Cara Mengatasi Supaya Tikus Tidak Masuk ke Dalam Mobil Terbaru 2022

Ruangojol.com - Sebagai pemilik kendaraan, kita perlu memperhatikan kendaraan kesayangan untuk tidak kemasukan tikus. Karena, cara mengusir tikus pada mobil memang bikin merepotkan. Apalagi bila tikus sudah masuk ke dalam kap mobil milik Anda dan menggigit komponen-komponen yang ada di dalam mobil.

Cara Mengatasi Supaya Tikus Tidak Masuk ke Dalam Mobil

Bila Anda membiarkan tikus masuk ke kendaraan Anda, hal itu akan menybabkan terjadi korsleting hingga kerusakan yang cukup fatal pada mesin mobil kesayangan Anda.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa tanda bila tikus sudah terlanjut masuk ke dalam kap mesin mobil Anda. Biasanya, Anda akan menemukan daun, kotoran tikus, hingga serta bau tak sedap saat Anda membuka kap mesin mobil.


Cara mengatasi supaya tikus tidak masuk ke dalam mobil bisa Anda lakukan dengan mudah. Berikut cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Tikus Tidak Masuk ke Mobil 

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya tikus tidak masuk ke mobil kesayangan Anda. Simak penjelasan berikut ini.

1. Gunakan Kapur Barus atau Kamper

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari tikus masuk ke dalam mobil kesayangan Anda adalah menyebar kapur barus atau kamper pada ruang mesin mobil. Hal ini dikarenakan tikus sangat tidak suka dengan aroma kapur barus maupun kamper.

Disarankan untuk Anda menyebarkan kapur barus atau kamper hingga merata ke seluruh sudut-sudut mesin mobil. Hal ini dilakukan supaya tikus benar-benar tidak ingin masuk ke dalam kap mobil Anda. Cara ini menjadi salah satu trik yang sering dilakukan oleh banyak orang.

2. Menggunakan Cairan Anti Tikus

Cara lain untuk menghindari tikus masuk ke mobil kesayangan Anda adalah dengan menggunakan cairan anti tikus. Cairan ini bisa Anda dapatkan di toko-toko perlengkapan otomotif ataupun membeli secara online.

Sebenarnya, cairan ini bersifat sementara sehingga Anda perlu menyemprotkan cairan anti tikus ke kain lalu meletakan kain tersebut ke sudut-sudut mesin mobil. Namun, alangkah baiknya Anda meletakkan kain basah tersebut ke sela-sela filter udara atau melilitkan kain tersebut ke selang ac supaya aromanya merata dan tikus tak akan memasuki kap mobil Anda.

3. Menggunakan Alat Ultrasonik Pengusir Tikus

Cara ini bisa Anda lakukan bila mobil kesayangan Anda sudah terlanjur parah di serang oleh tikus-tikus. Tikus yang sudah menggerogoti kabel dan komponen lainnya perlu Anda basmi dengan cara ini.

Alat ini sangat ampuh untuk mengusir tikus dengan cepat dan mudah. Namun, Anda perlu berhati-hati dan teliti saat menggunakan alat ini supaya tidak merusak interior dan mesin mobil.

Cara kerja alat ini adalah mengeluarkan suara ultrasonic frekuensi rendah yang cukup mengganggu tikus apabila terdengar. Tikus akan menjauh bila mendengar suara tersebut.

Anda hanya perlu membeli alat elektronik pengusir tikus dan menghubungkan alat tersebut ke kabel positif baterai dan kabel negatif ke masa. Disarankan untuk Anda meletakan alat ini didalam ruang mesin dan jauh dari sumber panas.

Pada malam hari, atau mobil sedang dalam kondisi parkir, Anda dapat menghidupkan alat ini dengan menekan saklarnya. Perlu diingat, alat ini bekerja menggunakan arus listrik dari aki selama semalaman.

Karena itu, pastika aki mobil Anda masih sehat supaya saat Anda ingin menyalakan mobil tidak terjadi tekor pada aki.

BACA JUGA

4. Memasang Lampu Led Low Voltage

Cara lain selanjutnya adalah memasang lampu Led low voltage untuk mengusir tikus dari mobil kesayangan Anda. 

Dengan daya yang dikeluarkan sangat kecil tidak sampai 1 watt, lampu ini sangat efektif untuk mencegah tikus masuk ke kap mesin mobil Anda. 

Letakan lampu Led di area mesin yang ditemukan kotoran tikus lalu hidupkan disaat mobil Anda diparkirkan. Maka tikus tidak ingin masuk ke kap mesin karena kondisinya yang terang.

5. Memanaskan Mobil Setiap Hari

Perlu Anda ketahui, bahwa tikus sangat menyukai tempat yang lembab dan tenang. Karena itu, Anda perlu sering memanaskan mesin mobil Anda.

Bila Anda tidak sering memanaskna mesin mobil Anda, membuat area mesin mobil akan lembab sehingga tikus akan bersarang dan sembunyi pada kap mesin mobil. Karena itulah Anda perlu sering-sering memanaskan mobil kesayangan Anda setiap hari.

6. Menjaga Kebersihan Mesin Mobil

Untuk Anda yang pernah mobilnya kemasukan tikus, disarankan langsung membersihkan mesin mobil dari kotoran beserta baunya. Karena, bila ada kotoran dan bau di dalam kap mesin mobil Anda akan membuat tikus-tikus senang untuk datang ke kap mesin mobil. 

Pastikan Anda menjaga kebersihan mesin mobil kesayangan Anda.

7. Jangan Biarkan Parkir Mobil di Dekat Selokan atau Semak-semak

Perlu Anda ketahui, selokan merupakan sarang bagi tikus, sehingga disarankan Anda jangan memarkirkan mobil Anda didekat selokan atau semak-semak. 

Bila memang tidak ada parkiran lain, pastikan Anda telah mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk mengusir tikus.


Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir atau menjaga supaya tidak ada tikus di mobil kesayangan Anda. Pastikan Anda menjaga mobil kesayangan biar terhindar dari tikus-tikus yang akan merusak mobil Anda.