Cara Merawat Kampas Rem Motor Supaya Tetap Awet

Ruangojol.com - Cara merawat kampas rem motor akan membuat kampas rem motor Anda menjadi lebih awet. Kampas rem merupakan komponen penting pada motor yang bertugas menjadi sistem pengereman.


Kampas rem yang sudah habis dapat menyebabkan pengeremen tidak maksimal bahkan bisa membuat motor Anda tidak berhenti. 

Dikutip dari halaman resmi Honda, ada beberapa cara merawat kampas rem motor Anda. Dengan merawat kampas rem motor, Anda dapat menjaga kampas rem motor tetap awet dan nyaman saat berkendara.

BACA JUGA

Cara Merawat Kampas Rem Motor

Merawat kampas rem motor akan mudah Anda lakukan. Adapun ada beberapa cara merawat yang bisa Anda ikuti di bawah ini:

1. Membersihkan Kampas Rem Secara Rutin

Membersihkan kampas rem secara rutin bisa menjadi tahapan pertama yang bisa Anda lakukan. Motor yang baru saja digunakan saat hujan atau jalan yang digenangi air maupun lumpur harus kamu bersihkan segera setelah sampai rumah. Kampas rem yang kotor dapat mengganggu efektivitas kinerjanya.

Saat membersihkan kampas rem, basuhlah dengan air bersih dan pastikan kampas rem terbebas dari debu, pasir, lumpur, ataupun kotoran lainnya. Dengan membersihkannya membuat kampas rem berfungsi optimal.

2. Memberikan Jarak antara Kampas Rem dengan Piringan Cakram

Kampas rem yang terlalu menempel dengan piringan cakram dapat membuat kampas rem cepat habis. Karena, bila kampas rem terlalu menempel akan menyebabkan gesekan meski Anda tidak melakukan pengereman.

Pada tahap ini Anda dapat mencoba dengan memutarkan ban depan, jika ada gesekan maka Anda perlu mengatur jarak kampas rem motor Anda. 

3. Berikan Pelumas pada Bearing atau Laher Motor

Bearing atau biasa yang dikenal dengan laher merupakan komponen pada motor yang bertugas untuk mengurangi gesekan dengan rumah as yang ada di velg. Dengan memberikan pelumas pada komponen tersebut dapat membuat perputaran roda motor Anda akan dapat lebih stabil dan lebih nyaman digunakan saat berkendara.

Dengan melumasi bearing, Anda dapat membantu perawatan pada kampas rem motor Anda. Jika bearing terlumasi dengan baik, maka fungsinya akan bekerja maksimal.

4. Periksa Minyak Rem Motor

Periksalah minyak rem motor Anda untuk mengetahui keadaan minyak rem. Minyak rem yang sudah berkurang maupun sudah lama tidak diganti dapat mengurangi gesekan pada kampas rem motor.

BACA JUGA: Tidak Sulit, Begini Cara Mengganti Minyak Rem Motor Sendiri di Rumah

5. Hindari Penggunaan Rem Mendadak

Penggunaan rem mendadak menyebabkan kampas rem lebih cepat aus dan mengurangi usia pakainya. Berkendaralah dengan hati-hati untuk menghindari penggunaan rem mendadak.

BACA JUGA: Jangan Salah Ganti Minyak Rem, Kenali Dulu Jenis dan Fungsi Minyak Rem Motor Anda

Demikianlah cara merawat kampas rem motor Anda supaya lebih awet penggunaannya. Kampas rem yang bagus akan membuat perjalanan Anda aman saat berkendara. Pastikan untuk memeriksa kampas rem untuk terhindar dari hal yang tidak diinginkan.