Penyebab Lampu Motor Sering Putus dan Cara Mengatasinya Terbaru 2022

Penyebab Lampu Motor Sering Putus dan Cara Mengatasinya
Ruangojol.com - Saat ini, penggunaan lampu motor bukah hanya dinyalakan pada malam hari saja, namun penggunaan lampu motor perlu dinyalakan saat pagi dan siang hari juga. Berdasarkan peraturan pemerintah, pengemudi sepeda motor wajib menyalakan lampu pada pagi dan siang hari guna mengurangi kecelakaan lalu lintas. 

Penyebab Lampu Motor Sering Putus dan Cara Mengatasinya

Sebagian pemilik kendaraan motor pasti pernah mengalami masalah pada lampu motornya. Baik itu lampu motor cepat putus setelah ganti dan tidak menyalah setelah dipasang dengan lampu yang baru.

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi bila lampu motor milik Anda sering putus. Dilansir dari laman Suzuki.co.id, berikut penjelasan penyebab lampu motor sering putus dan cara mengatasinya.

Penyebab Lampu Motor Sering Putus dan Cara Mengatasinya

Lampu motor yang nyala dapat memberikan keamanan bagi pengendara saat malam hari maupun siang hari. Lampu sebenarnya bukanlah jenis komponen yang memiliki perawatan yang sulit. Pergantian lampu motor bisa dilakukan dengan mudah oleh pemilik kendaraan. 

Namun, seringkali terjadi beberapa masalah yang menyebabkan lampu motor tidak mau menyala. Kerusakan yang terjadi biasanya terjadi dari kelistrikan motor. Contohnya seperti kabel yang kendor atau terjadi korsleting. Untuk mengetahui penyebab lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Lampu Motor Terkena Air

Penyebab lampu motor sering putus yang pertama adalah lampu motor terkena air. Lampu motor yang terkena air biasanya disebabkan rumah lampu motor sudah mulai longgar sehingga mudah kemasukan cairan termasuk air.

Kelonggaran yang terjadi pada rumah lampu motor biasanya karet rumah lampu tersebut sudah kehilangan kelenturannya. Bila sudah seperti ini sangat berbahaya bila air masuk ke dalam reflektor. Hal tersebut akan menyebabkan lampu motor mudah putus.

Ciri lampu yang akan putus karena terkena air adalah warna lampu berubah menjadi kehijauan. Bila Anda menyadari hal tersebut, segeralah membersihkan air yang berada di rumah lampu.

Korsleting Pada Kabel

Kabel pada sistem kelistrikan motor memang cukup rumit dan sering menjadi penyebab lampu motor yang sering putus. 

Hal ini terjadi biasanya karena ada kabel yang putus sehingga perlu di perbaiki. Cara yang bisa Anda lakukan adalah menelusuri bagian mana kabel yang rusak kemudian mengganti kabel tersebut untuk memperbaikinya.

Bila tidak menelusuri kabel yang rusak, sampai kapanpun Anda mengganti lampu motor akan tetap saja mengalami kerusakan bahan dapat menyebabkan ledakan karena arus yang tidak terkontrol.

Kerusakan Pada Dudukan Lampu

Dudukan lampu atau fitiing lampu bisa menjadi salah satu penyebab lampu motor Anda cepat putus. Dudukan lampu merupakan komponen yang memang mudah rusak. Sebab dudukan lampu pada motor pasti sering mengalami guncangan sehingga dapat menyebabkan kerusakan.

Dudukan lampu yang sudah rusak seperti goyang akan membuat sambungan kabel jadi tidak bisa mengalirkan arus listrik yang sesuai. Disarankan untuk Anda bila terjadi kerusakan pada dudukan lampu untuk mengganti yang original sehingga jelas ke awetannya.

BACA JUGA

Ada Karat di Bagian Saklar

Penyebab lampu motor sering putus lainnya adalah adanya karat di bagian saklar. Saklar adalah komponen yang penting untuk menyalurkan daya dari aki ke bagian lampu ketika ditekan. Saklar ini berpengaruh sangat besar supaya lampu dapat menyala.

Masalah yang terjadi biasanya muncul karat atau adanya kotoran pada saklar karena jarang dibersihkan. Saat terdapat kototoran maka saklar akan membuat aliran listrik tidak stabil sehingga kampu mudah putus.

Kerusakan Pada Soket Lampu

Penyebab lampu motor sering putus mungkin berasal dari soket. Bila Anda menggunakan soket berkualitas buruk, biasanya dari produk aftermarket, lampu akan lebih cepat mati.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan soket lampu yang di berasal dari bengkel resmi sehingga Anda dapa produk dengan kualitas terbaik.

Rusaknya Spull

Komponen spull penerangan pada lampu motor berfungsi untuk meningkatkan arus listrik yang dihasilkan. Bentuknya berupa kumparan kawat, jika salah satu kumparan rusak makan dapat menyebabkan arus listrik yang dialirkan ke kiprok pasti rendah.

Karena hal tersebut, lampu yang tidak mendapatkan daya standar akan cepat putus kemudian putus. Cara mengatasinya yaitu kumparan kawat tembaga harus digulung ulang. Jika tidak ingin repot, Anda dapat menggantinya dengan membeli yang baru.

Daya Aki yang Berlebihan

Daya aki yang berlebihan dapat menyebabkan lampu motor sering putus. Pengisian aki otomatis ketika motor digas sehingga arus yang masuk tidak lebih dari 14,55 atau 15,5 volt. Jika jumlahnya berlebih dari volt tersebut maka lampu motor akan mudah putus.

Efek lain yang terjadi bila daya aki berlebihan adalah aki motor cepat panas bahkan membahayakan komponen lain seperti kiprok dan juga spul. Bila mengalami hal tersebut Anda perlu membeli komponen yang baru.


Itulah beberapa penyebab lampu motor Anda cepat putus. Pastikan Anda meriksa kondisi lampu motor supaya aman berkendara dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

© Ruangojol.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain