Cara Mudah Hilangkan Bau Apek Pada Helm Terbaru 2022

Ruangojol.com - Menggunakan helm menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pengendara motor, selain untuk mengikut peraturan, menggunakan helm juga berguna untuk melindungi kepala Anda.

Penggunaan helm yang terlalu sering menyebabkan helm menjadi cepat kotor dan menimbulkan aroma tidak enak alias bau apek.

Penyebab utama helm bau apek adalah karena keringat pengendara maupun karena air hujan. 

Cara Mudah Hilangkan Bau Apek Pada Helm

Karena itu, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan bau apek pada helm supaya helm tetap nyaman di gunakan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut caranya.

Cara Menghilangkan Bau Apek pada Helm

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau apek pada helm. Ikuti cara dibawah ini biar helm Anda tidak bau apek.

1. Menggunakan Parfum dengan Alkohol Rendah

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau apek pada helm adalah dengan menyemprotkan parfum dengan kadar alkohol rendah ke helm.

Karena, dengan kadar alkohol yang tinggi dapat menempel pada spons helm dan nantinya akan merusak rambut Anda bila digunakan.

2. Cuci Menggunakan Sabun

Cara ini bisa Anda lakukan bila Anda merasa menggunakan parfum masih dirasa kurang maka Anda dapat mencucinya dengan sabun

Pertama, Anda perlu melepaskan bagian spons pada helm secara perlahan. Disarankan untuk Anda berhati-hati saat membuka spons supaya tidak merusak kondisi spons helm. 

Bila sudah melepaskan spons dari helm, Anda dapat mencucinya dengan air bersih dan sabun. Anda dapat mengeringkan spons dengan memanfaatkan sinar matahari atau menggunakan hair dryer supaya cepat kering.

BACA JUGA

3. Menggunakan Bubuk Kopi

Cara lain supaya helm Anda tidak bau apek adalah menggunakan bubuk kopi. Namun perlu Anda ketahui, penggunaan bubu kopi hanya dapat menghilangkan bau selama beberapa hari saja. Dikarenakan hal tersebut hanya membuat wangi saja tidak menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel pada helm.

4. Menjemur Helm di Bawah Sinar Matahari Langsung

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan helm dari bau apek adalah menjemur helm di bawah sinar matahari langsung. 

Selain menghilangkan bau dan membunuh bakteri yang menempel, menjemur di bawah sinar matahari akan membuat spons di dalam helm kembali mengembang.


Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau apek pada helm. Cukup mudah bukan? Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan helm kesayangan Anda supaya tetap nyaman digunakan.