panas berlebih yang dapat membuat luapan oli keluar.

3. Shield Penutup Oli Kendor

Shiled atau pelindung penutup oli dapat menjadi penyebab kenapa oli motor bocor, pelindung ini berupa karet hitam yang ada pada penutup tangki oli.

Pastikan karet ini tidak mengalami masalah seperti patah akibat terlalu panas atau putus karena kesalah saat membuka dan menutup tangki oli.

4. Mesin Motor Over Heat

Penyebab yang paling umum pada motor ketika oli motor bocor disebabkan oleh panas berlebih pada motor. Hal ini biasa disebabkan oleh air radiator atau coolant yang tidak tercukupi sehingga panas mesin berlebih.

Panas berlebih dapat membuat segala cairan yang ada pada motor dapat meluap keluar, sama halnya seperti saat Kamu memasak air maka air akan meletup-letup keluar seperti itu juga pada motor yang panas dapat menyebabkan oli meluap keluar.

Untuk asap yang keluar pada motor sendiri disebabkan oleh cairan yang masuk keruang pembakaran atau menempel pada bagian motor yang panas, selain itu juga bisa disebabkan karena knalpot motor yang basah pada bagian dalamnya.

Itulah alasan penyebab oli motor bocor sehingga mengeluarkan asap, semoga kasus dan cara ini dapat Kamu coba dirumah terimakasih.