Mengenal Jenis-jenis Hand Tools dan Apa Manfaatnya Untuk Kendaraan Terbaru 2022

Ruangojol.com - Sebagai pemilik kendaraan, Anda perlu mengetahui apa itu Hand Tools atau yang biasa dikenal dengan perkakas tangan. Pasalnya, kita tidak pernah akan terjadi sesuatu pada kendaraan kita. Bisa saja terjadi ban bocor, mesin bermasalah, atau berbagai macam masalah lainnya yang tentunya perlu menggunakan berbagai macam alat bantu.

Mengenal Jenis-jenis Hand Tools dan Apa Manfaatnya Untuk Kendaraan

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai apa itu hand tools dan apa manfaatnya bagi pemilik kendaraan. Berikut penjelasannya.

Pengertian Hand Tools

Hand tools atau biasa kita kenal dengan nama perkakas tangan merupakan alat yang banyak digunakan dalam berbagai macam industri. Alat ini biasa digunakan oleh pabrik hingga bengkel-bengkel kecil di pinggir jalan. Alat ini juga membantu pekerjaan mekanik menjadi lebih mudah.

Penggunaan hand tools tidak memerlukan sumber daya atau energi untuk mengoperasikannya. Anda cukup menggunakan tenaga, maka Anda dapat memakainya kapan saja dan dimana saja.

Pada umumnya, komponen pada mobil akan dirakit sebaik mungkin supaya tidak terjadi berbagai macam hal yang tidak diinginkan, namun bisa saja terjadi masalah yang membuat kita harus turun tangan memperbaikinya. Hand tools menjadi salah satu peralatan yang akan kita gunakan. Mulai dari mengendorkan dan mengencangkan baut, mengambil atau menarik sesuatu menggunakan tang, dan berbagai fungsi lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut jenis dan fungsi hand tools yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA

Jenis-jenis dan Fungsi Hand Tools

Untuk mempermudah kita mengenali jenis-jenis yang masuk dalam kategori hand tools, akan ada 5 kategori yang akan membedakannya. Lalu, apa saja sih? Berikut penjelasannya.

1. Kunci atau Wranch

Kunci atau wrench merupakan alat yang berfungsi untuk melonggarkan atau mengencangkan baut pada kendaraan. 

Beberapa jenis yang mungkin Anda ketahui adalah kunci pas. Alat ini merupakan kunci dengan bentuk segi enam yang pas atau sesuai dengan ukuran kepala baut. Selanjutnya, ada kunci ring yang berbentuk segi 12 dan bisa digunakan lebih leluasa daripada kunci pas. Selanjutnya ada kunci T, kunci ini digunakan untuk melepas baut yang posisi di dalam lubang yang sulit untuk dicapai, dan masih ada beberapa kunci jenis lainnya yang bisa digunakan.

2. Tang

Alat ini berfungsi untuk menjepit, memotong, hingga mencegkram. Adapun jenis tang yang sering kita kenal adalah tang potong, tang lancip, dan tang kombinasi.

3. Obeng

Sekrup yang berada di berbagai komponen mobil akan mudah dilepas bila menggunakan obeng. Ada beberapa jenis obeng yang perlu Anda ketahui yaitu obeng pipih, obeng kembang, obeng tespen, hingga obeng magnet.

4. Handle Shock

Hand shock merupakan alat bantu untuk mengaplikasikan kunci shock pada kendaraan. 

Jenis alat ini ada ratchet handle yang bisa melepas kunci shock dari baut saat sedang mengendorkan/mengencangkan dengan sangat mudah. Selain itu, ada T Handle, komponen T-nya akan bisa bergeser dan bisa digunakan sebagai gagang shock yang lebih panjang.

5. Palu

Alat terakhir yang mungkin sudah Anda kenal yaitu palu. Dalam sebuah bengkel, biasanya akan ada palu berbahan karet yang biasanya digunakan untuk melepaskan komponen yang bisa hancur bila dipukul dengan material lainnya.


Itulah jenis-jenis macam hand tools yang perlu ada di kendaraan kesayangan Anda. Mempersiapkan alat-alat tersebut pada kendaraan Anda untuk jaga-jaga bila terjadi sesuatu.