Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Mobil Lemah atau Tekor Terbaru 2022

Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Mobil Lemah atau Tekor
Ruangojol.com - Sebagai pemilik kendaraan pastinya kita perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum ingin berpergian. Namun, beberapa kali terjadi sebagai pemilik kendaraan mengalami aki lemah atau tekor hingga mobil tidak dapat dihidupkan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Mobil Lemah atau Tekor

Penyebab aki lemah atau tekor biasanya dikarenakan mobil jarang dipanaskan dan memiliki aksesori mobil terlalu banyak. Anda tak perlu khawatir bila terjadi kasus semacam itu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi aki lemah atau tekor.


Cara Mengatasi Aki Lemah atau Tekor

Mengatasi aki lemah atau tekor tidak memiliki proses yang rumit. Anda bisa melakukannya bila memiliki peralatan yang diperlukan. Penasaran bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjalasannya.

1. Mengatasi Aki Lemah atau Tekor pada Mobil Transmisi Otomatis

Sebagai pengguna mobil bertransmisi otomatis dan memiliki aki lemah atau tekor tak perlu panik. Cara mengatasinya, bisa Anda lakukan dengan menyediakan aki normal dan juga kabel khusus jumper aki.

Bila sudah mempersiapkan alat tersebut, Anda bisa meminta bantuan mobil lain yang akinya dalam kondisi normal untuk melakukan proses jumper. 

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan kedua mobil dalam kondisi gigi P atau Parkir. Selanjutnya, hidupkan mobil yang memiliki aki normal dan bersamaan dengan itu, hubungkanlah kedua aki dengan kabel jumper. Pastikan memasang kabel di terminal aki sesuai dengan kutubnya. Lalu, coba hidupkan mobil yang akinya tekor.

Bila mobil sudah menyala, jangan langsung melepas kabel jumper terlebih dahulu. Diamkan kurang lebih 15 menit dan pertahankan RPM pada angka kurang lebih 1000. Jika mobil berhasil tetap hidup, Anda dapat melepaskan kabel jumper secara perlahan.

2. Mengatasi Aki Lemah atau Tekor pada Mobil Transmisi Manual

Bagi Anda pengguna mobil manual dan memiliki masalah aki lemah atau tekor tak perlu khawatir. Karena, cara menghidupkan mobil manual yang akinya lemah atau tekor ada beberapa cara yang bisa dilakuka.

Anda tetap bisa menerapkan cara mengatasi aki lemah atau tekor dengan menggunakan metode jumper aki. Namun, khusus untuk mobil bertransmisi manual ada cara lain yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan cara melakukan dorongan sehingga dapat menghidupkan mesin.

Caranya yaitu posisikan transmisi mobil pada kondisi gigi 3 atau 4. Lalu, injak penuh pedal kopling mobil Anda. Bersamaan dengan itu, dorong mobil dengan bantuan orang lain hingga jarak 5-10 meter.

Jika mobil sudah mencapai jarak yang sesuai, lepaslah kopling secara perlahan. Apabila Anda berhasil, biarkan mobil tetap hidup selama kurang lebih 20 menit hingga aki pada mobil tersebut terisi kembali dan dapat berjalan dengan normal.

BACA JUGA

Mengetahui Penyebab Aki Mobil Lemah atau Tekor

Mengetahui penyebab aki mobil menjadi lemah atau tekor bisa membantu Anda supaya hal tersebut tidak terjadi. Ada beberapa hal yang memungkinkan Aki mobil menjadi lemah atau tekor. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui.

1. Mobil Jarang Dihidupkan

Mobil yang terlalu lama tidak dihidupkan dapat menyebabkan arus listrik pada aki menurun. Supaya tegangan listrik pada aki tetap normal, usahakan Anda selalu menghidupkan mobil. Jika mobil digunakan berpergian, Anda cukup memanaskan mesin mobil selama beberapa menit pada pagi hari.

2. Menghidupkan AC Saat Mobil Mati

Kesalahan pengguna mobil biasanya membiarkan AC dalam keadaan menyala mesti mobil sedang tidak digunakan. Disarankan untuk Anda, bila hendak mematikan mobil, pastikan AC atau kelistrikan lain yang pada dalam mobil dalam kondisi mati. Jika dibiarkan secara terus-menerus dalam kondisi nyala, hal tersebut dapat memperpendek umur aki.

3. Memiliki Aksesoris Mobil Terlalu Banyak

Penyebab lainnya yang dapat meyebabkan aki mobil lemah atau tekor adalah penggunaan aksesoris mobil yang terlalu banyak. Anda mungkin ingin membuat mobil menjadi semakin keren dengan menambahkan lampu, audio, dan perangkat elektronik lainnya.

Namun, perlu Anda ketahui, semakin banyak penggunaan perangkat elektronik yang dipasang pada mobil dapat menyebabkan aki semakin bekerja keras sehingga aki tersebut menjadi lemah atau tekor. Pastikan pemasangan perangkat elektronik pada mobil Anda tidak melampaui batas kemampuan aki.


Itulah beberapa tips cara mengatasi aki mobil lemah atau tekor dan mengetahui penyebabnya. Disarankan untuk Anda bila memiliki aki lemah atau tekor untuk segera mengganti dengan aki yang baru. Cara hal diatas bisa Anda lakukan hanya dalam kondisi darurat saja.
© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain